Praktik Terbaik Marketing Communication Melalui SMS Pada Perangkat Mobile

13 May 2022    admin    Blog

Jumlah pelaku usaha yang ada di Indonesia saat ini semakin bertambah banyak, namun tidak sebanding dengan tingkat daya saing yang semakin ketat. Banyak cara yang biasa digunakan dalam pemasaran produk atau jasa, namun tidak semua dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Di sinilah, perlunya penerapan marketing communication sebagai strategi untuk mencapai target pemasaran. Marketing communication dapat membantu para pelaku usaha untuk membuat atau menyusun pesan dan informasi pada media pemasaran agar bisa tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami oleh para konsumen.

Marketing Communication Kunci Keberhasilan Pemasaran

Inti dari marketing communication ini adalah kegiatan pembuatan dan penyampaian pesan bersifat informatif, membujuk, dan mengingatkan yang ditujukan kepada masyarakat. Saat ini, kegiatan pemasaran dapat dilakukan melalui perangkat selular. Dengan memanfaatkan perangkat seluler sebagai media untuk promosi itu membuktikan bahwa marketer harus memahami kebutuhan konsumen yang menggunakan perangkat seluler, merancang konten dengan platform seluler, dan memanfaatkan strategi pemasaran melalui perangkat seluler. Salah satu strategi pemasaran melalui perangkat selular ialah pada fitur SMS.

Strategi Marketing Communication Melalui SMS Advertising

Meskipun SMS dinilai menjadi salah satu fitur dasar dari perangkat selular yang saat ini telah jarang digunakan, tidak ada salahnya untuk mencoba beriklan melalui SMS yang biasa disebut SMS advertising. SMS advertising dapat menjadi pendekatan berbiaya rendah untuk menjangkau audiens target. Selain itu, ketika SMS advertising digabungkan dengan strategi lain, ini dapat membantu meningkatkan jangkauan, penjualan, dan loyalitas pelanggan. Salah satu cara agar maksimal menggunakan SMS untuk strategi pemasaran adalah dengan memastikan isi konten pada SMS memiliki tujuan yang tepat sasaran. Sebab, apabila marketer membuat konten SMS yang tidak tepat, konsumen yang menerima SMS akan menganggapnya sebagai spam. Berikut ini strategi marketing communication yang tepat yang dapat diterapkan marketer dalam pemasaran melalui SMS pada perangkat selular:

1.      Buat Call to Action yang Efektif

Marketer yang menggunakan SMS advertising untuk berkomunikasi dengan pelanggan harus memiliki call to action atau CTA yang efektif dalam menawarkan manfaat kepada pelanggan mereka. Marketer perlu memastikan CTA pada iklan pemasaran mereka memberikan motivasi kepada setiap audience untuk mengambil tindakan segera dengan mengatakan hal-hal seperti “klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut”, “Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang layanan yang kami tawarkan, silakan kirim SMS kepada kami kembali dengan pertanyaan apa pun.”, atau “Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di 0123 456 7890”.

2.      Fokus Pada Nilai yang Ditawarkan

Saat melakukan marketing communication, tekankan pada nilai keunggulan produk yang ditawarkan. Sebagai tips, jangan menginformasikan kualitas produk yang sebenarnya tidak dimiliki. Dengan fokus terhadap nilai yang dimiliki suatu produk, pesan yang disampaikan akan tertanam di benak konsumen sehingga lebih mudah untuk mengenali keunggulan setiap produk. Sebuah nilai jika disampaikan secara baik akan meningkatkan emosional konsumen serta memberikan rasa aman dan nyaman saat ingin menggunakan produk.

3.      Buat Pesan Secara Sederhana

Tujuan utama marketing communication adalah konsumen atau audiens bisa dengan cepat memahami isi pesan yang disampaikan. Maka dari itu, marketer harus bisa mengemas pesan secara sederhana, efektif, dan mudah untuk dimengerti. Gunakan bahasa-bahasa sederhana tetapi jelas dan pastinya akan mudah dimengerti. Dengan demikian, konsumen akan lebih mudah untuk mengenali dan memahami produk yang ditawarkan.

4.      Bangun Kepercayaan Pelanggan

Penting dan wajib bagi marketer untuk memberi tahu kepada konsumen tentang siapa mereka, mengapa bisnis mereka berdiri dan apa yang mereka berikan. Ketika calon pelanggan akan membeli atau menggunakan produk/layanan, maka mereka perlu mengenal bisnis tersebut terlebih dahulu. Jangan biarkan mereka hanya membeli produk atau layanan, namun mereka tidak mengetahui bisnis Anda. Jika seorang pelanggan tidak mengenal suatu bisnis, maka ketika mereka ingin membeli produk/layanan pada bisnis tersebut lagi mereka bisa saja lupa dan pada akhirnya membeli ditempat lain. Jadi buat agar konsumen mengenal bisnis Anda dengan memberi tahu kelebihan produk/layanan Anda.

5.      Gunakan Emoji

Emoji menjadi fitur pada perangkat seluler ketika membuat teks. Penggunaan emoji akan membuat Anda lebih dekat dengan pelanggan karena dapat menyampaikan suatu ekspresi dengan mudah secara nyata. Pesan atau nilai yang ingin disampaikan pada SMS advertising akan lebih mudah tersampaikan ke pelanggan dengan adanya emoji.

Pada dasarnya SMS advertising adalah salah satu opsi yang tepat bagi marketer untuk mengiklankan produk atau layanannya. Jika Anda masih bingung bagaimana praktik terbaik dalam pemasaran melalui SMS pada perangkat selular, MitraComm Ekasarana anak perusahaan dari Phintraco Group hadir sebagai solusi permasalahan bisnis Anda. MitraComm Ekasarana Channel Solution atau MECS, adalah salah satu bisnis unit Mitracomm Ekasarana yang menyediakan berbagai layanan terbaik seperti solusi SMS advertising yang merupakan bagian dari layanan solusi SMS Gateway akan sangat bermanfaat untuk strategi pemasaran bisnis Anda.

Hubungi tim ahli kami di marketing@phintraco.com untuk mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai solusi SMS advertising.

 

Referensi

https://www.forbes.com/sites/forbescommunicationscouncil/2022/03/23/15-tips-to-help-companies-communicate-with-customers-via-sms-text/?sh=2e20facf7950