NEWSROOM

POSTS

Contoh Campaign Menggunakan SMS Advertising

13 May 2022    admin    Blog

menggSudahkah Anda tahu apa itu SMS Advertising? Singkatnya, SMS advertising merupakan salah satu cara untuk mempromosikan produk atau layanan Anda melalui SMS atau Short Messages Service. Saat ini tidak banyak perusahaan yang menggunakan SMS sebagai bagian dari channel promosinya karena mengira media digital merupakan salah satu yang efektif saat ini. Padahal, SMS memiliki open rates yang cukup tinggi, yaitu sekitar 98%. Agar perusahaan Anda tidak salah dalam mengambil strategi promosi, kali ini akan kita bahas mengenai jenis campaign apa yang dapat perusahaan terapkan ketika menggunakan SMS advertising.

5 Macam Campaign SMS Advertising yang dapat diterapkan oleh Bisnis Anda

Ketika Anda ingin menggunakan SMS untuk promosi bisnis Anda, pastikan Anda memiliki CTA (Call to Action) yang tepat agar campaign berjalan dengan efektif. SMS advertising biasa digunakan untuk dapat menjangkau pelanggan sebanyak mungkin pada suatu lokasi tertentu. Pertimbangkan contoh jenis campaign berikut agar tujuan dari campaign yang ingin dijalankan menggunakan SMS advertising berjalan dengan baik:
  1. Penawaran Diskon

Potongan harga biasa dilakukan perusahaan dalam periode tertentu. Untuk menarik minat beli pelanggan, Anda dapat menggunakan SMS advertising untuk menyebarkan informasi diskon yang diberikan dalam periode tertentu. Hal ini bertujuan agar SMS advertising ini berperan sebagai pemicu untuk pelanggan agar segera mendapat diskon dan membeli produk atau mendapatkan layanan dari bisnis Anda.
  1. Informasi Terbaru

Beri tahu pelanggan Anda tentang perubahan jam operasional toko melalui SMS advertising. Pelanggan yang sudah loyal terhadap brand Anda akan mengetahui informasi tersebut lebih cepat. Selain itu, Anda juga dapat memberi informasi mengenai produk yang baru saja diluncurkan agar memicu pelanggan Anda untuk membeli produk baru tersebut.
  1. Informasi Layanan Pelanggan

Pelanggan sering kali mencari layanan pelanggan yang disediakan perusahaan melalui media sosial. Untuk meningkatkan engagement terhadap pelanggan, Anda juga bisa menyebarluaskan informasi customer service menggunakan SMS advertising agar Anda lebih dekat dengan pelanggan.
  1. Informasi Program Undian Berhadiah

Seringkali suatu perusahaan mengadakan undian dalam periode tertentu. Anda juga dapat menggunakan SMS advertising untuk memberi tahu tentang program undian berhadiah yang sedang berjalan agar pelanggan Anda lebih loyal terhadap brand Anda.
  1. Peningkatan exposure ke Media Digital

Saat ini, media digital menjadi channel utama dalam memasarkan produk. Anda dapat menggunakan SMS advertising untuk mendapatkan exposure yang lebih banyak ke media digital Anda. Gunakan SMS sebagai suatu pemicu untuk mengarahkan pelanggan ke platform Anda. Berikan link untuk memesan, membuat akun, atau mempelajari lebih lanjut mengenai produk Anda pada SMS. Seperti itulah contoh nyata penggunaan SMS advertising untuk bisnis Anda. Anda dapat menggunakan SMS advertising bersama MitraComm Ekasarana Channel Solution atau MECS, penyedia solusi SMS Gateway yang merupakan salah satu unit bisnis MitraComm Ekasarana. Anak perusahaan Phintraco Group ini menyediakan solusi SMS Gateway yang dapat menghadirkan layanan SMS meliputi SMS Banking, Push & Pull SMS, SMS Broadcast / Bulk SMS, SMS online transaction, jenis-jenis SMS Advertising lainya seperti Location Based Advertising, Contextual Advertising, Targeted SMS, SMS Interactive Services, dan lain-lain. MitraComm Ekasarana sudah melayani perusahaan di berbagai industri lebih dari 20 tahun.   Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai SMS advertising atau SMS Gateway dengan mengirimkan email ke marketing@phintraco.com.   Referensi: https://www.gartner.com/en/marketing/insights/articles/tap-into-the-marketing-power-of-sms https://www.forbes.com/sites/forbesagencycouncil/2019/08/16/why-mobile-marketing-can-be-big-for-your-business-and-how-to-use-it/?sh=a20cf9f6e3f2

read more

Keuntungan Menggunakan Strategi SMS Advertising yang Harus Anda Ketahui

06 May 2022    admin    Blog

SMS adalah Short Message Sevice yang merupakan salah satu alat untuk komunikasi yang sempat digunakan oleh masyarakat. Hadirnya beberapa aplikasi untuk berkomunikasi membuat SMS sudah jarang digunakan orang sebagai alat komunikasi utama. Namun, fitur SMS ini pasti ada di setiap perangkat seluler karena merupakan salah satu alat komunikasi yang tidak membutuhkan data internet. Para pelaku bisnis harus dapat memanfaatkan setiap channel marketing yang tersedia agar dapat memperluas pasar dan mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Salah satu channel yang dapat digunakan perusahaan untuk memasarkan produk atau layanannya yang tidak banyak digunakan perusahaan yaitu SMS Advertising. Apa itu SMS advertising dan apa keuntungan menggunakan strategi SMS advertising untuk memasarkan bisnis Anda? Mari kita bahas selengkapnya.

Penjelasan Singkat Mengenai SMS Advertising

SMS advertising adalah salah satu bentuk mempromosikan produk atau bisnis melalui telepon seluler. Perusahaan dapat mengirimkan informasi singkat kepada pelanggan di suatu jangkauan dengan bantuan SMS LBA. Strategi menggunakan SMS untuk promosi dapat membantu perusahaan Anda membangun brand awareness dan kepercayaan audiens. Penggunaan CTA atau Call to Action yang baik dan tepat juga akan membantu meningkatkan lead conversion.

Keuntungan Strategi Promosi dengan SMS Advertising

Banyak perusahaan melupakan keuntungan menggunakan SMS advertising sebagai salah satu media berpromosi karena fokus pada strategi yang memanfaatkan channel digital. Padahal, strategi ini sangat tepat untuk segala jenis bisnis yang sangat membutuhkan jangkauan ke lebih banyak pelanggan. Berikut adalah keuntungan jika menggunakan SMS menjadi salah satu strategi promosi:
  1. Open Rates SMS lebih baik dari Email
Salah satu keuntungan yang tidak disadari para pelaku bisnis yaitu nyatanya, berdasarkan Gartner mengatakan bahwa SMS advertising memiliki open rates 98% dan response rate sebesar 45%. Artinya, ketika campaign pada SMS dilakukan, hampir 98% pelanggan membuka SMS dan sebanyak 45% melakukan response terhadap CTA atau call to action yang ada di SMS tersebut. Hal ini dapat dikatakan lebih baik dari email karena email memiliki fitur folder spam yang akan otomatis mendeteksi jika email tersebut berisi promosi yang dikirim secara terus menerus. Pengguna email pun dapat memutuskan email promosi mana yang dianggap spam. Promosi melalui SMS akan lebih sering dibuka oleh pelanggan jika memiliki copywriting yang menarik. Jika perusahaan Anda ingin mendapatkan jangkauan pelanggan secara lebih konsisten, SMS advertising merupakan salah satu strategi yang layak untuk dicoba.
  1. Mobile-friendly
Saat ini, dalam memasarkan bisnis Anda diutamakan memilki tampilan yang mobile-friendly. Hal tersebut karena berdasarkan data yang dihimpun dari Kominfo diketahui bahwa pada tahun 2018, pengguna aktif smartphone sebanyak 100 juta orang. Ini merupakan suatu peluang yang besar untuk bisnis jika berhasil menjangkau pelanggan sebanyak itu. SMS advertising mampu memasarkan bisnis Anda dalam mode mobile-friendly dan dapat menjadi suatu strategi yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda.
  1. Jangkauan demografi yang Luas
SMS advertising dapat membantu Anda menentukan lokasi spesifik yang diinginkan ketika mengirim pesan iklan dan dapat membantu menyebarkan pesan teks secara otomatis karena menggunakan database dari telco provider. Rasakan manfaat dari banyaknya demografi yang dapat Anda jangkau untuk mengenalkan produk atau layanan bisnis Anda. Masih banyak manfaat lain jika Anda menggunakan strategi promosi menggunakan SMS. Mitracomm Ekasarana merupakan perusahaan yang menyediakan SMS Gateway terbaik. Memiliki koneksi langsung ke semua provider telekomunikasi membuat Mitracomm Ekasarana dapat membantu Anda menghadirkan SMS Advertising terbaik untuk bisnis Anda. Tidak hanya itu, MitraComm Ekasarana melalui MECS (MitraComm Ekasarana Channel Solution) dapat menghadirkan berbagai jenis layanan SMS Gateway seperti SMS Banking, Push & Pull SMS, SMS Broadcast / Bulk SMS, SMS online transaction, SMS Advertising seperti Location Based Advertising, Contextual Advertising, Targeted SMS, SMS Interactive Services, dan lain-lain. Rasakan banyak keuntungan promosi melalui SMS Bersama MitraComm Ekasarana.   Hubungi kami melalui email marketing@phintraco.com untuk mengetahui lebih banyak keuntungan dari SMS Advertising.   Referensi: https://www.gartner.com/en/marketing/insights/articles/tap-into-the-marketing-power-of-sms https://www.business2community.com/digital-marketing/10-amazing-benefits-sms-marketing-02025256 https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesiaraksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media

read more

Tips Agar Tidak Salah Dalam Memilih Mitra Contact Center Outsourcing

15 April 2022    admin    Blog

Dalam beberapa tahun terakhir, pandemi telah mendorong sektor industri untuk menerapkan kombinasi cara kerja baru. Transformasi digital yang terus meningkat menghadirkan banyak ide, inisiatif, dan teknologi baru yang bertujuan untuk membantu industri mengatasi berbagai tantangannya.  Tantangan yang kerap ditemui di berbagai sektor industri yaitu layanan pelanggan. Layanan pelanggan menjadi tolak ukur berbagai sektor industri saat membangun kepercayaan dan mendorong loyalitas pelanggan. Memenuhi harapan pelanggan merupakan tujuan utama setiap perusahaan. Perusahaan memerlukan strategi yang tepat agar tantangan tersebut bisa diatasi.

Contact Center Outsourcing, Strategi Layanan Pelanggan.

Perusahaan harus mengambil langkah yang strategis dalam meningkatkan layanan untuk pelanggan agar perusahaan dapat berkembang pesat.  Strategi yang tepat dalam meningkatkan layanan contact center adalah dengan menggunakan contact center outsourcing. Contact center outsourcing melibatkan tim agen perusahan luar untuk menangani contact center perusahaan. Menggunakan contact center outsourcing dapat membantu mengelola system, infrastruktur serta layanan agen contact center perusahaan dalam meningkatkan pelayanan pelanggan agar perusahaan tersebut dapat mengoptimalkan fungsi bisnis lain.

Hal yang perlu Anda Cari dari Mitra Contact Center Outsourcing

Lalu bagaimana memastikan bahwa Anda akan memilih mitra contact center outsourcing yang tepat? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda cari dari mitra contact center outsourcing:
  1. Berkualitas Tinggi
Bagaimana Anda bisa tahu apakah contact center tersebut adalah perusahaan yang berkualitas tinggi? Lihatlah pada, tingkat keberhasilan yang tinggi, penjualan yang efektif dan tingkat turnover yang rendah menunjukan perusahaan yang terorganisir dengan baik. Hal tersebut juga menunjukkan lingkungan kerja yang positif.
  1. Berpengalaman
Dalam industri ini, pengalaman sangat penting. Mengelola karyawan, menangani klien, dan mengintegrasikan teknologi baru membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam menangani berbagai macam perusahaan karena setiap perusahaan dan industri memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Semakin banyak pengalaman contact center maka semakin baik mitra tersebut menangani perusahaan Anda. Mereka akan siap untuk beradaptasi, menyesuaikan diri, dan memberikan wawasan tentang setiap situasi yang mereka hadapi.
  1. Skalabilitas
Perusahaan pasti menginginkan bisnis yang terus berkembang. Berkembangnya suatu bisnis, akan mendatangkan pelanggan yang lebih banyak dari biasanya. Melayani pelanggan yang terus bertambah, perusahaan memerlukan contact center outsourcing yang dapat terus dikembangkan. Pastikan mitra contact center outsourcing yang Anda pilih dapat memenuhi berbagai skala dalam bisnis perusahaan Anda. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan perusahaan sesuai dengan besaran pelanggan yang dimiliki perusahaan.
  1. Penetapan Harga yang Hemat Biaya
Menyewa contact center adalah investasi. Contact center outsourcing terbaik memiliki harga yang wajar yang memperhitungkan semua biaya tanpa mengorbankan kualitas. Mereka harus memberi Anda daftar biaya terperinci tanpa biaya tersembunyi.
  1. Berteknologi Canggih
Tentu saja, Anda tidak ingin menyewa contact center dengan telepon dial dan komputer yang masih berjalan di Windows 95. Anda menginginkan contact center yang dapat mengelola dukungan omnichannel, mengikuti tren teknologi saat ini, dan berintegrasi dengan perangkat lunak terbaru.
  1. Pengalaman Pelanggan yang Luar Biasa
Komputer dengan teknologi terbaru dan anggaran hemat biaya tidak berarti apa-apa jika pelanggan Anda tidak menerima layanan terbaik. Contact center outsourcing Anda harus menempatkan kebutuhan pelanggan di atas segalanya. Pastikan mereka telah melatih staf yang siap memberikan layanan pelanggan yang tak tertandingi.   Setelah mengetahui beberapa hal yang perlu Anda cari dari mitra contact center outsourcing, langkah selanjutnya Anda dapat memilih penyedia jasa contact center outsourcing yang tepat dan terpercaya. Contact Center Outsourcing merupakan salah satu layanan yang ditawarkan MitraComm Ekasarana. Mitracom Ekasarana adalah anak perusahaan dari Phintraco Group yang memiliki 3 unit bisnis. Salah satu unit bisnis yang menyediakan contact center outsourcing adalah MitraComm Business Process Services (MBPS). Informasi lebih lanjut mengenai layanan Contact Center Outsourcing dapat diperoleh dengan menghubungi kami di marketing@phintraco.com. Referensi: https://phintraco.com/mengenal-contact-center-outsourcing-lebih-dekat/

read more

Hal yang Harus Perusahaan Hindari Ketika Memilih Mitra Contact Center Outsourcing

08 April 2022    admin    Blog

Layanan pelanggan merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam sebuah bisnis. Salah satu strategi dalam pelayanan pelanggan adalah dengan memberi pelayanan yang baik pada system contact center. Namun, menangani pelanggan dapat menjadi tantangan ketika Anda tidak memiliki tim dan kapasitas operasional yang tepat. Memutuskan untuk mengalihdayakan aktivitas contact center adalah cara cerdas untuk tetap fokus pada fungsi bisnis yang lain. Akan tetapi itu hanya akan efektif jika bisnis Anda memiliki mitra bisnis yang tepat. Jika tidak berhati-hati dalam memilih mitra contact center outsourcing, kemungkinan bisa berdampak pada perusahaan Anda. Memilih mitra contact center outsourcing yang tepat adalah salah satu keputusan penting yang perlu dibuat oleh bisnis Anda.

Hal yang perlu Anda hindari dari Mitra Contact Center Outsourcing

Kemampuan untuk bekerja secara efektif adalah titik awal yang mutlak, tetapi ada pertimbangan tambahan yang perlu Anda bahas lebih dalam ketika memilih mitra contact center outsoucing. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu Anda hindari saat akan memilih mitra contact center outsourcing yang dapat membuat keputusan lebih mudah bagi Anda.
  1. Biaya Setup Tinggi
Biaya setup adalah cara yang biasa dilakukan perusahaan mitra untuk menutupi beberapa biaya awal. Perangkat lunak baru, integrasi baru, dan pelatihan karyawan baru semuanya membutuhkan biaya. Namun, beberapa mitra contact center outsourcing menggunakan biaya setup yang tinggi untuk mendapatkan keuntungan dari klien.
  1. Biaya Dukungan Tambahan
Permasalahan biaya sebelum perusahaan bekerja sama dengan penyedia contact center outsourcing pasti sudah disepakati bersama. Penyedia contact center outsourcing yang baik, tidak akan menambahkan biaya tambahan untuk layanan diluar hal yang sudah disepakati. Maka dari itu perusahaan perlu untuk mencari penyedia contact center outsourcing yang transparan dalam hal biaya.
  1. Biaya Pelatihan Agen Pengganti
Sudah bukan rahasia umum bahwa agen contact center memiliki tingkat turnover yang tinggi. Jika perusahaan penyedia contact center outsourcing memberi Anda biaya tambahan ketika ada agen contact center yang baru, maka Anda harus mempertimbangkan ulang program kerja samanya tersebut. Mitra contact center outsourcinf seharusnya bertanggung jawab atas adanya agen contact center yang diganti. Begitu pula pada pelatihan untuk meningkatkan kualitas agen contact center.   Dengan demikian, setelah mengetahui hal yang perlu Anda hindari saat akan memilih mitra contact center outsourcing, langkah selanjutnya Anda dapat memilih mitra contact center outsourcing yang tepat dan terpercaya. Tentu saja, Anda akan mendapatkan keuntungan dari memanfaatkan jasa contact center outsourcing jika bekerjasama dengan perusahaan yang tepat. Contact Center Outsourcing merupakan salah satu layanan yang ditawarkan MitraCom Ekasarana. MitraComm Ekasarana adalah salah satu perusahaan penyedia jasa Contact Center Outsourcing terbaik di Indonesia. MitraComm Ekasarana memiliki 3 unit bisnis, diantaranya yaitu MitraComm Business Process Services (MBPS) yang bergerak di bidang Business Process Outsourcing. Keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bermitra dengan MitraComm Ekasarana adalah bisnis yang Anda jalani bisa fokus pada bidang bisnis utama, meningkatkan produktivitas, mengembangkan layanan kepada pelanggan, pendapatan bisnis yang meningkat, dan tetap mempertahankan kualitas layanan terbaik kepada pelanggan bisnis Anda.   Informasi lebih lanjut mengenai layanan Contact Center Outsourcing dapat diperoleh dengan menghubungi kami di marketing@phintraco.com.   Referensi: https://phintraco.com/manfaat-menggunakan-jasa-contact-center-outsourcing-bagi-perusahaan/

read more

Perhatikan Hal Ini Ketika Melakukan Outsourcing Pada Contact Center

01 April 2022    admin    Blog

Perusahaan yang semakin berkembang memiliki pelanggan yang terus bertambah pula. Dalam memiliki layanan pelanggan yang baik dan dapat melayani seluruh pelanggan, perusahaan dapat menggunakan contact center. Layanan contact center yang perusahaan miliki harus tersedia dalam berbagai channel agar dapat melayani sesuai preferensi pelanggan. Perusahaan harus memiliki layanan pelanggan yang sesuai dengan bertambahnya jumlah pelanggan dan menggunakan teknologi terbaru agar tetap efektif. Namun, apakah perusahaan cukup mempunyai waktu dan sumber daya untuk menangani semua kebutuhan tersebut? Mengingat bahwa perusahaan pun perlu menghadirkan layanan lain sesuai dengan fokus bisnisnya. Lalu, bagaimana perusahaan dapat menyediakan layanan pelanggan yang baik dengan tetap terus berinovasi untuk menghadirkan layanan atau produk terbaru untuk pelanggan? Perusahaan dapat menggunakan contact center outsourcing untuk mendelegasikan peningkatan layanan contact center dalam melayani pelanggan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Outsourcing Pada Contact Center

Saat ini perusahaan dapat menggunakan layanan contact center outsourcing melalui perusahaan penyedia contact center outsourcing. Bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menangani contact center perusahaan merupakan salah satu langkah besar untuk perusahaan karena menyerahkan layanan pelanggan kepada pihak ketiga. Perusahaan perlu percaya sepenuhnya terhadap layanan pelanggan yang ditangani oleh pihak ketiga tersebut. Tentunya, Anda tidak ingin investasi yang dilakukan perusahaan berjalan sia-sia bukan? Sebelum berencana menggunakan outsourcing pada contact center, pastikan perusahaan Anda sudah menentukan hal berikut ini agar rencana yang sudah dibuat tepat untuk perusahaan Anda.
  1. Ketahui kebutuhan perusahaan
Sebelum menentukan mitra yang tepat, Anda perlu mengetahui apa yang perusahaan butuhkan. Cara Anda dapat mengetahui kebutuhan perusahaan Anda adalah dengan membuat mapping kebutuhan bisnis dan bagaimana peran contact center outsourcing dapat mendukung kebutuhan tersebut.
  1. Temukan mitra dengan value yang sesuai
Pilih mitra contact center outsourcing yang memiliki value sesuai dengan value dan tujuan yang dimiliki perusahaan. Cari mitra yang cocok dengan perusahaan Anda yang tidak hanya memiliki value yang sesuai, namun juga yang dapat memberikan perusahaan Anda pelayanan pelanggan yang melampaui ekspektasi pelanggan.
  1. Menetapkan dan memantau KPI
Pelanggan yang terus bertambah membutuhkan layanan yang terus meningkat pula. Hal itu dilakukan untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memenuhi eskpektasinya. Mitra contact center outsourcing memiliki kemampuan untuk membuat Excellent Customer Experience dengan bantuan teknologi terkini. Maka dari itu Anda harus mencari mitra yang memiliki teknologi yang tepat untuk menetapkan dan memantau indikator kinerja utama atau yang biasa kita ketahui dengan KPI, sehingga perusahaan Anda dapat mengevaluasi kinerja contact center kapan saja dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
  1. Prioritaskan transparansi
Perusahaan perlu fokus pada bisnis yang utama. Maka dari itu temukan mitra contact center outsourcing yang transparan terhadap data maupun keadaan contact center yang sebenarnya kepada perusahaan.
  1. Mitra yang dapat berkolaborasi
Mitra yang dilakukan perusahaan dengan penyedia contact center outsourcing akan bersifat jangka panjang. Hal tersebut membutuhkan komunikasi yang baik. Temukan mitra yang dapat diajak berkolaborasi dengan baik agar perusahaan dapat terus meningkatkan pelayanan.
  1. Memiliki keuangan yang kuat
Perusahaan Anda harus mencari mitra contact center outsourcing yang memiliki keuangan yang kuat. Pembayaran gaji karyawan dan pemenuhan semua kebutuhan perusahaan bukan menjadi masalah jika contact center outsourcing memiliki keuangan yang kuat, sehingga dapat mendukung operasional yang baik ketika memberikan layanan pelanggan dengan pengalaman pelanggan yang optimal. Seperti itulah enam hal yang perlu perusahaan perhatikan ketika ingin melakukan outsourcing pada contact center. Pastikan mitra contact center outsourcing yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dan memenuhi enam hal tersebut. MitraComm Ekasarana memiliki 3 bisnis unit yang salah satunya melayani contact center outsourcing, yaitu MitraComm Ekasarana Business Process Services (MBPS). Anak perusahaan Phintraco Group sudah melayani perusahaan di berbagai sektor industri lebih dari 15 tahun. MitraComm Ekasarana sepenuhnya mendapatkan dukungan dari Phintraco Group, perusahaan penyedia solusi IT dalam menghadirkan contact center outsourcing. Anda dapat melihat bagaimana MBPS menghadirkan contact center di youtube kami, Phintraco Group.   Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai contact center outsourcing.   Kunjungi: http://mbps.mitracomm.com/

read more

Hadirkan Fitur Terbaik Untuk Mobile Apps

25 March 2022    admin    Blog

Dahulu, hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang memiliki mobile application. Contohnya seperti banking yang memiliki mobile banking, lalu perlahan hadir e-commerce yang memiliki aplikasi tersendiri untuk melakukan jual beli. Sampai akhirnya beberapa tahun terakhir, adanya pandemi covid-19 membuat hampir segala bidang industri memiliki mobile application. Saat ini, hampir semua layanan yang kita butuhkan memiliki satu platform tersendiri. Dalam pengiriman barang, kini sudah bisa melalui aplikasi. Selain itu, UMKM yang sudah memiliki customer base yang solid juga sudah memiliki aplikasi khusus agar dapat lebih dekat dengan pelanggan. Seperti yang kita tahu, berinvestasi untuk membuat mobile application memang tidak murah. Strategi harus dibuat dengan matang agar nantinya, pembuatan aplikasi dapat meningkatkan revenue. Jika Anda ingin membangun mobile apps untuk usaha Anda, pastikan mobile apps Anda memiliki fitur terbaik agar pelanggan Anda setia terhadap produk yang Anda jual dan dapat meningkatkan jumlah pelanggan.

Tips Membangun Fitur Terbaik Untuk Mobile Apps

Bagi Anda perusahaan start-up atau bahkan perusahaan besar yang baru akan memasuki dunia digital harus mengetahui fitur-fitur terbaik untuk mobile apps agar investasi yang dilakukan akan membantu perusahaan berkembang. Desain aplikasi yang dibuat harus memiliki fitur yang menarik untuk pelanggan Anda. Pelanggan menyukai pengalaman yang berbeda dan tentunya lebih mudah. Berikut adalah fitur mobile apps terbaik yang paling efektif:
  1. Kesederhanaan
Aplikasi yang sederhana merupakan kunci dari semua aplikasi yang ada. Kesederhanaan menjadikan aplikasi Anda memiliki keunggulan kompetitif. Pengalaman menggunakan aplikasi yang lancar membuat pengguna terus menggunakan aplikasi Anda. Jika aplikasi yang dibuat lambat dalam memuat gambar dan informasi, pelanggan atau pengguna dapat dengan cepat berpindah ke aplikasi lain. Jangan sampai kejadian tersebut ada di aplikasi Anda.
  1. Waktu loading yang cepat
Fitur utama lain yang harus ada di mobile application adalah waktu memuat informasi yang cepat. Hal ini menjadi penentu bagi Anda apakah pengguna Anda menyimpan aplikasi Anda atau bahkan meninggalkan aplikasi Anda dan menghapus aplikasinya. Aplikasi tidak boleh lebih dari 2 detik dalam memuat gambar atau informasi. Pelanggan tidak ingin menunggu lama untuk mendapatkan layanan yang ditawatkan, terutama jika ada aplikasi lain yang serupa dengan Anda.
  1. Intgerasikan dengan Social Media
Social media menjadi alat utama untuk komunikasi serta kolaborasi. Bisnis Anda harus melihat peluang ini dan memanfaatkannya. Kemampuan aplikasi untuk berbagi konten ke social media lainnya dapat membuat aplikasi Anda semakin dikenal dengan banyak orang dan akan meningkatkan new user. Kemudahan log in pada aplikasi menggunakan social media juga bisa menjadi salah satu fitur yang tepat untuk memudahkan pelanggan Anda melakukan registrasi terhadap aplikasi Anda.
  1. Sistem pembayaran dalam Aplikasi
Lagi-lagi integrasi menjadi salah satu hal yang sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Mengintegrasikan solusi payment gateway sangat penting untuk tersedia pada aplikasi. Hal ini akan membuat proses checkout menjadi lebih aman dan cepat. Sistem pembayaran yang tersedia pada aplikasi juga menjadi sesuatu yang dianggap pelanggan bahwa aplikasi Anda legitable atau sah. Payment gateway yang ada di aplikasi juga harus memiliki waktu yang cepat agar Anda tidak kehilangan pelanggan.
  1. Testimoni pengguna
Testimoni menjadi satu fitur penting untuk aplikasi. Pengguna yang sudah menggunakan aplikasi Anda dapat memberikan pendapat mereka tentang layanan yang Anda buat. Hal ini juga akan membantu Anda mendapatkan pengguna baru.
  1. Kompatibel dengan sistem iOS dan Android
Android dan iOS menjadi sistem yang paling populeer digunakan masyarakat. Suatu aplikasi, baiknya dapat di install pada kedua sistem tersebut agar segmentasi pelanggan menjadi lebih banyak. Kemungkinan aplikasi Anda akan berhasil dipasaran menjadi lebih maksimal.

Bangun Mobile Application Anda Bersama Mitracomm Ekasarana

Fitur-fitur terbaik yang sudah dijelaskan dapat dengan mudah dihadirkan jika Anda bekerja sama dengan Mitracomm Ekasarana, anak perusahaan Phintraco Group. Anda juga dapat menambahkan fitur-fitur lainnya sesuai dengan kebutuhan dan persamalahan yang perusahaan miliki. Mitracomm Ekasarana memiliki tiga bisnis unit yang salah satunya yaitu Mitracomm Ekasarana Channel Solution (MECS) yang melayani pengembangan aplikasi. Sistem coding hingga intgerasi API dan ketersediaan platform untuk Andoroid dan iOS dapat dilakukan bersama MECS. MECS memiliki tim ahli dan berpengalaman dalam melayani perusahaan di berbagai industri, salah satunya pada industri keuangan. Permasalahan dan tantangan serta solusi yang dihadirkan, dapat Anda lihat di sini.   Kunjungi website kami di http://mecs.mitracomm.com/ atau hubungi kami via email marketing@phintraco.com untuk langsung mendapatkan informasi lebih lengkap tentang layanan mobile application.

read more

Optimalkan Mobile Banking Untuk Penuhi Ekspektasi Milenial dan Gen Z

18 March 2022    admin    Blog

Data oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 lalu mengungkapkan bahwa milenial dan gen z mencakup sekitar 53,81% dari total penduduk Indonesia. Jumlah yang lebih dari setengah ini bisa menunjukkan bahwa 2 generasi tersebut memiliki peran yang cukup signifikan pada setiap proses bisnis yang ada di Indonesia. Kedua generasi ini sedikit banyak telah mengubah dunia dan mendorong transformasi besar dalam perilaku konsumen, etika bekerja, dan inovasi teknologi. Selain itu, meningkatnya popularitas internet pun telah menarik milenial dan gen z kepada pelayanan yang sederhana dan efisien. Mobile banking adalah salah satu channel layanan yang sudah menjadi bagian hidup kedua bagian generasi ini.

Milenial dan Gen Z sebagai Pengguna Utama Mobile Banking

Dengan kebiasaan untuk terus berpacu dengan waktu setiap hari, para pelanggan dari generasi milenial dan generasi z cenderung mencari cara untuk bisa menghemat waktu di mana pun mereka bisa. Sehingga, perusahaan harus dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan generasi muda ini yang ingin dapat mengakses kehidupan mereka (dalam hal ini uang mereka) kapan pun dan di mana pun mereka mau, melalui mobile banking. Kebergantungan para milenial dan gen z pada aplikasi mobile mengharuskan perusahaan untuk bisa mengoptimalkan produk mereka demi kepuasan pelanggan. Perusahaan harus bisa mengadaptasi strategi dengan lebih baik untuk memanfaatkan peluang ini. Untuk mendapatkan kepuasan yang lebih baik, pertama-tama perusahaan harus memperluas pemahaman mereka tentang bagaimana konsumen memandang teknologi keuangan, dan kemudian melampaui ekspektasi tersebut.

Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Muda

Dengan memahami faktor penting dari kepuasan nasabah, perusahaan perbankan memiliki peluang yang signifikan untuk merebut pangsa pasar dengan milenial dan gen z sebagai target utama. Beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan dan retensi para pelanggan muda ini pada mobile banking tercantum di bawah ini.

1.      Ketersediaan

Mobile banking mendapatkan popularitas karena menawarkan fleksibilitas waktu yang cocok untuk generasi muda. Perusahaan harus memastikan bahwa layanan aplikasi mobile mereka dapat terus tersedia sepanjang waktu, tanpa ada batasan waktu tertentu. Waktu pemeliharaan sistem pun harus dipertimbangkan agar aplikasi mobile tidak terlalu lama mengalami down.

2.      Keamanan

Lembaga keuangan sangat mementingkan keamanan, termasuk bank. Aplikasi mobile untuk banking membutuhkan penerapan prosedur keamanan ekstra bagi pengguna. Gunakan otentikasi multi-faktor untuk aplikasi mobile Anda dan rekening bank online jika perlu.

3.      Fitur

Aplikasi mobile yang menarik bagi generasi muda karena fitur yang ditawarkan. Fitur untuk mengakses akun, memeriksa riwayat transaksi, dan kemudahan penggunaan saja tidak cukup. Tambahkan fitur berharga lainnya termasuk konten saran keuangan pribadi, fitur tabungan, atau bahkan asisten virtual yang cocok bagi para generasi muda yang gemar eksplor lebih.

Kembangkan Mobile Banking yang Optimal Bersama MECS

Untuk bisa memenuhi ekspektasi dan memberikan kepuasan kepada para pelanggan bank yang didominasi oleh generasi milenial dan generasi z, Anda harus mengembangkan aplikasi mobile yang optimal. Kembangkan mobile banking yang optimal bersama Mitracomm Ekasarana, melalui MECS. MitraComm Ekasarana Channel Solution atau MECS, adalah salah satu bisnis unit Mitracomm Ekasarana yang menyediakan berbagai layanan terbaik untuk perusahaan. Solusi mobile banking dari MECS memiliki berbagai kelebihan yang unggul untuk Anda bisa bersaing dengan bank lainnya.   Percayakan pengembangan mobile banking Anda pada MECS yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam implementasi layanan terintegrasi bagi perusahaan-perusahaan ternama selama lebih dari 20 tahun.   Ketahui informasi selengkapnya mengenai salah satu solusi yang dihadirkan MECS yaitu mobile banking solutions dengan mengiriman email ke marketing@phintraco.com.   Referensi: https://www.forbes.com/sites/forbeswomenteam/2022/03/12/the-forbes-3050-afi-fashion-showcase/?sh=7171e650a27e https://www.forbes.com/advisor/banking/benefits-of-digital-banking/

read more

Pentingnya Mobile Apps Untuk Bisnis Anda

11 March 2022    admin    Blog

Dunia masih berada dalam status pandemi karena adanya Covid-19. Perusahaan harus membangun strategi untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan secara virtual. Saat ini, tujuan perusahaan agar dapat bertahan di masa pandemi adalah bagaimana meningkatkan penjualan, meningkatkan efisiensi, dan membuat pelanggan loyal terhadap perusahaan. Berdasarkan data yang dihimpun dari Forbes mengatakan bahwa bisnis yang memiliki loyalty program memiliki 20% penjualan lebih banyak daripada bisnis yang tidak memiliki loyalty program. Banyak jenis loyalty program yang dapat Anda buat untuk dapat meningkatkan penjualan, salah satunya yaitu dengan membangun Mobile Apps untuk mempermudah pelanggan melihat produk Anda dan melakukan transaksi.

Mobile Apps Bantu Tingkatkan Kinerja Bisnis Anda

Mobile apps untuk bisnis, dapat menjadi aplikasi yang berbeda dan memiliki banyak fungsi. Mobile apps dapat menjadi sumber informasi, melakukan transaksi jual beli, bahkan Anda dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan jika memiliki fitur live chat dan video live sale. Lalu bagaimana mobile apps dapat membantu bisnis Anda, berikut adalah manfaat mobile apps untuk bisnis Anda.
  1. Meningkatkan penjualan
Berbagai program loyalitas pelanggan dapat dirancang melalui mobile apps. Tentunya program loyalitas ini dirancang untuk membuat pelanggan Anda kembali pada mobile apps lebih sering dari sebelumnya dan melakukan transaksi lebih banyak. Anda dapat membuat sebuah permainan sehingga pelanggan Anda mendapatkan poin yang dapat ditukarkan dengan voucher belanja. Lebih sering pelanggan memainkan permainan tersebut, maka pelanggan memiliki banyak voucher dan dapat melakukan pembelian lebih banyak. Anda pun mendapatkan penjualan yang meningkat.
  1. Meningkatkan efisiensi
Mobile apps yang sudah terintegrasi dengan sistem logistik, purchasing, dan lain-lain akan membantu meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan. Jika terjadi transaksi pada mobile apps, maka akan secara real-time memberi informasi kepada tim packing dan purchasing. Perusahaan Anda akan lebih efisien dan meminimalkan human eror akibat adanya missed communication.
  1. Meningkatkan loyalitas pelanggan
Menggunakan mobile apps membuat Anda dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan. Fitur push notification menjadi salah satu fitur yang menjadikan Anda dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan karena dapat diatur dengan behavior pelanggan melakukan interaksi pada mobile apps. Seperti dikutip pada Forbes, push notification memiliki open rates lebih dari 90% dibandingkan dengan email yang hanya 25-30%. Semakin sering pelanggan membuka aplikasi akan membuat pelanggan Anda semakin loyal dan melakukan transaksi sesering mungkin.

Bangun Mobile Apps untuk Bisnis Anda bersama Mitracomm Ekasarana

Banyak strategi-strategi yang dapat Anda terapkan jika ingin membuat mobile apps untuk bisnis Anda. Mobile apps dapat menjadi salah satu strategi efektif untuk tingkatkan kinerja bisnis Anda untuk pelanggan dan juga karyawan. Anda dapat membangun mobile apps bersama Mitracomm Ekasarana. Mitracomm Ekasarana adalah perusahaan dengan berbagai macam layanan untuk pelanggan, salah satunya yaitu membangun mobile application. Layanan yang dihadirkan Mitracomm Ekasarana melalui Mitracomm Ekasarana Channel Solution (MECS) untuk membangun mobile application mencakup semua aspek pengembangan aplikasi. Pengkodean hingga integrasi API disediakan MECS. Mobile application yang dapat digunakan pada sistem Android dan iOS juga dapat dibuat oleh tim handal MECS. MECS juga sudah berhasil membantu perusahaan di berbagai industri dalam mengembangkan aplikasi, salah satunya pada industri keuangan. Mitracomm Ekasarana Channel Solution merupakan salah satu unit bisnis yang dimiliki Mitracomm Ekasarana, anak perusahaan Phintraco Group.   Hubungi kami melalui email marketing@phintraco.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai solusi yang dihadirkan MECS yaitu mobile application.   Referensi: https://www.forbes.com/sites/forbestechcouncil/2018/07/16/how-can-a-mobile-app-help-my-business/?sh=f958a272eb61   Kunjungi: http://mecs.mitracomm.com/

read more

Cara Meraih Kepuasan Pelanggan Melalui Contact Center

04 March 2022    admin    Blog

Reputasi perusahaan bergantung pada kepuasan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan. Secara tidak langsung, pelanggan menilai kualitas perusahaan dengan mengevaluasi layanannya berdasarkan perbandingan dengan apa yang mereka dapatkan dan apa yang sebenarnya mereka inginkan. Tugas perusahaan untuk mengerti standar ekspektasi pelanggan hanyalah setengah jalan dari usaha yang harus dilakukan. Ada komponen lain yang juga signifikan, yaitu untuk memenuhi ekspektasi dan lolos evaluasi tersebut melalui contact center sebagai tonggak utama dari perusahaan. Artikel ini akan membahas apa saja kriteria evaluasi pelayananan dari pelanggan dan bagaimana perusahaan dapat meningkatkan layanan mereka melalui contact center.

Kriteria Evaluasi Kepuasan Pelanggan

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh MIT SLoan, ada kriteria tertentu yang diambil pelanggan sebagai indikator evalusi terhadap kepuasan mereka pada pelayanan yang diberikan perusahaan melalui contact center. Berikut ini adalah 3 di antaranya:

1.    Kecakapan

Ketika menghubungi contact center, pelanggan memiliki ekspektasi bahwa agen contact center akan memberikan solusi yang tepat dan tidak bertele-tele untuk masalahnya. Dalam proses ini, pelanggan akan mengevaluasi kecakapan agen contact center dalam memberikan layanan dan solusi dengan konsisten dan akurat sesuai dengan yang mereka butuhkan.

2.    Daya tanggap

Daya tanggap yang dievaluasi oleh pelanggan adalah kesediaan dan komitmen yang ditunjukkan contact center dalam membantu pelanggan. Selain itu, dalam kriteria ini pelanggan juga berekspektasi agar agen contact center mampu memberikan layanan dengan cepat.

3.    Empati

Dalam hubungan antara perusahaan dan pelanggannya, empati memiliki peran penting. Ketika seorang agen contact center dapat menunjukkan empati tulus kepada pelanggan, itu akan membantu meyakinkan mereka bahwa mereka telah didengar dan solusi akan segera diberikan.  

Business Process Services Solusi Untuk Penuhi Kepuasan Pelanggan

Untuk lolos dalam evaluasi kepuasan pelanggan, perusahaan harus mampu menyediakan agen-agen contact center yang memenuhi kriteria di atas. Sayangnya, banyak perusahaan kesulitan untuk mencari dan memperkerjakan sumber daya manusia yang mumpuni. Untuk itu, perusahaan membutuhkan layanan outsourcing dari sebuah penyedia layanan Business Process Services (BPS) yang menyediakan outsourcing agen contact center dan berbagai pelatihan yang berkualitas. Outsourcing agen contact center memberikan banyak manfaat untuk perusahaan, salah satunya adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Hasil yang lebih maksimal juga akan didapatkan jika ada value added services yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia BPS.  

Percayakan pada MitraComm Business Process Services

Memilih perusahaan penyedia layanan BPS tidaklah mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan perusahaan yang berpengalaman di bidang ini. MitraComm Ekasarana adalah salah satu anak perusahaan Phintraco Group yang menyediakan layanan BPS melalui salah satu unit bisnisnya, MitraComm Business Process Services (MBPS). Dengan pengalaman selama kurang lebih 15 tahun, MBPS telah bekerja sama dengan banyak mitra perusahaan untuk menyediakan berbagai solusi dan layanan terkait BPS. Percayakan perusahaan Anda kepada MBPS untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan efisiensi proses bisnis perusahaan, khususnya dalam contact center.   Hubungi kami melalui marketing@phintraco.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Business Process Services yang disediakan oleh MitraComm Ekasarana.   Referensi: https://sloanreview.mit.edu/article/five-imperatives-for-improving-service-quality/

read more

Tips Tingkatkan Value Pada Contact Center

25 February 2022    admin    Blog

Contact center menjadi salah satu divisi yang langsung berhubungan dengan pelanggan. Agen-agen contact center harus merepresentasikan nilai-nilai perusahaan dengan baik agar dapat memiliki pelanggan yang loyal untuk perusahaan. Selain itu, agen contact center harus memiliki sebuah keunikan agar menjadi unique selling point dan lebih unggul dengan kompetitor melalui contact center. Lalu, bagaimana cara memiliki unique selling point pada contact center? Caranya adalah dengan meningkatkan value pada contact center.

Tingkatkan Value pada Contact Center

Kinerja contact center harus terus ditingkatkan agar meningkatkan customer experience. Hasil lebih lanjut, perusahaan akan mendapatkan pelanggan yang loyal dan setia terhadap layanan yang diberikan. Berikut adalah tips tingkatkan value pada contact center:
  1. Jalin komunikasi dengan pelanggan secara teratur
Perusahaan Anda membutuhkan transaksi dari pelanggan, terkadang membuat komunikasi dengan pelanggan hanya untuk mendapatkan penjualan. Sebaiknya, menjalin komunikasi dengan pelanggan dilakukan secara bertahap dan bukan hanya untuk mengejar penjualan. Jalin komunikasi dengan pelanggan untuk membangun trust menjadi unsur penting dalam meningkatkan value added pada contact center. Pastikan bahwa pelanggan menyukai layanan yang ditawarkan dari perusahaan Anda agar pelanggan loyal terhadap perusahaan Anda.
  1. Lihat dari customer point-of-view
Agen contact center menangani ribuan pelanggan setiap harinya. Hal tersebut membuat beberapa agen hanya ingin menyelesaikan pekerjaannya tanpa mementingkan pelanggan. Agen contact center seharusnya menangani masalah yang dilaporkan pelanggan dari customer point-of-view bukan hanya template yang sudah dibuat perusahaan. Hal tersebut akan membuat klien merasa dihargai, karena agen berusaha untuk memenuhi harapan mereka dan memenuhi kebutuhan mereka.
  1. Menawarkan informasi tentang produk baru
Contact center biasanya merupakan suatu layanan pelanggan untuk melaporkan masalah terkait produk atau bahkan mengetahui informasi lebih lengkap mengenai suatu produk yang ditawarkan. Agen contact center juga memastikan bahwa pelanggan memaksimalkan penggunaan produk dan layanan yang mereka beli. Salah satu yang dapat dilakukan agen adalah dengan menawarkan atau memberi tahu informasi tentang produk baru kepada pelanggan. Hal tersebut dapat meningkatkan penjualan dan pelanggan terus menggunakan layanan yang ditawarkan perusahaan.
  1. Tanamkan tujuan untuk tingkatkan kepuasan pelanggan
Diketahui bahwa menimbulkan rasa empati ketika melayani pelanggan dapat meningkatkan customer experience. Hal tersebut karena agen menanamkan tujuan ketika melayani pelanggan adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan akan setia dan loyal kepada perusahaan dan perusahaan akan terus mendapatkan profit.
  1. Perluas pengetahuan agen dengan value added services
Memberikan layanan pelanggan dengan agen yang memiliki pengetahuan yang luas melalui value added adalah proses yang panjang, bertahap, dan akan berdampak dalam jangka panjang. Dibutuhkan komitmen dan fokus untuk dapat terus menambahkan “nilai” yang lebih baik ke berbagai layanan pelanggan yang sudah disediakan. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu memperluas keahlian agen dan mempertimbangkan untuk mencoba menerapkan teknik baru di industri contact center untuk membantu agen berkembang seiring perubahan pasar.   Agen contact center biasanya di outsourcing dengan pihak ketiga. Pastikan penyedia agen contact center Anda juga memiliki fasilitas value added services, dimana value added services adalah layanan training untuk menambah value dari agen contact center. Tips tingkatkan value pada contact center yang sudah dijelaskan, akan jadi lebih mudah didapatkan dengan penyedia agen contact center. MitraComm Business Process Services (MBPS) salah satu unit bisnis MitraComm Ekasarana, anak perusahaan Phintraco Group, menyediakan value added services untuk agen contact center. MBPS memiliki tim pelatih bersertifikat dan praktisi berpengalaman yang memfasilitasi program pelatihan motivasi dan soft skill. Selain itu, MitraComm juga memberikan pengembangan keterampilan lanjutan melalui pelatihan online (E-Learning Center) dan Premises.   Hubungi kami melalui email ke marketing@phintraco.com untuk mengetahui lebih lanjut tentang value added services dari MBPS.   Referensi: http://mbps.mitracomm.com/

read more

Pentingnya Value Added pada Contact Center

18 February 2022    admin    Blog

Salah satu cara pelanggan mengetahui informasi tentang perusahaan atau produk adalah menghubungi contact center. Agen contact center menjadi representatif terdepan dari sebuah perusahaan. Value yang dimiliki perusahaan harus tersampaikan dengan baik ke pelanggan melalui agen contact center. Maka dari itu agen contact center perlu memiliki skill khusus agar value perusahaan dapat tersampaikan dengan baik.

Contact Center = Perusahaan

Contact center yang dimiliki perusahaan atau perusahaan yang melakukan outsourcing pada contact center, biasanya memiliki lokasi yang berbeda dari perusahaan utamanya. Pada umumnya, pelanggan tidak mengetahui hal tersebut. Maka dari itu contact center harus dapat mewakili perusahaan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai perusahaan agar ekspektasi pelanggan terpenuhi. Sebagai garda terdepan, contact center harus selalu berusaha untuk menjaga citra merek perusahaan yang diwakilinya bersamaan dengan memberikan kualitas layanan yang sesuai dengan ekspektasi pelanggan dan juga target audiens.

Tambahkan value pada contact center Anda

Saat ini, persaingan bisnis semakin ketat. Perusahaan banyak mengalokasikan dananya untuk dapat meningkatkan customer experience. Trend yang ada, memuaskan pelanggan saja tidak cukup, perusahaan Anda harus memiliki sesuatu yang lebih unggul daripada kompetitor lain. Salah satu yang dapat ditingkatkan untuk mencapai customer experience sesuai ekspektasi pelanggan adalah menambahkan value pada contact center.

Cara Menambahkan Value pada Contact Center

Value lebih bersifat intangible, sehingga sifatnya tidak terlihat tapi dapat berdampak pada seseorang. Contact center bertemu pelanggan secara virtual, seperti melalui call center atau media sosial. Sehingga contact center harus kaya dengan value dan skill-skill khusus agar pelanggan nyaman dan menjadi loyal pada perusahaan. Cara menambahkan value pada contact center antara lain seperti:
  1. Program pelatihan motivasi
  2. Program pelatihan soft skill
  3. Pengembangan skills melalui E-learning
Program pelatihan yang sudah dijelaskan di atas dapat Anda terapkan pada perusahaan Anda jika bekerja sama dengan MitraComm Ekasarana, anak perusahaan Phintraco Group dalam menambah value pada contact center perusahaan Anda. MitraComm Ekasarana melalui unit bisnisnya yaitu MitraComm Ekasarana Business Process atau MBPS merupakan unit bisnis yang bergerak di bidang business process services. MBPS menyediakan layanan contact center outsourcing, value added services, digital engagement, omnichannel solution, dan lain-lain.   Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui lebih lengkap mengenai layanan yang disediakan oleh MitraComm Ekasarana Business Process atau MBPS.   Referensi: http://www.mitracomm.com/

read more

Mekanisme Pendaftaran dan Pembelian e-Meterai untuk WAPU

04 February 2022    admin    Blog

  Wajib Pungut (WAPU) atau pemungut adalah salah satu pengguna e-meterai dalam skala besar. Setelah mengetahui apa itu WAPU dan perusahaan apa saja yang termasuk WAPU, sekarang kita akan membahas bagaimana perusahaan-perusahaan tersebut dapat melakukan pendaftaran dan pembelian e-meterai dari channel MitraComm Ekasarana yang ditunjuk langsung oleh PERURI.

Proses Pendaftaran Pemungut (WAPU)

Proses pendaftaran atau registrasi WAPU dilakukan melalui Supply Chain Meterai (SCM) dengan sepengetahuan distributor yang akan memberikan persetujuan (approval). Berikut ini langkah-langkah mudah yang harus dilakukan WAPU untuk melakukan pendaftaran:

1.      Pengumpulan data

Untuk melakukan pendaftaran, perusahaan pemungut harus mempersiapkan beberapa data yang dibutuhkan untuk prosesnya seperti:
  • Nama perusahaan
  • Alamat perusahaan
  • Koordinat (opsional)
  • NPWP
  • TDP/NIB
  • Data PIC (SPV,FIN, dan STAFF) termasuk nama, email, dan nomor HP
  • Kontrak (antara Distributor dan Pemungut)

2.      Peninjauan dan persetujuan

Ketika data-data yang dibutuhkan sudah dipersiapkan dan dikumpulkan, distributor akan melakukan peninjauan legalitasnya sebelum memberikan persetujuan pendaftaran. Jika semua data terkait legal, benar, dan sah, maka distributor akan memberikan persetujuan pendaftaran pemungut (WAPU) untuk melakukan transaksi dengan e-meterai.

3.      Pemberian user dan password

Pemungut (WAPU) juga harus melakukan pemesanan melalui platfrom Supply Chain Meterai (SCM). Untuk itu, para pemungut perlu memiliki user dan password untuk mengakses akun. Jika peninjauan dan persetujuan berhasil, distributor akan memberikan user dan password untuk para pemungut melakukan transaksi pemesanan kuota e-meterai.  

Proses Pemesanan e-Meterai untuk Pemungut (WAPU)

e-Meterai yang telah dipesan pemungut (WAPU) akan berbentuk kuota atau stok e-meterai siap pakai. Pembayaran e-meterai untuk pemungut bersifat post-paid, yaitu dilakukan setelah penggunaan. Pemungut (WAPU) wajib setidaknya menggunakan 1.000 e-meterai setiap bulannya.

1.      Pembuatan PR (Purchase Request) & PO (Purchase Order)

Dalam proses pengajuan ini, STAFF yang bertanggung jawab di pemungut (WAPU) harus membuat PR melalui Supply Chain Meteri (SCM). Proses ini hampir sama halnya dengan melakukan pemesanan kepada distributor.

2.      Peninjauan dan persetujuan

Setelah PR selesai dibuat, maka SPV Pemungut harus melakukan persetujuan dan dilanjutkan pembuatan PO oleh STAFF. Setelah menjadi PO, SPV Distributor akan melakukan peninjauan terhadap PO yang disetorkan. Jika PO sudah sesuai, distributor akan melakukan persetujuan atas permintaan kuota atau stok e-meterai oleh pemungut (WAPU). Selanjutnya, system akan mengirimkan kuota e-Meterai kepada Pemungut   Selain WAPU atau pemungut, wholesaler, end user, dan enterprise dapat melakukan pendaftaran dan pembelian e-meterai melalui channel MitraComm Ekasarana di mitracomm.e-meterai.co.id. MitraComm Ekasarana melalui unit bisnisnya yaitu MitraComm Ekasarana Channel Solution merupakan perusahaan distributor e-meterai terpercaya yang ditunjuk langsung oleh PERURI, akan memberikan arahan yang tepat dan jelas untuk Anda selama proses yang dibutuhkan.   Ketahui informasi lebih lengkap mengenai e-meterai dengan email ke marketing@phintraco.com.  

read more

Yuk, Cari Tahu Lebih Detail Tentang WAPU

28 January 2022    admin    Blog

Ketentuan baru mengenai e-meterai yang diluncurkan pemerintah merupakan sebuah hal yang sangat baru bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat perlu untuk beradaptasi dan secara aktif mencari tahu informasi terkait. Tidak heran jika masih banyak hal yang belum diketahui oleh masyarakat tentang apapun yang menyangkut e-meterai ini. Salah satu pengguna e-meterai adalah WAPU atau pemungut. Tidak banyak orang familiar dengan kata ini dan siapa saja yang termasuk ke dalam WAPU. Mari kita cari tahu informasi lengkap tentang WAPU dan cara mereka mendapatkan e-meterai.

Apa Itu WAPU?

WAPU adalah kepanjangan dari Wajib Pungut. Istilah ini dipakai untuk instansi atau badan usaha pemerintah yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan sebagai pemungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Bukan hanya melakukan pemungutan pajak, instansi ini juga berkewajiban untuk melakukan penyetoran serta pelaporan pajak atas Barang/Jasa Kena Pajak (BKP/JKP) yang sudah dipungut kepada Pengusaha Kena Pajak (PKP). Mekanisme WAPU dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak yang cukup rendah, meningkatkan pendapatan negara, dan memperkuat administrasi perpajakan. Dalam proses pendistribusian e-meterai, Wajib Pungut dapat melakukan pembelian dengan metode postpaid. Saat ini ada kurang lebih 400 perusahaan sebagai WAPU yang ditunjuk oleh DJP yang dapat bekerja sama dengan MitraComm Ekasarana Channel Solution untuk mendapatkan layanan e-meterai. Bagaimana cara para WAPU mendapatkan e-meterai dari distributor? Temukan jawabannya di artikel kami berikutnya.

Intansi/Badan yang berperan sebagai WAPU

Seperti yang dijelaskan di atas, tidak semua instansi atau badan usaha ditunjuk sebagai Wajib Pungut. Lantas, siapa saja pemungut PPN yang tidak dikenakan pajak ini? Ada 4 instansi atau badan usaha yang masuk dalam kategori Wajib Pungut berdasarkan ketentuan pemerintah. Simak penjelasannya di bawah ini.

1.      Bendaharawan Pemerintah dan KPKN

Bendahara atau pejabat yang melakukan pembayaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) disebut sebagai bendaharawan pemerintah dan Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN). Bendaharawan pemerintah meliputi:
  • Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  • Bendahara yang dipilih oleh Menteri/Ketua Lembaga
  • Bendahara Pemerintah Pusat dan Daerah

2.      Kontraktor Kontrak Kerja Sama

Kontraktor Kontrak Kerja Sama termasuk dalam instansi atau badan usaha WAPU yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 73/PMK.03/2010. Instansi yang dimaksudkan adalah sebagai berikut:
  • Kontraktror kontrak kerja sama pengusahaan minyak dan gas bumi.
  • Kontraktor atau pemegang kuasa/pemegang izin pengusahaan sumber daya panas bumi, yang meliputi kantor pusat, cabang, maupun unitnya.

3.      Badan Usaha Milik Negara

Instansi yang termasuk ke dalam WAPU adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). BUMN yang ditetapkan sebagai WAPU memiliki kriteria dengan 51% saham perusahaan dikuasai oleh pemerintah dan tidak termasuk anak perusahaan atau perusahaan patungan. Jika terjadi perubahan kepemilikan saham, BUMN bisa kehilangan status WAPU-nya karena tidak lagi memenuhi kriteria BUMN.

4.      Badan Usaha Tertentu

Ada banyak badan usaha tertentu yang termasuk ke dalam Wajib Pungut menurut sektor yang mereka jalankan. Daftar badan usaha terentu yang termasuk Wajib Pungut dapat ditemukan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 37/PMK.03/2015.   Itulah informasi-infromasi penting terkait WAPU. Perusahaan-perusahaan Wajib Pungut dapat melakukan pendaftaran dan pembelian e-meterai melalui MitraComm Ekasarana Channel Solution. MECS, anak perusahaan Phintraco Group, sudah dipercaya banyak perusahaan besar untuk menyediakan berbagai solusi teknologi terkait layanan transaksi elektronik perusahaan. Salah satu yang ditawarkan adalah layanan e-meterai dimana Mitracomm Ekasarana telah ditunjuk resmi oleh Peruri sebagai Authorized Distributor.   Hubungi kami di marketing@phintraco.com atau kunjungi halaman website https://mitracomm.e-meterai.co.id/ untuk dapat membeli e-meterai melalui MitraComm Ekasarana.   Referensi: https://www.online-pajak.com/tentang-ppn-efaktur/wapu    

read more

3 Kelebihan e-Meterai yang perlu Anda Ketahui

21 January 2022    admin    Blog

Ketika melakukan transaksi yang menggunakan seritifikat, akta, surat perjanjian, atau surat berharga lainnya, masyarakat memerlukan bea meterai agar dokumen-dokumen tersebuh diakui di pengadilan dan dapat dipertanggungjawabkan. Pembayaran bea meterai ini ditandai dengan adanya meterai yang dibubuhkan dalam dokumen-dokumen tersebut. Sebelumnya, pengesahan dokumen-dokumen yang berbentuk kertas ini mengharuskan adanya kehadiran dan persetujuan beberapa pihak sebelum meterai dibubuhkan. Seiring begantinya zaman, banyak orang mulai beranjak ke dokumen digital. Kini, masyarakat mendapatkan kemudahan untuk melengkapi proses pembubuhan meterai melalui portal online sejak UU No 10 Tahun 2020 mengenai Bea Meterai disahkan.

Kelebihan e-Meterai

e-Meterai yang dapat dibubuhkan dalam dokumen digital bukan hanya berbeda secara bentuk fisiknya dari meterai kertas. e-Meterai memiliki sejumlah kelebihan yang menjadikannya pilihan tepat dan lebih baik dari metode pembubuhan meterai dan pembayaran bea meterai konvensional. Berikut ini 3 kelebihan paling signifikan dari e-Meterai:

1.    Lebih Praktis

Berbeda dengan meterai kertas yang ditempel secara konvesional, e-Meterai mewarkan kepraktisan dalam proses pembelian dan pembubuhannya. Sebelumnya, masyarakat harus membeli meterai dari toko alat tulis atau fotokopi ataupun modern retail untuk bisa mendapatkan e-meterai. Sekarang, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan e-Meterai dari mana saja dengan sistem yang disediakan Peruri. Proses pembelian dan pembubuhan e-Meterai sangat praktis karena dapat di lakukan pada sebuah portal yang sudah dirancang oleh Peruri. Proses ini dapat dilakukan melalui tautan https://mitracomm.e-meterai.co.id. Selain itu, segel yang terdapat dalam sistem teknologi e-Meterai dapat memudahkan instansi atau perusahaan besar karena tidak lagi membutuhkan banyak waktu untuk cetak-scan dokumen.

2.    Terjamin Keasliannya

Dalam banyak kasus, meterai konvensional yang ditempel sering kali disalahgunakan dengan cara dipalsukan atau bahkan digunakan kembali. Hal ini sangat merugikan negara dan tidak menjamin keabsahan dokumen di mata hukum. Dengan e-Meterai, keaslian dan keabsahan dokumen akan terjamin.e-Meterai memiliki beberapa ciri-ciri yang wajib dipunya, salah satunya adalah kode unik yang berbentuk nomor seri. Kode unik ini akan membedakan setiap e-Meterai, sehingga kemungkinan untuk dipalsukan bahkan digunakan kembali akan sangat kecil. Selain itu, Peruri juga memiliki sistem validasi yang dapat mencegah adanya upaya pemalsuan e-Meterai. Bahkan Peruri telah menyediakan aplikasi yang dapat mengetahui informasi terkait e-meterai tersebut seperti; Serial Number, Time Stamping atau Waku Pembubuhan dan pihak yang melakukan pembubuhan. Aplikasi tersebut bisa di download di Google Play Store dan Apple Store dengan nama “Peruri Scanner”.

3.      Dokumen Tersimpan dengan Aman

Meterai yang dibubuhkan pada dokumen kertas memiliki risiko kehilangan atau kerusakan. Dengan menggunakan dokumen digital dan dibubuhi e-Meterai, dokumen Anda akan tetap tersimpan dengan aman. Saat melakukan pembelian dan pembubuhan dalam portal, Anda perlu untuk membuat akun yang membutuhkan beberapa informasi pribadi untuk mendaftar. Setelah berhasil mendaftar, Anda akan memiliki akun yang menyimpan dokumen-dokumen dan riwayatnya yang sudah dibubuhi e-Meterai. Lebih dari itu, Anda juga dapat mengunduh ulang dokumen yang sudah ada melalui portal yang tersimpan dalam 1x24 jam atau Anda bisa melihat riwayatnya melalui email pengguna, dikarenakan saat selesai melakukan stamping (pembubuhan) dokumen otomatis terkirim ke email. Selain itu, e-Meterai juga memiliki sistem yang dapat mendeteksi adanya perubahan dalam dokumen yang sudah dibubuhi e-Meterai dan mencegah adanya penipuan.   Penjelasan di atas merupakan kelebihan yang ditawarkan e-Meterai yang dapat Anda atau perusahaan Anda pertimbangkan untuk beralih dari meterai tempel konvensional. Dapatkan e-Meterai dengan mudah dan praktis melalui https://mitracomm.e-meterai.co.id. MitraComm Ekasarana, salah satu anak perusahaan Phintraco Group, telah ditunjuk resmi oleh Peruri menjadi Distributor Meterai Elektronik menawarkan banyak solusi teknologi dan salah satunya adalah e-Meterai. MitraComm Ekasarana memiliki sistem yang sudah terintegrasi dengan API yang dapat mempermudah proses pembubuhan (stamping) e-Meterai. Selain itu, MitraComm Ekasarana juga menyediakan layanan bantuan yang selalu tersedia 24/7. Referensi: https://www.aseanbriefing.com/news/stamp-duty-in-indonesia-new-law-in-effect/ https://cleartax.in/g/terms/e-stamp-e-stamping https://www.squareyards.com/blog/what-is-e-stamping-benefits-and-online-payment-process   Artikel terkait: http://www.mitracomm.com/sekilas-tentang-e-meterai-yang-baru-diluncurkan-pemerintah-indonesia/  

read more

Sekilas tentang e-Meterai yang Baru Diluncurkan Pemerintah Indonesia

14 January 2022    admin    Blog

Transaksi digital telah menjadi sebuah hal yang lumrah saat ini. Dokumen yang dulu hanya sebatas kertas telah berkembang menjadi bentuk elektronik juga. Masyarakat saat ini cenderung memilih untuk menggunakan dokumen elektronik karena praktis. Dokumen elektronik pun merupakan dokumen yang dianggap sah oleh negara untuk melakukan transaksi digital. Pemerintah Indonesia yang menyadari adanya kecenderungan ini pun akhirnya memperluas cakupan meterai yang awalnya hanya untuk dokumen berbentuk fisik, kini telah mencakup dokumen elektronik juga. Perubahan ini tercantum dalam UU No 10 Tahun 2020. E-Meterai atau meterai elektronik merupakan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Apakah Anda tahu apa itu e-Meterai dan kegunaannya? Apa Anda tahu dokumen apa saja yang membutuhkan e-Meterai? Mari simak penjelasan singkat berikut.  

Penjelasan Tentang e-Meterai

Meterai yang kita ketahui selama ini hanya yang berbentuk fisik yaitu kertas yang biasanya dibubuhkan dalam dokumen penting. Sama fungsinya seperti meterai kertas, e-Meterai pada dasarnya adalah meterai berbentuk label yang dapat dibubuhkan pada suatu dokumen elektronik dengan menggunakan sistem digital. Sistem digital ini lah yang mengotomatisasi pembuatan, pendistribusian, hingga penempelan e-Meterai ke dokumen elektronik. Sejauh ini, e-Meterai digunakan oleh bank milik negara sebagai pengguna pertama. Namun, e-Meterai ini akan perlahan digunakan dalam berbagai transaksi elektronik publik yang termasuk dalam kebutuhan objek bea meterai. e-Meterai yang dilegalkan saat ini memiliki nilai Rp10.000,00 sebagai tarif bea meterai.  

Dokumen yang Memerlukan e-Meterai

Sama seperti meterai konvesional, e-Meterai juga akan dikenai bea meterai. Bea meterai adalah jenis pajak yang dipungut atas dokumen yang dihasilkan untuk menjelaskan suatu peristiwa perdata atau catatan yang digunakan sebagai alat bukti di pengadilan. Berikut ini adalah contoh dokumen perdata yang merupakan objek bea meterai:
  • Memorandum of Understanding (MoU), surat rekomendasi, surat pernyataan, dan dokumen terkait lainnya, serta salinannya;
  • Akta Notaris dan grosse (salinan awal akta asli), serta salinan dan kutipannya;
  • Akta PPAT beserta salinannya;
  • Surat-surat berharga dengan nama atau bentuk apapun;
  • Dokumen transaksi surat berharga dengan nama atau bentuk apapun, termasuk transaksi kontrak berjangka dengan nama atau bentuk apapun;
  • Dokumen Lelang, termasuk kutipan, berita acara, salinan, dan grosse;
  • Dokumen yang menyatakan jumlah uang lebih besar dari Rp5.000.000,00 yang (i) menyebutkan penerimaan uang atau (ii) berisi penerimaan pembayaran atau pelunasan utang, seluruhnya atau sebagian;
  • Dokumen lainnya sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai ("UU Bea Materai").
 

Ciri-Ciri e-Meterai yang Sah

Agar pembayaran pajak atas dokumen elektronik Anda sah, Anda harus memahami ciri-ciri e-Meterai sebagai berikut:
  • Memiliki nomor seri yang berfungsi sebagai kode unik
  • Terdapat representasi tertentu dari lambang negara, Garuda Pancasila
  • Terdapat tulisan METERAI ELEKTRONIK
  • Terdapat angka dan tulisan yang merepresentasikan tarif bea meterai, yaitu 10000 dan SEPULUH RIBU RUPIAH
  Itulah sekilas yang perlu Anda ketahui tentang e-Meterai yang saat ini akan marak digunakan. Pastikan e-Meterai Anda asli dan berasal dari distributor resmi. MitraComm Ekasarana Channel Solution atau yang biasa disebut MECS merupakan salah satu unit bisnis Mitracomm Ekasarana anak perusahaan Phintraco Group, telah diberikan kepercayaan untuk menjadi distributor resmi e-Meterai oleh PERURI. MECS mendistribusikan meterai elektronik ke 3 channel yang tersedia, yaitu Pemungut (WAPU), wholesaler, enterprise, dan ­end-user. Pembelian e-meterai dapat Anda lakukan dengan mengkases website mitracomm.e-meterai.co.id.

read more

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bekerja Sama dengan Biller Aggregator

10 December 2021    adminmitracomm    Blog

Seiring dengan kemajuan teknologi dan internet, sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini telah memanfaatkan metode pembayaran elektronik untuk melakukan transaksi pembayaran.

Namun, pergeseran preferensi metode pembayaran yang awalnya konvensional menjadi digital ini menimbulkan tantangan bagi perusahaan yang menyediakan layanan pembayaran berbagai produk digital kepada pelanggannya apabila harus bekerja sama satu per satu dengan banyak bank, dan channel transaksi pembayaran yang lain.

Terlebih dalam proses operasionalnya, perusahaan harus melakukan rekonsiliasi data dan dana ke masing-masing Collecting Agent (meliputi channel perbankan, payment point, dan modern channel seperti minimarket). Pastinya, proses tersebut memerlukan waktu dan usaha yang besar.

Untuk mengatasi tantangan ini, perusahaan yang menyediakan layanan pembayaran produk digital tersebut dapat bekerjasama dengan perusahaan yang bertindak sebagai biller aggregator.

Sudahkah Anda Mengetahui Apa Itu Biller Aggregator?

Billing provider aggregator atau biller aggregator adalah penyedia solusi pembayaran elektronik untuk perusahaan yang menyediakan pembayaran tagihan produk digital seperti pulsa, paket data internet, asuransi, voucher game, pembelian tiket transportasi, samsat, PBB dan lain-lain. Biller Aggregator berperan untuk memenuhi permintaan pembayaran produk digital dari pelanggan perusahaan tersebut dan membuat proses transaksinya menjadi lebih mudah dan cepat.

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bekerja Sama dengan Biller Aggregator

Sebagai perusahaan yang menyediakan layanan pembayaran tagihan beragam produk digital, menjalin kerja sama dengan perusahaan Biller Aggregator yang tepat merupakan hal yang penting. Karena orientasinya adalah bisnis, tentu yang diharapkan selain keuntungan adalah kenyamanan dalam menggunakan layanan yang diberikan.

Maka dari itu, profesionalitas dari perusahaan yang akan bekerja sama dengan Anda perlu ditinjau kembali dengan memperhatikan beberapa faktor. Berdasarkan tantangan tersebut, Anda perlu mengetahui hal yang perlu diperhatikan sebelum bekerja sama dengan perusahaan yang bertidak sebagai biller aggregator untuk mendukung bisnis Anda. Berikut penjelasannya:

1.      Rekam jejak perusahaan

Faktor ini adalah poin dasar yang perlu diperhatikan. Mengetahui rekam jejak perusahaan seperti sejak kapan perusahaan didirikan dan berapa banyak perusahaan yang sudah bekerja sama, adalah hal utama yang perlu diperhatikan saat memilih biller aggregator. Walaupun ini bukan tolak ukur yang menjadi penentu utama, mengetahui usia serta jumlah partner perusahaan dapat menjadi hal yang perlu Anda pertimbangkan. Perusahaan yang dapat bertahan sejak lama dan memiliki banyak partner tentu memiliki kualitas layanan di atas rata-rata.

2.      Jumlah produk layanan biller yang dimiliki

Produk-produk digital yang digunakan masyarakat sangat banyak jumlahnya. Jika perusahaan biller aggregator memiliki banyak variasi produk, maka ini akan memberikan keuntungan bagi partnernya. Apabila Anda bekerja sama dengan biller aggregator yang menyediakan solusi pembayaran untuk berbagai produk, maka Anda hanya perlu terhubung ke 1 platform saja dan proses transaksi akan lebih mudah. Hasilnya, pelanggan Anda akan lebih puas dengan layanan yang tanggap dan cepat.

3.      Pengalaman dan sertifikasi

Selain mengetahui rekam jejak perusahaan yang mencakup usia serta jumlah partner, Anda harus memilih perusahaan biller aggregator yang memiliki tim profesional, dan mempunyai sistem manajemen keamanan informasi yang baik sesuai standar yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikasi ISO.

4.      Kelengkapan layanan yang dimiliki

Jika sudah memastikan rekam jejak perusahaan, jumlah produk yang dimiliki, serta pengalaman dan sertifikasinya, hal terakhir yang perlu diperhatikan sebelum memilih perusahaan biller aggregator adalah memastikan kelengkapan layanan yang dimiliki perusahaan tersebut. Jika kerja sama terjalin dengan lancar dan Anda ingin melakukan ekspansi bisnis, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan yang sama. Pilihlah perusahaan yang menyediakan layanan teknologi yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, pastikan perusahaan tersebut memiliki 24/7 monitoring support yang dapat membantu Anda jika terjadi kendala terkait layanan yang digunakan tanpa batas waktu.  Dengan kelengkapan layanan yang dimiliki tersebut, Anda dapat memastikan bahwa Anda telah bekerja sama dengan perusahaan yang tepat, dan memiliki kredibilitas tinggi.

MitraComm Ekasarana Channel Solution sebagai Perusahaan Penyedia Layanan Biller Aggregator

Jika Anda ingin bekerja sama dengan perusahaan yang bertindak sebagai biller aggregator dan memiliki 4 keunggulan yang sudah disebutkan sebelumnya, bekerja sama dengan MitraComm Ekasarana Channel Solution adalah pilihan yang tepat.

MitraComm berdiri sejak tahun 1999, yang menjadikannya salah satu pelopor penyedia solusi pembayaran elektronik di Indonesia. Hingga saat ini, MitraComm telah bekerja sama dengan 63 Bank & Payment Point, 323 Biller, 288 E-Commerce.

Untuk layanan biller aggregator, MitraComm menyediakan solusi pembayaran untuk seluruh produk digital seperti pembayaran tagihan PLN, PDAM, Telkom, Pajak (PBB dan Pajak Daerah Lainnya), Samsat Online Nasional, Pulsa Prabayar dan Pascabayar, Paket Data Internet, Game Online Voucher, BPJS, Reservasi Tiket Transportasi, dan lain-lain.

Untuk mendukung layanan yang diberikan, saat ini MitraComm memiliki lebih dari 60 profesional dan telah meraih sertifikasi ISO 27001:2013. Selain layanan biller aggregator, MitraComm juga memiliki layanan teknologi lainnya seperti e-Reload services, Mobile Banking Solution, e-Commerce Payment Gateway, SMS & USSD Gateway services, e-Money solution, Switching Gateway, Mobile Application, dan masih banyak lagi. Untuk mendukung kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan, MitraComm juga menyediakan 24/7 monitoring support.

Tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan dan solusi yang ditawarkan oleh MitraComm? Silahkan hubungi kami di marketing@phintraco.com

Sumber:

http://www.mitracomm.com/mecs/

read more

Strategi Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

23 November 2021    admin    Blog

Agar dapat tetap bertahan dan berkembang dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif, suatu perusahaan perlu memiliki kualitas layanan pelanggan atau customer service yang baik. Mengapa demikian? Karena sebagus apa pun kualitas produk yang ditawarkan, jika pelanggan tidak mendapatkan layanan yang memuaskan, mereka akan terus mengingat pengalaman buruk tersebut dibanding kualitas produk yang ditawarkan.

Strategi Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

Di artikel ini, kita akan menelusuri lebih lanjut apa saja strategi meningkatkan kualitas layanan pelanggan yang dapat langsung Anda terapkan untuk membantu bisnis semakin berkembang, berikut penjelasannya.

1. Berikan tanggapan atas seluruh kebutuhan dan keluhan pelanggan dengan cepat

Jika seorang agen customer service mampu memberikan tanggapan atas seluruh pertanyaan dan kebutuhan pelanggan dengan tenggat waktu yang singkat, pastinya pelanggan akan lebih senang dan puas terhadap layanan yang diberikan. Agar dapat menerapkan strategi ini, Anda perlu melatih kemampuan agen secara rutin agar mampu menangani kebutuhan atau keluhan pelanggan sesuai dengan durasi yang ditentukan, serta memiliki sistem yang mendukung kecepatan agen dalam bekerja.

2. Jadikan customer feedback sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki layanan

Customer feedback adalah komponen penting yang dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan kedepannya. Dengan mengetahui apa yang perlu diperbaiki, maka Anda dapat menyesuaikan kembali kualifikasi seperti apa yang harus diterapkan oleh agen customer service Anda. Perlu diketahui bahwa customer feedback bukan hanya dalam bentuk keluhan yang disampaikan melalui email, chat, SMS, atau platform modern lainnya. Namun, setiap interaksi antara agen dan pelanggan dapat menjadi suatu feedback yang tersembunyi tapi sangat bernilai harganya. Maka dari itu, Anda perlu memiliki sistem perekam panggilan yang dapat membantu Anda memantau setiap interaksi antara agen dengan pelanggan, dan buat interaksi tersebut menjadi wawasan yang berharga untuk menentukan keputusan dan strategi bisnis di masa depan.

3. Lengkapi layanan dengan omnichannel support

Kegiatan manusia saat ini sangat bergantung pada penggunaan teknologi modern. Tidak terkecuali untuk urusan belanja, pelanggan kini sudah beralih memanfaatkan platform digital untuk mencari kebutuhannya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan, Anda perlu melengkapi layanan dengan omnichannel support. Omnichannel adalah kombinasi layanan dari berbagai channel yang diintegrasikan, sehingga perusahaan dapat lebih optimal dalam menjangkau pelanggannya atau pelanggan potensial.

4. Tawarkan layanan 24 jam dalam sehari

Strategi ini sangat penting diterapkan jika suatu perusahaan telah memiliki jumlah pelanggan yang cukup banyak. Jika suatu perusahaan menyediakan layanan selama 24 jam dalam sehari, pelanggan akan dapat dengan mudah menghubungi perusahaan tersebut kapan pun. Untuk dapat menerapkan strategi ini, Anda perlu memiliki tim yang didedikasikan khusus untuk menangani seluruh kebutuhan layanan pelanggan.

5. Menggunakan jasa contact center outsourcing

Jika berhasil menerapkan strategi meningkatkan kualitas layanan pelanggan yang telah dijelaskan sebelumnya, maka memiliki kualitas layanan pelanggan diatas rata-rata bukan lagi hanya sekedar rencana. Namun, pertanyaannya adalah apakah setiap perusahaan memiliki waktu dan kesempatan untuk secara khusus menerapkan strategi-strategi tersebut? Menjadikan perusahaan Anda sebagai salah satu perusahaan yang memiliki kualitas layanan pelanggan terbaik bukanlah suatu tujuan yang sederhana, karena dibutuhkan perencanaan yang baik dan penerapan yang konsisten. Oleh karena itu, Anda perlu bekerja sama dengan perusahaan contact center outsourcing agar tujuan memiliki layanan yang memenuhi kriteria berkualitas dapat terlaksana. Memanfaatkan layanan contact center outsourcing memungkinkan suatu perusahaan memiliki layanan pelanggan yang berkualitas, selagi tetap fokus pada pekerjaan lain yang sifatnya strategis untuk kemajuan perusahaan. Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com

read more

3 Hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Memanfaatkan Jasa Contact Center Outsourcing

11 October 2021    admin    Blog

Dengan hadirnya beragam channel layanan pelanggan yang semakin berkembang, pengelolaan operasional contact center akan semakin rumit dan menghabiskan banyak waktu jika suatu perusahaan tidak memiliki strategi tepat untuk mengelolanya. Untuk dapat mengelolanya dengan baik dan terus update terhadap perkembangan kebutuhan pelanggan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh perusahaan. Mengimplementasi teknologi baru yang relevan dengan perkembangan zaman dan mempekerjakan karyawan kompeten yang mampu memberikan layanan yang sesuai dengan tujuan perusahaan adalah dua hal dari banyak persyaratan yang harus disiapkan perusahaan, dan masih banyak hal lainnya seperti memiliki infrastruktur yang lengkap serta lokasi yang memadai.

Hal yang Perlu dipersiapkan

Jika seluruh proses tersebut terasa sangat rumit dan sulit untuk dilengkapi, perusahaan dapat memilih solusi lain yaitu bekerja sama dengan perusahaan contact center outsourcing. Namun, sebelum memanfaatkan jasa contact center outsourcing, ada 3 hal yang perlu dipersiapkan. Perhatikan penjelasan berikut untuk mengetahui 3 hal yang perlu dipersiapkan sebelum memanfaatkan jasa contact center outsourcing.

1. Tentukan target yang jelas

Setiap perusahaan memiliki alasan tertentu mengapa contact center menjadi bagian penting dalam perusahaan. Sehingga, sebelum memanfaatkan jasa contact center outsourcing, Anda perlu menentukan target yang diharapkan dapat dipenuhi oleh penyedia jasa contact center outsourcing tersebut. Nantinya, poin ini juga akan memudahkan partner contact center outsourcing dalam menentukan solusi dan layanan yang tepat untuk memenuhi target yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

2. Pahami budaya perusahaan Anda

Setiap perusahaan memiliki budaya masing-masing yang dapat dijadikan “keunikan”. Diharapkan bahwa keunikan tersebut dapat dikenali oleh pelanggan dan dirasakan manfaatnya. Dalam hal ini, bagaimana cara suatu perusahaan memperlakukan pelanggannya mencerminkan budaya perusahaan itu sendiri. Faktor umum yang menjadi kendala perusahaan saat mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan partner outsourcing adalah kekhawatiran jika partner mereka tidak dapat bekerja dan menerapkan budaya perusahaan tersebut kepada pelanggannya. Oleh karena itu, sebelum bekerja sama dengan partner outsourcing, Anda perlu memahami budaya perusahaan dan menguraikan dengan jelas budaya perusahaan Anda, lalu mencari partner outsourcing yang mampu memahami dan menerapkannya. Mempersiapkan poin ini akan membantu Anda memastikan partner yang Anda pilih dapat menawarkan tingkat layanan pelanggan yang sama baiknya dengan tim internal.

3. Pilih partner yang tepat

Setelah menentukan target yang diharapkan dan memahami budaya perusahaan, saatnya Anda melanjutkan proses persiapannya dengan mencari tahu informasi mengenai perusahaan yang menyediakan jasa contact center outsourcing. Di tahap ini, Anda perlu mengetahui tentang rekam jejak perusahaan yang akan menjadi partner outsourcing Anda. Ketahuilah rekam jejaknya, seperti mengetahui perusahaan dari industri mana saja yang sudah bekerjasama dengan mereka. Jika partner Anda sudah berpengalaman di industri yang sama dengan bisnis Anda, pastinya mereka akan lebih dapat menyesuaikan nilai-nilai perusahaan dan memberikan layanan yang sesuai dengan tujuan perusahaan Anda. Selain itu, ketahui layanan apa saja yang ditawarkan, teknologi yang digunakan, dan yang tidak kalah penting adalah lokasi. Kesimpulannya, mempersiapkan ketiga hal ini dapat membantu Anda membuat keputusan terbaik yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis di masa depan. Manfaat dan keuntungan contact center outsourcing akan didapatkan jika Anda memilih partner yang tepat. Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa contact center outsourcing adalah MitraComm Business Process Services. Berdiri sejak tahun 2007, MitraComm telah bekerja sama dengan ratusan perusahaan terkemuka di Indonesia dari berbagai industri. Selain layanan contact center outsourcing yang lengkap, MitraComm juga menawarkan layanan yang didukung oleh teknologi modern dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Maka dari itu, bekerja sama dengan MitraComm akan mengurangi kekhawatiran jika partner outsourcing Anda tidak dapat memberi solusi dan layanan yang tepat untuk memenuhi target yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Selain itu, karena sudah berpengalaman dalam menangani manajemen contact center dari berbagai industri, pastinya tidak sulit bagi tim MitraComm untuk menawarkan tingkat layanan pelanggan yang sama baiknya dengan tim internal Anda. Dengan begitu, Anda dapat memastikan kualitas hasil kerja partner outsourcing akan dapat disesuaikan dengan nilai, prinsip, visi dan misi perusahaan Anda. MitraComm sepenuhnya didukung oleh Phintraco Group, perusahaan penyedia solusi IT di Indonesia yang sudah melayani lebih dari 200 pelanggan dari berbagai industri untuk memberikan solusi IT terbaik guna memenuhi kebutuhan bisnis di era digital. Untuk menjamin kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan, MitraComm juga telah memiliki 8 lokasi strategis yang berada di pusat kota Jakarta, Tangerang, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.   Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com   Referensi: https://customerthink.com/5-things-to-consider-before-outsourcing-your-customer-service/ https://www.majorel.com/future-customer/news-and-trends/preparing-to-outsource-your-customer-services-heres-5-things-to-think-about/

read more

3 Cara Mengoptimalkan Media Sosial untuk Selangkah Lebih Dekat dengan Pelanggan

24 September 2021    admin    Blog

Media sosial telah menjadi ekosistem yang tidak bisa diabaikan untuk strategi marketing. Jika kita melihat tren saat ini, di mana pun dan kapan pun, semua orang menggunakan berbagai platform media sosial untuk mencari informasi atau sekedar mencari hiburan. Untuk perusahaan, tren ini dapat menjadi sebuah keberuntungan jika mereka mampu memanfaatkannya. Namun tantangannya adalah mengelola lebih dari satu akun media sosial secara manual akan menghabiskan banyak waktu, pikiran dan tenaga, karena banyak hal yang harus diperhatikan – baik untuk pembuatan konten atau menangani interaksi pelanggan.

Mengoptimalkan Media Sosial

“Semua masalah pasti ada solusi.” Ungkapan tersebut juga berlaku untuk tantangan yang dihadapi perusahaan dalam hal pengelolaan media sosial. Saat ini, tersedia beberapa cara mengoptimalkan media sosial untuk membantu perusahaan selangkah lebih dekat dengan pelanggan. Mari simak informasi tentang 3 cara mengoptimalkan media sosial untuk selangkah lebih dekat dengan pelanggan!

1. Ketahui seluruh interaksi yang berkaitan dengan bisnis di platform digital

Data yang dihimpun dari interaksi calon pelanggan atau pelanggan di media sosial sangat berpotensi bagi perkembangan bisnis. Interaksi antar pengguna media sosial menghasilkan data dalam jumlah besar, namun tersebar di beberapa platform. Maka dari itu, cara manual tidak lagi relevan untuk mengetahui informasi tentang produk, brand, kompetitor, dan tren yang sedang terjadi. Perusahaan perlu mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan bisnis mereka, yaitu dengan menggunakan bantuan platform digital listening. Platform digital listening berfungsi untuk mengetahui seluruh interaksi yang berkaitan dengan suatu brand di beberapa platform media sosial seperti Twitter, Instagram, YouTube, Facebook dan platform digital lain, seperti Blog, Portal Berita, dan lain-lain. Dengan platform ini, nantinya perusahaan akan mampu mengetahui persepsi dan penerimaan pelanggan atas produk atau layanan yang dimiliki, mengetahui apa saja ekspektasi pelanggan terhadap produk atau layanan sejenis, mengetahui bagaimana persepsi pelanggan terhadap kompetitor dan mengukur efektivitas strategi kompetitor.

2. Kelola interaksi pelanggan dari berbagai channel secara cepat dan tepat

Karena pelanggan melakukan interaksi di beberapa platform yang sesuai dengan preferensi mereka, maka perusahaan perlu menerapkan strategi untuk mengelola seluruh interaksi tersebut secara cepat dan tepat. Tentunya, cara manual juga tidak lagi relevan untuk menjalankan operasional ini.

Omnichannel: Solusi Mengelola Media Sosial

Platform omnichannel adalah solusi untuk tantangan pengelolaan interaksi pelanggan di berbagai platform media sosial. Dengan platform omnichannel, seluruh interaksi pelanggan di berbagai channel dapat dikelola oleh agent dalam satu platform. Platform omnichannel dilengkapi dengan fitur berikut ini
  • Sistem ticketing terintegrasi
    Platform omnichannel memungkinkan agent bekerja secara efektif dengan menggabungkan interaksi seluruh channel digital ke satu sistem ticketing.
  • Sistem kolaborasi antar agent
    Platform omnichannel dapat meningkatkan kualitas kolaborasi antar agent untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan saat menangani satu keluhan pelanggan. Jika satu agent tidak mampu mengatasi keluhan tertentu, agent dapat secara otomatis mengalihkan tugas kepada agent dengan kemampuan yang lebih tepat untuk menangani keluhann tersebut.
  • Sistem terintegrasi untuk database pelanggan dari seluruh channel media sosial
    Platform omnichannel memungkinkan agent untuk mengelola database pelanggan dari seluruh channel dalam satu sistem.
  • Sistem real-time reporting
    Platform omnichannel menyediakan hasil laporan interaksi pelanggan secara real-time, termasuk laporan mengenai kinerja agent.

3. Terapkan layanan pelanggan proaktif

Loyalitas pelanggan akan selalu bergantung pada bagaimana suatu perusahaan melayani kebutuhan mereka dengan baik. Ketika sebuah perusahaan memberikan layanan yang memuaskan kepada pelanggan, mereka akan rela untuk membeli suatu produk atau menggunakan layanan yang sama secara berulang-ulang. Ini artinya, loyalitas pelanggan akan lebih mudah didapatkan dengan penerapan layanan pelanggan proaktif. Untuk mendukung perusahaan menerapkan layanan pelanggan proaktif, kini tersedia platform omnichannel automation. Platform ini akan membantu tim agent mengotomatiskan pembuatan segmentasi pelanggan, strategi marketing yang disesuaikan dengan preferensi masing-masing pelanggan, manajemen konten, dan menyiapkan strategi layanan pelanggan di masa depan berdasarkan data yang tersedia. Mengoptimalkan media sosial untuk selangkah lebih dekat dengan pelanggan merupakan strategi yang sangat tepat bagi bisnis di era digital. Oleh karena itu, MitraComm Ekasarana sebagai salah satu perusahaan BPO di Indonesia, menghadirkan layanan Digital Engagement untuk perusahaan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, MitraComm akan membantu perusahaan Anda mengoptimalkan media sosial untuk selangkah lebih dekat dengan pelanggan dengan menghadirkan 3 platform utama yaitu platform digital listening, omnichannel, dan omnichannel automation. Media sosial telah menjadi tempat untuk melihat tren pelanggan yang bergerak secara cepat dan sulit diprediksi. Mengoptimalkan media sosial untuk selangkah lebih dekat dengan pelanggan menjadi kunci kesuksesan agar bisnis selalu siap akan perubahan, dan menjadikan suatu brand lebih unggul dari kompetitor. Anda dapat menghubungi marketing@phintraco.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan Digital Engagement dari MitraComm.

read more

Menentukan Strategi Layanan Pelanggan yang Tepat untuk 3 Kelompok Generasi

06 August 2021    admin    Blog

Dalam memberikan layanan pelanggan, membangun strategi yang tepat merupakan hal yang perlu dilakukan seluruh perusahaan. Salah satu cara untuk menentukan strategi layanan pelanggan yang tepat adalah mengetahui karakteristik pelanggan berdasarkan kelompok generasi. Mengapa demikian? Faktanya, dalam hal kepuasan pelanggan, tingkat ekspektasi dari setiap pelanggan akan berbeda. Perbedaan tersebut bisa kita kategorikan berdasarkan kelompok generasi. Mari kita ketahui preferensi layanan dari masing-masing pelanggan berdasarkan kelompok generasi.

Mengetahui preferensi layanan pelanggan dari 3 kelompok generasi

Umumnya, perusahaan memiliki pelanggan dari 3 generasi, yaitu generasi Baby Boomers (tahun kelahiran 1946-1964), Gen X (tahun Kelahiran 1965-1981), dan Gen Y atau Millennial (tahun kelahiran 1982-2004). Memiliki satu strategi layanan dan berharap seluruhnya mencapai efektivitas bukanlah keputusan yang bijak. Perusahaan memiliki tanggung jawab untuk menentukan strategi layanan pelanggan yang tepat berdasarkan kebutuhan pelanggan meskipun kelompok usia mereka beragam. Untuk menciptakan strategi layanan pelanggan yang efektif, perusahaan dapat memulai dengan mengetahui preferensi layanan pelanggan dari masing-masing generasi. Berikut penjelasannya:

Baby Boomers

Jika dibandingkan dari generasi lainnya, memberikan layanan yang sesuai dengan karakteristik Baby Boomers mungkin akan sangat berbeda. Hal ini dikarenakan kebanyakan pelanggan yang berasal dari kelompok Baby Boomers lebih menyukai cara tradisional, lebih menghargai interaksi tatap muka, walaupun beberapa dari mereka juga sudah mahir dalam menggunakan smartphone. Jika memiliki kebutuhan tertentu, pelanggan dari kelompok Baby Boomers akan lebih suka mendatangi langsung lokasi toko atau menghubungi perusahaan melalui telepon daripada channel lainnya. Anda harus menyediakan layanan yang selalu beriorientasi pada solusi (solution-oriented), dan siap untuk memberikan setiap informasi yang dibutuhkan dengan bahasa yang baik dan benar.

Gen X

Pelanggan dari generasi X sudah mulai memahami akan kemajuan teknologi dan memanfaatkannya dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun pelanggan dari kelompok generasi X sudah menggunakan kecanggihan teknologi termasuk media sosial, biasanya mereka menggunakan akun mereka untuk kebutuhan personal dan komunikasi, bukan untuk bisnis ataupun membeli kebutuhan. Mereka cenderung akan mencari solusi sendiri jika menemukan masalah atas suatu produk, jika tidak berhasil, mereka akan menghubungi customer service. Ini artinya, mereka berharap dengan menghubungi customer service, masalahnya akan segera teratasi karena itu adalah pilihan terakhir. Jika Anda ingin menjadikan pelanggan dari kelompok generasi X sebagai pelanggan setia, sediakan waktu yang cukup banyak bagi mereka untuk mengajukan pertanyaan dan mengumpulkan informasi yang mereka butuhkan. Mereka mengharapkan respon yang tanggap dari agent yang dihubungi, dan lebih suka menerima informasi dan pilihan secara real-time daripada menunggu perwakilan customer service perusahaan menelepon mereka kembali.

Gen Y atau Millennial

Generasi Millennial selalu memanfaatkan teknologi untuk beraktivitas, mulai dari belajar, berbelanja, hingga bekerja. Mereka sangat mahir menggunakan teknologi, dan mudah beradaptasi dengan perubahan dan inovasi. Tidak seperti dua generasi sebelumnya, generasi Millennial lebih suka menggunakan channel komunikasi modern untuk menghubungi agent customer service suatu perusahaan. Mereka mengharapkan setiap perusahaan sudah menyediakan layanan dari berbagai channel, karena mereka suka kemudahan dan layanan yang melebihi ekspektasi. Millennial mengharapkan interaksi yang cukup singkat dan membutuhkan layanan yang lebih personal sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Maka, layanan pelanggan dengan pendekatan proaktif sangat dibutuhkan untuk mempertahankan kepuasan pelanggan dari generasi millennial. Dari 2 generasi sebelumnya, pelanggan dari kategori generasi Y atau Millennial sangat mengandalkan platform digital untuk berkomunikasi dan mencari tahu tentang suatu produk atau brand. Maka, membangun suatu brand image yang tepat melalui media sosial adalah cara yang paling efektif untuk memenuhi ekspektasi pelanggan dari kategori generasi Y ini. Untuk membuat kelompok pelanggan ini tetap setia dengan suatu brand, perusahaan dapat menggunakan solusi yang interaktif dan menarik secara visual. Dalam melayani pelanggan Millennial, Anda harus ekstra hati-hati. Karena jika Anda gagal memenuhi ekspektasi mereka, mereka dapat dengan mudah menulis ulasan yang buruk tentang brand Anda. Namun sebaliknya, jika Anda mampu memberikan layanan yang memenuhi ekspektasi atau bahkan melebihinya, maka akan banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan. Mungkin Anda harus lebih fokus menciptakan strategi layanan pelanggan yang tepat untuk kelompok Millennial ini, mengingat kehadirannya sangat berpengaruh untuk image suatu brand dan perusahaan. Preferensi layanan pelanggan yang banyak dipilih oleh generasi Millennial ini menciptakan strategi baru dalam layanan pelanggan, yaitu strategi omnichannel. Penerapan strategi omnichannel sangat dibutuhkan bisnis di era digital.

Menyesuaikan Strategi Layanan yang Tepat Berdasarkan Kelompok Generasi untuk Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus memastikan bahwa layanan pelanggan yang diberikan tidak hanya berdasarkan apa yang pelanggan butuhkan, namun juga sesuai dengan preferensi mereka. Dua faktor tersebut adalah salah satu kunci keberhasilan strategi layanan pelanggan. Ekspektasi pelanggan akan selalu lebih besar dari sebelumnya. Jika Anda ingin selalu kompetitif dalam memberikan layanan pelanggan, Anda dapat mempertimbangkan untuk bekerjasama dengan perusahaan penyedia contact center outsourcing. Perusahaan penyedia contact center outsourcing memiliki kompetensi contact center dengan standar layanan yang mencakup keseluruhan aspek yaitu proses layanan, agent yang berkualitas serta teknologi contact center yang mendukung kepuasan pelanggan. Sebelum memilih, pastikan Anda mengetahui hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih partner perusahaan penyedia contact center outsourcing. Hubungi marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan contact center outsourcing. Referensi: https://hyken.com/customer-service-strategies/guest-post-pem-brooke/

read more

Kelebihan Contact Center Outsourcing yang Perlu Diketahui oleh Perusahaan

29 July 2021    admin    Blog

Di era digital seperti saat ini, contact center menjadi bagian yang semakin krusial perannya dalam sebuah perusahaan. Kualitas contact center adalah faktor utama yang dapat sangat memengaruhi kepercayaan pelanggan terhadap sebuah produk atau brand. Maka dari itu, contact center outsourcing telah menjadi tren yang terus berkembang dalam dunia bisnis. Mengapa demikian? Sebelum kita membahas secara spesifik mengenai kelebihan contact center outsourcing, mari kita ketahui terlebih dahulu fakta mengenai pentingnya peran contact center dalam suatu perusahaan. Menurut hasil penelitian dari Temkin Group, 65% pelanggan mengatakan bahwa pengalaman pelanggan yang baik sangat memengaruhi keputusan mereka dalam membeli suatu produk atau brand. Penelitian lainnya dari American Express juga mengungkapkan bahwa 69% pelanggan akan lebih banyak menghabiskan uang pada suatu produk atau brand yang memberikan layanan pelanggan yang baik. Setelah mengetahui fakta-fakta tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa memiliki kualitas layanan pelanggan yang maksimal adalah sebuah keharusan yang perlu diterapkan oleh seluruh perusahaan. Pentingnya menghadirkan kualitas layanan pelanggan yang maksimal membuat contact center outsourcing menjadi tren yang semakin berkembang dalam dunia bisnis. Apa saja kelebihan contact center outsourcing yang perlu diketahui oleh perusahaan? Berikut penjelasannya!

1. Karyawan yang kompeten

Salah satu kelebihan contact center outsourcing adalah setiap perusahaan yang menyediakan layanan tersebut mendedikasikan upaya, waktu, dan sumber daya mereka untuk menyempurnakan keahlian karyawan atau agent dalam menerapkan layanan pelanggan yang maksimal. Suatu perusahaan dapat mengandalkan contact center outsourcing untuk mempekerjakan karyawan yang kompeten di bidang layanan pelanggan, dan pada akhirnya memiliki lebih banyak waktu dan kesempatan untuk fokus pada proses bisnis inti lainnya.

2. Menghemat banyak waktu dan biaya

Salah satu kelebihan contact center outsourcing lainnya adalah membantu perusahaan menghemat waktu dan biaya. Ketika suatu perusahaan memilih untuk bekerja sama dengan partner contact center outsourcing, secara otomatis mereka telah menghilangkan waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk beberapa proses tertentu, seperti proses rekrutmen, onboarding dan training karyawan atau agent baru, terhindar dari masalah yang berkaitan dengan tingginya tingkat turnover karyawan, serta menghilangkan biaya untuk membangun infrastruktur contact center seperti ruang kerja, dan implementasi teknologi modern untuk menunjang aktivitas layanan pelanggan.

3. Selain memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan, contact center outsourcing membantu perusahaan mendapatkan peluang bisnis baru

Perusahaan penyedia contact center outsourcing akan memberikan transparansi mengenai seluruh interaksi pelanggan, dan mendokumentasikan seluruh interaksi pelanggan dengan bantuan teknologi modern untuk menghasilkan insight yang berguna untuk strategi bisnis di masa depan.

4. Tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengoperasikan teknologi yang kompleks

Terakhir, kelebihan contact center outsourcing adalah membantu perusahaan menghilangkan kompleksitas dalam hal pengoperasian teknologi. Kehadiran teknologi untuk operasional contact center kian beragam, menjadikan pengelolaan operasional contact center semakin rumit jika dilakukan oleh pihak yang tidak ahli dalam bidang layanan pelanggan. Seluruh tantangan tersebut dapat diatasi jika Anda bekerja sama dengan perusahaan contact center outsourcing yang didukung oleh serangkaian teknologi modern yang selalu mengikuti perkembangan zaman dan ekspektasi pelanggan. Dengan membaca artikel ini, Anda telah mendapatkan informasi mengenai kelebihan contact center outsourcing. Contact center outsourcing hadir dalam berbagai layanan yang dapat memenuhi kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda. Sebelum memanfaatkan jasa contact center outsourcing, akan lebih baik jika Anda mempersiapkan hal-hal penting seperti menentukan target yang jelas, memahami budaya perusahaan, dan memilih partner yang tepat. Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Memanfaatkan Jasa Contact Center Outsourcing dengan klik link ini. Jika saat ini Anda sedang dalam proses memilih partner penyedia contact center outsourcing yang tepat bagi perusahaan, silahkan saksikan video “MitraComm Customer Success Story” dengan klik link ini. Referensi: https://www.business2community.com/customer-experience/personalization-and-customer-experience-strategies-for-success-02330244 https://www.forbes.com/sites/blakemorgan/2019/09/24/50-stats-that-prove-the-value-of-customer-experience/ https://ebq.com/outsourcing-customer-service/ https://www.simplr.ai/blog/pros-and-cons-of-contact-center-outsourcing   Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com

read more

5 Aktivitas Bisnis yang Dapat Didelegasikan ke Perusahaan Business Process Outsourcing

16 June 2021    admin    Blog

Banyak organisasi atau perusahaan yang hingga saat ini masih beranggapan bahwa memanfaatkan jasa outsourcing untuk membantu menyelesaikan beberapa tugas dari satu departemen memiliki kekurangan, salah satunya adalah jumlah biaya yang harus dikeluarkan relatif cukup tinggi. Anggapan tersebut sebenarnya tidaklah benar. Karena faktanya, memanfaatkan jasa outsourcing untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu dapat membantu perusahaan fokus pada area bisnis yang lebih dikuasai, sehingga dapat membuka peluang bisnis sebanyak mungkin dan berpotensi meningkatkan revenue secara signifikan. Mendelegasikan beberapa aktivitas bisnis ke perusahaan business process outsourcing adalah keputusan yang tepat daripada harus menghabiskan banyak waktu ke pekerjaan yang seharusnya akan lebih baik jika didelegasikan ke pihak yang lebih kompeten untuk menanganinya. Dalam layanan outsourcing, ada beberapa aktivitas bisnis yang dapat didelegasikan ke perusahaan business process outsourcing, umumnya dikenal sebagai transactional process outsourcing. Sudahkah Anda mengetahui aktivitas bisnis apa saja yang dapat didelegasikan ke perusahaan business process outsourcing? Berikut penjelasannya:

1. Walk In Customer Service

Salah satu aktivitas bisnis perusahaan yang dapat didelegasikan ke perusahaan business process outsourcing adalah walk in customer service. Walk in customer service adalah staf front line yang berperan penting untuk mewakili citra perusahaan di mata pelanggan. Maka dari itu, Anda perlu memiliki staf yang kompeten untuk mengerjakan aktivitas ini. Jika memanfaatkan jasa outsourcing untuk menjalankan aktivitas walk in customer service dalam perusahaan Anda, Anda tidak perlu memikirkan sulitnya memberi pelatihan kepada staf tersebut. Perusahaan business process outsourcing akan mendedikasikan waktunya untuk mengembangkan keahlian karyawan mereka agar dapat memiliki keahlian yang sesuai dengan yang dibutuhkan client.

2. Data Entry

Data yang terorganisir adalah salah satu kunci utama untuk mempercepat pertumbuhan bisnis. Namun, dalam suatu perusahaan, pekerjaan data entry dapat menjadi tantangan tersendiri. Data entry adalah tugas yang harus dilakukan berkali-kali dan akan memakan waktu yang lama jika tidak ditangani oleh tenaga profesional. Oleh karena itu, mendelegasikan pekerjaan data entry ke perusahaan business process outsourcing akan menjadi keputusan yang sangat tepat untuk perusahaan.

3. Loyalty Management

Di era digital, dunia bisnis semakin kompetitif. Perusahaan harus menemukan cara tepat untuk memberikan layanan yang inovatif agar dapat mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membangun loyalty management. Dalam penanganan aktivitas loyalty management, perusahaan membutuhkan pendekatan dan strategi yang perlu ditangani secara intens, sehingga dibutuhkan dedikasi waktu dan tenaga ahli. Oleh karena itu, Anda dapat mendelegasikan pekerjaan loyalty management ini kepada perusahaan business process outsourcing.

4. Direct Sales

Di era di mana skalabilitas dan ketangkasan menjadi suatu hal yang krusial, mendelegasikan tugas sales kepada perusahaan outsourcing akan membantu perusahaan meningkatkan revenue dengan cepat. Layanan direct sales outsourcing memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan peluang bisnis baru dengan mempekerjakan sales yang ahli di bidangnya.

5. Outbound Call

Layanan outbound call adalah kegiatan yang bersifat proaktif dengan cara menghubungi pelanggan untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Jika suatu perusahaan ingin membangun dan mengelola outbound call centernya secara mandiri, perusahaan tersebut akan menghadapi banyak tantangan yang akan sangat memengaruhi produktivitas area bisnis inti lainnya. Selain memengaruhi produktivitas, mencari sumber daya manusia yang tepat juga akan menjadi tantangan tersendiri karena aktivitas outbound call ini perlu ditangani oleh tenaga ahli yang kompeten dan penggunaan teknologi yang cukup kompleks dan mahal. Untuk mengatasi tantangan tersebut, perusahaan dapat mendelegasikan aktivitas outbound call ke perusahaan business process outsourcing. Layanan outbound call outsourcing yang dapat dimanfaatkan perusahaan diantaranya adalah Telecollection, Telemarketing, Telesales, Welcome Call, Data Cleansing, Telesurvey, dan lain-lain. Demikian 5 aktivitas bisnis yang dapat didelegasikan ke perusahaan business process outsourcing. 5 aktivitas bisnis yang masuk dalam layanan transactional process outsourcing ini tersedia dalam layanan yang ditawarkan oleh MitraComm Ekasarana. MitraComm Ekasarana adalah perusahaan business process outsourcing yang berdiri sejak tahun 2007. Hingga saat ini, sebagai perusahaan business process outsourcing di Indonesia, MitraComm didukung oleh lebih dari 150 tenaga ahli dan 8.000 NP staff, dengan kapasitas sebanyak 4.000 seats. MitraComm sepenuhnya didukung oleh Phintraco Group, perusahaan penyedia solusi IT di Indonesia yang sudah melayani lebih dari 200 pelanggan dari berbagai industri dalam memberikan solusi IT terbaik guna memenuhi kebutuhan bisnis di era digital. Untuk menjamin kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan, MitraComm juga telah memiliki 8 lokasi yang tersebar di pusat kota Jakarta, Tangerang, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Segera hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai seluruh layanan business process outsourcing dari MitraComm, serta konsultasi dengan tim profesional kami sebelum mengambil langkah tepat guna mengimplementasikan layanan business process outsourcing untuk perusahaan Anda. Referensi: https://www.forbes.com/sites/allbusiness/2015/04/13/6-key-areas-to-outsource-when-starting-a-business/?sh=5f9d7544ec7a https://www.americanexpress.com/en-us/business/trends-and-insights/articles/6-business-tasks-you-could-be-outsourcing/

read more

5 Langkah Tepat Optimalkan SMS Marketing untuk Bisnis

11 May 2021    admin    Blog

Semua bisnis yang berjalan membutuhkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Dalam dunia pemasaran, terdapat banyak cara untuk mempromosikan suatu brand, produk, atau layanan – baik melalui media digital atau non digital. Namun, di era serba teknologi saat ini, perlahan strategi pemasaran dengan memanfaatkan media digital lebih banyak diminati. Strategi pemasaran digital dapat berupa iklan tv, iklan di media sosial, dan situs web. Namun, ada satu strategi lain yang masih banyak digunakan karena terbukti menjadi solusi pemasaran dengan tingkat konversi tertinggi. Strategi tersebut adalah SMS Marketing.

Mengapa SMS Marketing masih menjadi solusi efektif di tengah kemajuan platform media sosial?

Di tengah perkembangan media sosial saat ini, media SMS masih dianggap menjadi salah satu cara efektif untuk strategi pemasaran. Mengapa demikian? Karena pada umumnya, teknik pesan ini ditujukan untuk pelanggan atau masyarakat yang tertarget dan bersifat personal. Layanan SMS untuk strategi pemasaran masih memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki platform media sosial – seperti contohnya menargetkan iklan berdasarkan lokasi spesifik secara real-time, proses produksi iklan yang dapat dilakukan dengan cepat, dapat dilihat oleh seluruh pelanggan dari berbagai kalangan dan seluruh jenis ponsel, serta faktor yang paling penting: paling hemat diantara strategi pemasaran lainnya. Sama seperti strategi pemasaran lainnya, kunci sukses mengoptimalkan SMS marketing adalah dengan menentukan langkah yang tepat untuk mencapai objektifnya. Dengan langkah yang tepat, hasil dari SMS marketing bisa dioptimalkan dengan cara yang mudah dan sederhana.

5 Langkah Tepat Optimalkan SMS Marketing

1. Buat konsep dan kenali target penerima SMS Langkah tepat untuk optimalkan SMS marketing yang pertama adalah membuat konsep dari isi SMS tersebut, yaitu menentukan tema dan pemilihan kata. Karena ini adalah SMS, itu artinya teks yang digunakan juga harus sesingkat mungkin. Dalam menentukan pemilihan kata, Anda perlu memerhatikan profil target penerima SMS – seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, dan domisili agar SMS tersebut dapat menghasilkan konversi yang tinggi. 2. Menetapkan target Ketika hendak menggunakan layanan SMS sebagai strategi marketing, Anda perlu menetapkan target tujuan yang ingin Anda raih dengan SMS tersebut. Apakah untuk meningkatkan penjualan? Atau sekedar untuk mengajak pelanggan lebih dekat dengan brand Anda? Nantinya, langkah ini akan membantu Anda mengukur efektivitas hasil layanan SMS yang Anda gunakan. 3. Menentukan waktu pengiriman Langkah tepat untuk optimalkan SMS marketing yang ketiga adalah menentukan waktu pengiriman. Waktu pengiriman SMS merupakan salah satu faktor yang paling menentukan tercapai atau tidaknya tujuan penyebaran SMS tersebut. Perlu diketahui, waktu pengiriman SMS juga bisa disesuaikan dengan pergerakan audiens di suatu lokasi tertentu. 4.Cantumkan call to action Jangan lupa cantumkan call to action (CTA) dalam SMS tersebut. CTA adalah salah satu komponen terpenting dalam strategi pemasaran. Dalam hal ini, hindari mencantumkan CTA berupa tautan yang mengarah ke situs web, karena SMS Anda bisa dicurigai sebagai serangan phishing. Akan lebih baik CTA yang dicantumkan berupa ajakan follow media sosial, atau contact person yang dapat langsung dihubungi penerima SMS. 5. Selalu lakukan analisa di akhir periode Langkah tepat untuk optimalkan SMS marketing yang terakhir adalah melakukan analisa hasil SMS marketing yang telah berjalan selama periode yang telah ditetapkan sebelumnya. Lakukan evaluasi dari hasil yang Anda terima. Di proses ini, maka akan terlihat efektivitas SMS marketing yang Anda gunakan. Menerapkan lima langkah tepat optimalkan SMS Marketing ini akan membantu perusahaan menerapkan strategi pemasaran yang menguntungkan bagi bisnis. Agar layanan SMS Marketing yang Anda pilih dapat berjalan dengan optimal, Anda dapat memanfaatkan layanan SMS Gateway dari MitraComm Ekasarana. MitraComm adalah penyedia layanan SMS Gateway yang telah memiliki koneksi langsung ke semua perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Solusi SMS gateway yang MitraComm tawarkan meliputi SMS Bulk, SMS Location Based Advertising (LBA), SMS Contextual Advertising, SMS Targeted, dan SMS Interactive Services. Hingga saat ini, MitraComm telah dipercaya oleh ratusan perusahaan dari berbagai industri di Indonesia untuk menyediakan layanan SMS Gateway. Untuk dapat optimalkan penggunaan SMS untuk berbagai keperluan bisnis, Anda dapat langsung menghubungi kami di marketing@phintraco.com

read more

Keuntungan Beralih ke Cloud Contact Center bagi Perusahaan

25 April 2021    admin    Blog

Selama pandemi Covid-19, seluruh pelanggan memaksimalkan penggunaan platform digital untuk terhubung dengan suatu brand atau perusahaan. Melihat pergeseran kebiasaan tersebut, modernisasi sistem contact center menjadi kebutuhan utama yang tidak bisa dilewatkan, karena sistem contact center yang mutakhir dapat membantu perusahaan beradaptasi di segala situasi. Salah satu tren terkini dalam dunia contact center adalah pemanfaatan cloud contact center. Sudahkah Anda mengetahui apa itu cloud contact center dan seberapa penting peran tren ini dalam mendukung perusahaan beradaptasi di tengah ketidakpastian? Mari simak penjelasan mengenai pengertian dan manfaat cloud contact center bagi perusahaan berikut ini. Cloud contact center adalah tempat di mana seluruh komunikasi pelanggan, baik inbound atau outbound ditangani oleh agent. Lalu, apa perbedaan antara cloud contact center dan contact center tradisional? Selama pandemi Covid-19, perusahaan tidak diperbolehkan untuk mempekerjakan seluruh karyawan di satu lokasi kantor tertentu karena akan memperbesar peluang merebaknya virus. Cloud contact center dinilai sebagai solusi tepat untuk mengatasi tantangan tersebut karena seluruh interaksi pelanggan – baik dalam bentuk suara, chat, teks yang dilakukan melalui email, media sosial, dan situs web dapat diakses dan dikelola dari mana saja secara virtual. 5 Alasan Mengapa Perusahaan Harus Mempertimbangkan untuk Beralih ke Cloud Contact Center 1. Investasi Awal Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Memanfaatkan layanan cloud artinya perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk kebutuhan perangkat hardware atau infrastruktur yang kompleks. Itu artinya, cloud contact center dapat mengurangi jumlah biaya investasi yang perlu dikeluarkan untuk modernisasi sistem contact center. Perusahaan dapat memulai menggunakan layanannya dengan apa yang dibutuhkan saja, dan hanya membayar untuk layanan yang digunakan. 2. Proses Implementasi Lebih Cepat Umumnya, contact center tradisional atau on-premise menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan proses implementasi, sedangkan cloud contact center hanya membutuhkan waktu beberapa hari hingga 1 minggu. Penyedia solusi cloud contact center umumnya menawarkan pilihan durasi implementasi yang berbeda, durasi tersebut didasari oleh seberapa kompleks fitur dan kemampuan sistem yang dibutuhkan masing-masing perusahaan. 3. Menawarkan Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Lebih Baik Ketika bisnis semakin berkembang, pastinya perusahaan ingin solusi teknologi yang telah digunakan juga dapat berkembang mengikuti kebutuhan. Contohnya, dengan menggunakan cloud contact center, perusahaan dapat dengan mudah menambah atau mengurangi jumlah agent yang dibutuhkan pada suatu periode tertentu. Prosesnya dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, menjadikan cloud contact center sebagai solusi tepat untuk bisnis yang memiliki jumlah interaksi yang lebih tinggi pada high season. 4. Agent Dapat Bekerja secara Efektif tanpa Perlu Bergantung pada Satu Lokasi Tertentu Kelebihan cloud contact center ini adalah manfaat yang paling dibutuhkan perusahaan untuk tetap memberikan layanan prima kepada pelanggan di masa pandemi. Dengan cloud contact center, setiap agent dapat bekerja dari mana saja karena sistem dapat digunakan dari perangkat yang mereka miliki. Proses penggunaan aplikasi kerja yang fleksibel dapat membuat agent bekerja secara produktif di mana pun mereka berada. 5. Penggunaan Aplikasi Akan Lebih Sederhana Dalam penggunaan sistem contact center tradisional, perusahaan sering menghadapi tantangan dalam menyatukan beberapa fungsi aplikasi dalam satu aplikasi terpadu. Hal tersebut menyebabkan banyak agent yang harus membuka dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya untuk menangani beberapa interaksi pelanggan. Ini artinya, agent akan merasa kesulitan untuk melihat customer journey secara menyeluruh dan secara tidak langsung akan meninggalkan kesan buruk kepada pelanggan. Demikian beberapa keuntungan beralih ke cloud contact center bagi perusahaan. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang beralih menggunakan solusi cloud contact center. Peralihan tersebut dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk tetap beroperasi secara optimal selama pandemi Covid-19 masih berlangsung. Jika Anda terpikir untuk segera beralih ke cloud contact center, Anda perlu memulainya dengan menemukan partner yang tepat untuk mewujudkan tujuan bisnis dalam jangka panjang dari penggunaan cloud contact center tersebut. Referensi: https://www.genesys.com/definitions/what-is-a-cloud-contact-center https://customerthink.com/the-top-7-benefits-of-moving-your-contact-center-to-the-cloud/ https://www.callcentrehelper.com/benefits-cloud-offer-contact-centre-148267.htm

read more

Layanan Pelanggan yang Dibutuhkan di Masa Pandemi

18 April 2021    admin    Blog

Kualitas pengalaman pelanggan telah menjadi salah satu “pembeda” bagi bisnis masa kini. Mulai dari proses mendapatkan pelanggan baru hingga menjadikan mereka pelanggan setia, perusahaan memfokuskan strategi bisnisnya pada pendekatan customer-first, yang artinya mendahulukan kepentingan pelanggan di atas segalanya. Untuk menerapkan pendekatan tersebut dengan hasil yang diinginkan, tidak sesederhana kelihatannya. Membangun tim internal untuk mengelola layanan pelanggan terkadang tidak cukup bagi perusahaan yang ingin berada di posisi sejajar atau lebih tinggi dari pesaingnya, dan kesulitannya bahkan meningkat semenjak pandemi COVID-19 mewabah. Perubahan perilaku pelanggan terjadi dalam waktu singkat dan sulit untuk diprediksi. Untuk mengatasi tantangan layanan pelanggan yang meningkat sejak pandemi COVID-19 mewabah, perusahaan pelu meningkatkan layanan yang dilakukan oleh tim contact centernya sesuai dengan kebutuhan pelanggan saat ini. Sebenarnya, layanan pelanggan seperti apa yang dibutuhkan di masa pandemi? Mari kita ketahui lebih lanjut! 1. Kemudahan akses Kebutuhan ini merupakan yang utama bagi pelanggan saat ini. Karena terbatasnya interaksi yang dapat dilakukan pelanggan dengan suatu brand, mereka berharap dapat terhubung dengan suatu brand dengan cara semudah mungkin. Oleh karena itu, layanan pelanggan yang dibutuhkan di masa pandemi ini adalah hadirnya berbagai channel komunikasi yang dapat dijangkau oleh pelanggan, termasuk media sosial. Perusahaan perlu memaksimalkan interaksi media sosial dengan pelanggan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. 2. Berikan layanan yang berorientasi pada solusi Selanjutnya, layanan pelanggan yang dibutuhkan di masa pandemi adalah layanan yang berorientasi pada solusi. Ini artinya, suatu perusahaan harus mampu memberikan solusi tepat atas segala keluhan yang dilontarkan pelanggan. Untuk dapat menerapkan ini, perusahaan perlu memiliki agent dengan kemampuan profesional yang memiliki 9 kualitas terbaik. Melatih agent hingga mampu memberikan layanan yang beorientasi pada solusi memerlukan waktu yang cukup lama, perusahaan dapat mengambil jalan pintas dengan menggunakan jasa contact center outsourcing. 3. Sediakan layanan dengan respon yang cepat Di masa pandemi, setiap orang lebih memilih untuk memanfaatkan platform digital untuk berinteraksi. Ini merupakan salah satu keuntungan dari pemanfaatan teknologi, namun sisi tantangannya bagi perusahaan adalah mereka perlu menyediakan banyak orang untuk handle interaksi pelanggan di platform digital yang pasti meningkat pesat. Jika ingin meningkatkan kualitas layanan, perusahaan perlu menyediakan sumber daya manusia yang sesuai dengan jumlah interaksi pelanggan yang masuk setiap harinya agar respon kepada pelanggan juga dapat dilakukan dengan cepat. Membiarkan pelanggan menunggu lama adalah kesalahan fatal yang harus dihindari oleh layanan contact center. Untuk merespon interaksi pelanggan dengan cepat, perusahaan dapat memanfaatkan layanan contact center outsourcing profesional. Dengan layanan ini, perusahaan dapat menyesuaikan jumlah agent yang dibutuhkan serta kualitas agent yang terlatih dengan baik agar dapat memberikan respon yang cepat dan solutif. 4. Layanan yang tersedia 24 jam Bagi perusahaan e-commerce, perbankan, serta layanan publik, menyediakan layanan contact center yang tersedia 24 jam merupakan hal wajib. Namun, situasi pandemi membuat seluruh sektor juga perlu memberikan layanan yang tersedia 24 jam. Pandemi mengharuskan banyak orang untuk tetap berada di rumah, yang mana artinya banyak kebutuhan tak terduga yang mungkin saja terjadi diluar jam kerja. Oleh karena itu, layanan pelanggan yang dibutuhkan di masa pandemi adalah layanan yang tersedia 24 jam. 5. Memanfaatkan layanan contact center outsourcing Poin terakhir ini adalah solusi tepat untuk menyediakan seluruh layanan pelanggan yang dibutuhkan di masa pandemi. Agar dapat menyediakan kemudahan akses, layanan yang berorientasi pada solusi, layanan dengan respon yang cepat serta layanan yang tersedia 24 jam, perusahaan dapat mengambil langkah tepat dengan bekerja sama dengan penyedia layanan contact center outsourcing. Perusahaan yang menyediakan layanan contact center outsourcing di Indonesia adalah MitraComm Ekasarana. MitraComm telah dipercaya oleh ratusan perusahaan di Indonesia dari berbagai industri untuk layanan business process outsourcing (BPO). Selain contact center outsourcing, MitraComm juga menyediakan layanan digital engagement, transactional process outsourcing, IT managed services, hingga value added services. Seluruh layanan MitraComm didukung oleh proses bisnis, teknologi, dan sumber daya manusia yang mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan bisnis modern. Untuk mendukung layanan yang diberikan kepada pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia, MitraComm telah memiliki 8 lokasi contact center yang berada di pusat kota Jakarta, Tangerang, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Seluruh sektor bisnis dapat memanfaatkan layanan BPO. Namun, strategi yang diperlukan untuk implementasinya tentu akan berbeda pada setiap perusahaan. Segera hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan business process outsourcing dari MitraComm, serta konsultasi dengan tim profesional sebelum menentukan layanan yang tepat untuk perusahaan Anda. Referensi: https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2021/02/04/how-the-pandemic-has-impacted-customer-expectations https://customerthink.com/new-survey-what-do-customers-expect-from-service-providers-during-covid-19/ https://www.mckinsey.com/business-functions/marketing-and-sales/our-insights/adapting-customer-experience-in-the-time-of-coronavirus

read more

Manfaat Menerapkan Layanan Outbound Call Center untuk Perkembangan Bisnis

08 February 2021    admin    Blog

Apa itu Outbound Call Center? Aktivitas call center dalam suatu perusahaan terbagi menjadi dua. Yaitu inbound call center dan outbound call center. Di artikel ini, kita akan fokus membahas pengertian dan manfaat menerapkan layanan outbound call center untuk perkembangan bisnis. Outbound call center adalah aktivitas panggilan yang dilakukan oleh agent call center kepada pelanggan untuk mencapai tujuan bisnis tertentu, seperti untuk keperluan riset pasar, memberikan layanan pelanggan dengan pendekatan proaktif, penjualan, penagihan, dan tujuan bisnis lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Umumnya, layanan outbound call center terdiri dari Telecollection, Telemarketing, Telesales, Welcome Call, Data Cleansing, dan Telesurvey. Berikut penjelasan singkat tentang pengertian dan manfaat menerapkan layanan outbound call center untuk perkembangan bisnis: · Telecollection Telecollection adalah salah satu bagian dari proses manajemen piutang. Aktivitas ini juga disebut sebagai panggilan pengingat bagi client untuk membayar hutangnya sesuai dengan tanggal yang telah disepakati. Layanan telecollection dibutuhkan perusahaan untuk memastikan transaksi pembayaran piutang dapat diterima tepat waktu, serta mengurangi risiko kerugian yang sering dijumpai dalam proses piutang. · Telemarketing Telemarketing adalah proses kegiatan memasarkan produk atau layanan kepada calon pelanggan melalui panggilan telepon. Manfaat menerapkan layanan telemarketing adalah untuk meningkatkan prospek bisnis baru dengan cara membuat calon pelanggan semakin ingin tahu tentang apa yang ditawarkan perusahaan. Dibutuhkan tenaga ahli yang memiliki wawasan luas tentang perusahaan tersebut untuk memasarkan produk atau layanan, agar tujuan membuka prospek bisnis baru dapat tercepai. · Telesales Kegiatan telesales hampir sama dengan telemarketing, namun tujuan telesales adalah untuk fokus meningkatkan penjualan dengan cara menjual produk atau jasa secara langsung terhadap pelanggan melalui telepon. · Welcome call Welcome call adalah salah satu layanan dalam outbound call center yang paling efektif untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan baru. Proses layanan ini berupa pemberian informasi terkait layanan dan perusahaan kepada pelanggan dengan cara yang lebih personal saat mereka menyelesaikan transaksi pembelian produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga perusahaan dapat membangun customer trust dan loyalty sesuai dengan yang diharapkan. · Data cleansing Layanan data cleansing adalah pekerjaan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas data yang dimiliki perusahaan. Dengan memanfaatkan layanan ini, perusahaan dapat menyeleksi dan menghapus data dalam sekumpulan data yang salah, rusak, salah format, terduplikasi, atau tidak lengkap. · Telesurvey Telesurvey adalah suatu jenis kegiatan survey yang dilakukan oleh agent call center melalui telepon. Layanan ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan mengenai produk dan layanan yang ditawarkan, sehingga perusahaan dapat mengukur tingkat kepuasan pelanggan dan segera memperbaiki produk atau layanan yang masih memiliki kekurangan. Menerapkan layanan outbound call center dalam aktivitas bisnis merupakan suatu pendekatan yang strategis untuk membangun reputasi positif dan secara langsung mendukung perkembangan bisnis secara signifikan. Karena aktivitas outbound call center sangat krusial bagi keberlangsungan bisnis, maka perusahaan perlu memiliki manajemen outbound call center yang andal. Perusahaan dapat memanfaatkan layanan dari perusahaan business process outsourcing untuk menangani outbound call center. Bekerja sama dengan perusahaan business process outsourcing yang tepat akan membantu perusahaan memiliki manajemen outbound call center yang didukung oleh tenaga ahli dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang semakin kompetitif. Jika Anda sedang mencari perusahaan penyedia layanan outbound call center outsourcing, Anda dapat mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan MitraComm Ekasarana. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan outbound call center yang ditawarkan MitraComm, Anda dapat menghubungi kami di marketing@phintraco.com Artikel terkait: Kelebihan Contact Center Outsourcing yang Perlu Diketahui oleh Perusahaan

read more

Tren Contact Center di Tahun 2021

21 January 2021    admin    Blog

Memiliki kualitas contact center yang baik bukan lagi menjadi sebuah pilihan, tapi sudah menjadi sebuah keharusan. Seiring dengan kemajuan teknologi dalam kehidupan kita, contact center memiliki peran yang sangat penting bagi bisnis karena menjadi penghubung utama untuk berinteraksi dengan pelanggan. Bahkan, saat ini, salah satu tolak ukur kesuksesan sebuah perusahaan di mata pelanggannya dapat dilihat dari kualitas contact centernya. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk selalu mengikuti perkembangan tren dalam dunia contact center agar dapat selalu memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Terlebih di masa krisis seperti saat ini, contact center memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Kami telah merangkum informasi mengenai tren contact center di tahun 2021 yang diharapkan dapat berguna bagi seluruh praktisi contact center untuk membangun operasional contact center yang lebih strategis di masa depan. Berikut penjelasannya: #1 Tren Contact Center di Tahun 2021: Menghadirkan fleksibilitas ruang kerja untuk agent Jika ingin memiliki operasional contact center yang dapat diandalkan di masa yang akan datang, kita harus belajar dari situasi pandemi di tahun 2020 ini yang mengharuskan perusahaan mengurangi kapasitas jumlah karyawan dalam satu ruangan. Di tahun 2021 nanti, salah satu strategi yang harus dihadirkan perusahaan dalam operasional contact centernya adalah meningkatkan fleksibilitas ruang kerja untuk agentnya. Ini artinya, perusahaan harus memiliki infrastruktur yang memungkinkan agent dapat tetap melayani pelanggan, walaupun tidak bekerja di kantor. Dengan begitu, apa pun kondisinya, operasional contact center tetap berjalan tanpa hambatan. Perusahaan perlu memanfaatkan teknologi yang dapat membantu agent dan karyawan yang terlibat dalam operasional contact center tetap produktif walaupun harus bekerja dari rumah. #2 Tren Contact Center di Tahun 2021: Fokus pada strategi “digital first” Memanfaatkan AI dan sistem berbasis cloud akan sangat dibutuhkan demi kelancaran operasional contact center di masa yang akan datang. Fokus pada strategi “digital first” akan membantu perusahaan menjaga hubungan dengan pelanggan di masa krisis ini. Perusahaan dapat memanfaatkan AI untuk menganalisa kebutuhan pelanggan dan memberikan saran yang relevan secara real-time kepada human agent, agar mereka dapat memberikan layanan yang lebih personal kepada pelanggan. Jadikan teknologi otomatisasi, AI, dan sistem berbasis cloud sebagai solusi utama untuk menciptakan operasional contact center yang berkualitas dan dapat diandalkan. Sinergi antara human agent dan teknologi akan menghasilkan operasional contact center yang lebih efektif dan efisien. #3 Tren Contact Center di Tahun 2021: Pemanfaatan teknologi pendukung customer self-service Saat ini, hampir semua pelanggan memanfaatkan smartphonenya untuk mencari tahu informasi mengenai suatu brand. Jumlah transaksi online di tahun 2020 ini juga semakin meningkat pesat karena banyak pelanggan yang memilih untuk mengurangi kontak fisik ketika membeli keperluan dan kebutuhan mereka. Itu artinya, perusahaan harus siap memberikan layanan yang lebih cepat dari sebelumnya dan menghadirkan seamless experience yang memenuhi bahkan melebihi ekspektasi pelanggan. Untuk dapat melakukannya, perusahaan dapat memanfaatkan solusi teknologi pendukung customer self-service seperti Interactive Voice Response (IVR), FAQ online, dan Chatbot. Solusi ini akan membuat human agent lebih fokus pada interaksi yang lebih banyak membutuhkan perhatian dan empati. Dengan memanfaatkan teknologi pendukung customer self-service ini, perusahaan dapat selalu menghadirkan layanan yang cepat dan tepat berdasarkan masing-masing kebutuhan pelanggan. Jadikan prediksi tren contact center ini sebagai referensi untuk membangun strategi contact center di masa depan Di tahun 2021 nanti, contact center yang berkualitas dan dapat diandalkan bisa diraih dengan memperhatikan aspek People, Process dan Technology dalam operasionalnya. Untuk dapat menerapkan ketiga aspek tersebut dengan tepat, perusahaan membutuhkan partner yang mampu memberikan solusi contact center yang dapat disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan. Jika suatu solusi dapat bekerja dengan baik di satu perusahaan, bukan berarti solusi tersebut akan bekerja dengan baik juga di perusahaan Anda. Maka dari itu, perlu adanya bantuan dari tenaga profesional agar Anda dapat menerapkan operasional contact center yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan. Sebagai perusahaan penyedia solusi contact center, Phintraco Technology dan MitraComm Ekasarana sangat memahami kondisi, perkembangan dan tantangan yang ada dalam dunia contact center. Phintraco Technology dan MitraComm Ekasarana akan memberikan solusi dan layanan terbaiknya untuk contact center dengan memastikan seluruh solusi dan layanan yang diberikan selalu mengikuti perkembangan teknologi, serta memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pelanggan yang terus berkembang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tren dan strategi contact center di tahun 2021, Anda dapat menghubungi kami di marketing@phintraco.com Referensi: https://phintraco.com/tren-contact-center-di-tahun-2021/ https://www.ttec.com/articles/contact-center-trends-2021-reset-your-contact-centers-long-term-stability

read more

Strategi dan Teknologi Pendukung Tren Customer Experience di Tahun 2021

21 December 2020    admin    Blog

Customer experience adalah faktor penentu yang mempengaruhi penilaian seorang pelanggan terhadap suatu brand. Perusahaan yang memprioritaskan kualitas customer experience yang diberikan kepada pelanggan akan memiliki lebih banyak pelanggan setia dibanding perusahaan yang tidak memprioritaskannya. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus selalu update terhadap strategi dan teknologi pendukung tren customer experience agar dapat memenangkan persaingan bisnis. Tahun 2020 membawa perubahan besar ke dalam dunia bisnis dan juga memengaruhi strategi layanan pelanggan yang diterapkan perusahaan. Menuju tahun yang baru, perkembangan bisnis akan semakin dipengaruhi oleh kemampuan dalam memberikan kualitas customer experience sesuai ekspektasi pelanggan. Apa saja strategi dan teknologi pendukung tren customer experience di tahun 2021? Berikut prediksinya! 1. Penerapan Artificial Intelligence (AI) Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran AI dalam dunia bisnis memberi banyak dampak positif, salah satunya adalah untuk customer experience. Dua teknologi AI yang menjadi tren customer experience di tahun 2021 adalah Chatbot dan Virtual Assistant. Chatbot dan Virtual Assistant memungkinkan perusahaan selalu hadir dalam setiap customer journey tanpa batasan waktu. Memanfaatkan AI dapat membantu bisnis lebih memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan experience yang lebih baik, yang pada akhirnya akan menghasilkan konversi yang lebih tinggi. Saat ini, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi perusahaan adalah menangani setiap interaksi pelanggan dalam berbagai channel yang jumlahnya sangat banyak. Untuk mengatasi tantangan ini, perusahaan dapat memanfaatkan AI untuk menangani keluhan atau kebutuhan pelanggan dalam jumlah banyak dengan tingkat kerumitan yang rendah secara real-time, dan mengumpulkan informasi dasar sebelum penanganan masalah lebih lanjut diperlukan dan ditangani oleh manusia. Dengan begitu, perusahaan dapat memberikan layanan yang cepat dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan. Customer experience adalah faktor penentu berhasil atau tidaknya suatu brand, maka bantuan dari AI membantu perusahaan memastikan pelanggan merasa waktu mereka dihargai dan tetap setia. Namun, perlu untuk diingat bahwa kehadiran AI dalam meningkatkan kualitas CX tidak akan mengganti peran agent manusia secara keseluruhan. AI mampu menyederhanakan proses pemberian customer experience yang tepat serta membuat agent manusia lebih fokus menciptakan layanan pelanggan yang lebih kontekstual dan personal. 2. Memanfaatkan “Data” Rasanya, tidak asing lagi bahwa data saat ini banyak dimanfaatkan dalam dunia bisnis. Dan ternyata, adanya data diprediksi juga akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas customer experience. Perusahaan akan mendapatkan customer insights yang lebih baik jika mampu mengumpulkan data transaksi pelanggan, menganalisa perilaku dan preferensi pelanggan, serta mengelompokan data pelanggan berdasarkan perilaku unik mereka atau persona. Seperti apa contoh praktik penggunaan data pelanggan untuk meningkatkan customer experience? Dengan menggunakan data, perusahaan dapat memberikan feedback secara real-time, memprediksi kebutuhan pelanggan, dan mengidentifikasi pelanggan mana yang tidak puas dengan layanan yang diberikan. Hasilnya, agent dapat menangani masalah yang dihadapi pelanggan sebelum pelanggan menghubungi perusahaan, sehingga mampu mencegah timbulnya masalah yang berkelanjutan. Tren ini akan berlanjut hingga tahun-tahun setelah 2021, karena suatu perusahaan akan terus mengumpulkan data untuk membangun pengalaman omni-touch secara real-time yang memungkinkan pelanggan merasa didengar dan dipahami. 3. Penerapan strategi omnichannel Hadirnya berbagai channel media sosial menjadikan customer experience semakin kompleks. Khususnya di tahun 2020, pandemi memaksa brand beroperasi sepenuhnya secara online. Banyak yang masih beradaptasi dengan strategi baru ini, selagi terus mencari cara yang paling tepat untuk memenuhi ekspektasi pelanggan di ranah digital. Pelanggan membutuhkan pengalaman yang konsisten dan personal ketika mereka berinteraksi dengan suatu brand, apa pun channelnya. Misalnya, jika mereka memulai interaksi dengan suatu brand di Instagram dan ingin melanjutkannya di Email, perusahaan harus menyediakan pengalaman yang terintegrasi. Menjelang tahun 2021, perusahaan harus mulai fokus menyediakan omnichannel customer experience untuk meningkatkan ekuitas merek dan penjualan. Menerapkan strategi omnichannel untuk customer experience yang lebih baik adalah pilihan tepat bagi perusahaan. Anda sudah mengetahui strategi dan teknologi pendukung tren customer experience di tahun 2021. Pastikan Anda mengetahui preferensi layanan setiap pelanggan, dan menghadirkan cara komunikasi yang dipersonalisasi agar dapat selalu memberikan customer experience yang baik dan menjadi pilihan utama pelanggan! Untuk dapat mengikuti tren dan mendapatkan hasil yang maksimal, Anda memerlukan partner yang mampu memberikan solusi teknologi sesuai dengan yang bisnis Anda butuhkan. Ingatlah, bahwa tahun baru adalah kesempatan baru! Segera siapkan strategi dan teknologi pendukung customer experience yang lebih baik bersama kami dengan menghubungi marketing@phintraco.com Sumber: https://phintraco.com/tren-customer-experience-di-tahun-2021/

read more

Fakta dan Statistik Seputar Outsourcing yang Perlu Anda Ketahui!

07 November 2020    admin    Blog

Outsourcing telah menjadi tren dalam dunia bisnis sejak tahun 1989. Kini, kehadiran perusahaan yang menawarkan jasa outsourcing semakin banyak dan layanan yang ditawarkan pun semakin beragam. Perkembangan outsourcing yang sangat pesat ini dapat terjadi karena banyak perusahaan yang menyatakan bahwa kehadiran jasa outsourcing membantu bisnis mereka semakin berkembang dan mampu menjadi yang terdepan di tengah persaingan yang semakin ketat. Lalu, apa saja alasan yang menjadikan layanan outsourcing kini kian digemari dalam dunia bisnis? Mari simak beberapa fakta dan statistik seputar outsourcing yang perlu Anda ketahui! Mengapa outsourcing semakin menjadi pilihan strategis bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Deloitte Global Outsourcing Survey[1], terlampir beberapa fakta dan statistik mengenai alasan yang menjadikan perusahaan memilih jasa outsourcing untuk bisnisnya. Diantaranya adalah: 59% perusahaan menggunakan jasa outsourcing untuk mengurangi atau mengontrol biaya. 57% perusahaan menggunakan jasa outsourcing agar dapat fokus terhadap tujuan dan objektif bisnisnya. 47% perusahaan menggunakan jasa outsourcing untuk mengatasi masalah kapasitas. 31% perusahaan menggunakan jasa outsourcing untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. 28% perusahaan menggunakan jasa outsourcing untuk mendapatkan bantuan dari tim yang profesional dibidangnya. Jenis layanan outsourcing yang paling banyak dipilih perusahaan Secara global, IT Outsourcing dan Business Process Outsourcing mendominasi industri outsourcing saat ini. Jenis layanan yang paling banyak dipilih perusahaan adalah untuk customer support, database administration, system support, disaster recovery, dan network operations. Berdasarkan beberapa hasil fakta dan statistik seputar outsourcing di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa telah terbukti secara global bahwa memanfaatkan jasa outsourcing dapat memberikan keuntungan yang cukup besar bagi perusahaan. Dengan membaca fakta dan statistik seputar outsourcing di artikel ini, diharapkan Anda mendapatkan pemahaman yang cukup baik tentang alasan dibalik perusahaan memanfaatkan layanan outsourcing. Baik untuk perusahaan rintisan maupun korporasi, memanfaatkan layanan outsourcing merupakan pilihan strategis yang pantas untuk Anda pertimbangkan. Jika Anda tertarik atau sedang membutuhkan layanan outsourcing, Anda telah berada di tempat yang tepat! Sebagai perusahaan yang menyediakan layanan Business Process Outsourcing, MitraComm Ekasarana adalah salah satu pilihan tepat bagi bisnis Anda. Dengan pengalaman lebih dari 13 tahun, MitraComm telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan dari berbagai industri di Indonesia untuk menyediakan layanan outsourcing terbaiknya. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai MitraComm atau berdiskusi mengenai layanan outsourcing yang tepat bagi bisnis Anda, Anda dapat menghubungi kami di marketing@phintraco.com [1]https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/nl/Documents/operations/deloitte-nl-s&o-global-outsourcing-survey.pdf Artikel terkait:

read more

Mengapa Perusahaan Perlu Memanfaatkan Business Process Outsourcing?

03 November 2020    adminmitracomm    Blog

Saat suatu perusahaan didirikan, pelaku bisnis yang terlibat didalamnya biasanya memilih untuk membangun dan mengelola proses bisnis mereka sendiri secara mandiri. Namun, saat bisnis semakin berkembang, proses bisnis akan semakin rumit dan tidak lagi efektif jika dikerjakan secara mandiri. Jika sudah berada di situasi ini, perusahaan perlu mempertimbangkan untuk bekerjasama dengan penyedia layanan Business Process Outsourcing (BPO).

Pengertian dan Manfaat Business Process Outsourcing untuk Perusahaan

Perusahaan BPO menyediakan berbagai layanan untuk melakukan proses bisnis dari suatu perusahaan tanpa harus menjadi bagian dari perusahaan itu sendiri. Bekerjasama dengan perusahaan BPO dan menggunakan layanannya untuk mengelola area fungsional bisnis tertentu memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi suatu perusahaan. Apa saja keuntungan yang akan didapatkan perusahaan ketika memanfaatkan Business Process Outsourcing? Berikut penjelasannya:

Meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis secara keseluruhan

Memanfaatkan BPO memungkinkan perusahaan untuk konsentrasi pada aktivitas bisnis utama yang lebih penting untuk meningkatkan nilai bisnis. Dengan mememanfaatkan jasa outsourcing, aktivitas bisnis inti dikerjakan oleh karyawan internal yang kompeten dan aktivitas bisnis non-inti dikelola oleh perusahaan BPO yang lebih ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Contohnya, jika perusahaan ingin bekerjasama dengan perusahaan BPO untuk mengelola bagian contact centernya, maka perusahaan bisa fokus pada aktivitas bisnis utama sekaligus memberikan layanan pelanggan yang berkualitas karena perusahaan BPO memiliki kompetensi contact center dengan standar layanan yang mencakup keseluruhan aspek yaitu proses layanan, agent yang berkualitas serta teknologi contact center yang mendukung kepuasan pelanggan.

Kualitas hasil kerja dari BPO juga bisa disesuaikan dengan standart yang diterapkan seperti kepada karyawan internal, yang sesuai dengan nilai, prinsip, visi dan misi perusahaan. Bukan jadi dua hal yang terpisah, namun saling bersinergi untuk menghasilkan proses bisnis yang maksimal serta produktivitas dan efisiensi secara keseluruhan.

Efisiensi biaya

Jika suatu bisnis ingin menerapkan strategi efisiensi biaya, bekerjasama dengan perusahaan BPO profesional adalah salah satu cara untuk mencapainya. Saat perusahaan memutuskan untuk menggunakan jasa outsourcing untuk bagian tertentu yang membutuhkan investasi besar seperti kebutuhan peralatan dan teknologi yang cukup besar nilainya, maka perusahaan menghilangkan kebutuhan investasi akan peralatan dan teknologi tersebut. Perkembangan teknologi juga begitu cepat, dengan memanfaatkan outsourcing, perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan akses pada teknologi terupdate yang disediakan oleh perusahaan outsourcing, sehingga bisa memenuhi kebutuhan layanan pelanggan yang maksimal.

Meningkatkan kualitas layanan perusahaan di mata pelanggan

Perusahaan BPO profesional selalu fokus dalam pengembangan keahlian untuk suatu proses bisnis tertentu. Jadi, kualitas setiap pekerja yang dimiliki sudah tidak perlu diragukan. Selain menyediakan keahlian di bidang tertentu, perusahaan BPO profesional juga menggunakan teknologi modern agar dapat terus melayani client dengan berbagai persyaratan yang mengikuti tren bisnis masa kini. Memanfaatkan jasa outsourcing dengan penyedia BPO yang tepat membuat perusahaan Anda mendapatkan keuntungan dari segi sumber daya manusia yang ahli di bidangnya, dan juga dari segi kualitas layanan yang diberikan. Proses bisnis yang dikelola oleh perusahaan BPO yang tepat dapat diselesaikan secara cepat dan kompeten dengan penggunaan teknologi mutakhir. Image baik pun akan melekat pada perusahaan Anda di mata pelanggan.

Memilih Perusahaan Business Process Outsourcing yang Tepat untuk Perusahaan

Setelah mengetahui berbagai keuntungan yang akan didapatkan perusahaan ketika memanfaatkan Business Process Outsourcing, lalu bagaimana cara implementasi yang tepat untuk menerapkan layanannya dalam perusahaan Anda?

Untuk mendapatkan semua manfaat yang telah disebutkan, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa Anda sudah memilih partner BPO yang tepat dan terpercaya. Pelajari rekam jejaknya, latar belakang perusahaan, layanan yang disediakan, penggunaan teknologi, dan yang tidak kalah penting adalah lokasi yang dimiliki.

Anda dapat memercayakan MitraComm Ekasarana sebagai partner penyedia layanan Business Process Outsourcing yang tepat untuk perusahaan Anda. MitraComm memiliki serangkaian layanan Business Process Outsourcing terlengkap untuk perusahaan, yang diantaranya:

  • Contact Center Outsourcing (Full and Partial Outsourcing)
  • Digital Engagement
  • Transactional Process Outsourcing
  • IT Managed Services
  • Value Added Services

Saat ini, MitraComm telah bekerjasama dengan ratusan perusahaan terkemuka di Indonesia dari berbagai industri. Selain layanan BPO yang lengkap, MitraComm juga menawarkan layanan yang didukung oleh teknologi modern dan terbaik dikelasnya.

MitraComm sepenuhnya didukung oleh Phintraco Group, perusahaan penyedia solusi IT di Indonesia yang sudah melayani lebih dari 200 pelanggan dari berbagai industri dalam memberikan solusi IT terbaik guna memenuhi kebutuhan bisnis di era digital. Untuk menjamin kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan, MitraComm juga telah memiliki 8 lokasi yang berada di pusat kota Jakarta, Tangerang, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

Hampir semua perusahaan dapat memanfaatkan layanan BPO. Namun, strategi yang diperlukan untuk implementasinya tentu akan berbeda pada setiap perusahaan. Setiap perusahaan perlu merencanakan strategi pemanfaatan layanan BPO sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Segera hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan Business Process Outsourcing dari MitraComm, serta konsultasi dengan tim profesional sebelum mengambil langkah tepat guna mengimplementasikan layanan BPO untuk perusahaan Anda.

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/204652

https://searchcio.techtarget.com/definition/business-process-outsourcing

Artikel terkait:

MitraComm Business Process Services, Perusahaan Penyedia Layanan Business Process Outsourcing (BPO) di Indonesia

read more

MitraComm Ekasarana Service Office, Perusahaan Penyedia Serviced Office di Jakarta

09 July 2020    adminmitracomm    Blog

Bertepatan dengan bulan perayaan ulang tahun Phintraco Group yang selama 29 tahun berkarya dan berinovasi dalam memberikan solusi teknologi terbaik bagi perusahaan di Indonesia, kami akan menjelaskan informasi mengenai Phintraco Group. Phintraco Group saat ini telah memiliki 8 anggota perusahaan yang masing-masing memiliki fokus bisnis yang berbeda. 6 perusahaan bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi, 1 perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan jasa Broker-Dealer, dan yang terakhir bergerak di bidang property development.

Di artikel kali ini, kami akan membahas secara detail mengenai salah satu perusahaan di Phintraco Group, yaitu MitraComm Ekasarana. Sebagai informasi, MitraComm Ekasarana memiliki 3 unit bisnis yang berbeda, yaitu MitraComm Ekasarana Channel Solution (MECS) yang bergerak di bidang Layanan Transaksi Elektronik dan System Integrator didirikan pada tahun 1999, MitraComm Business Process Services (MBPS) yang bergerak di bidang Business Process Outsourcing didirikan pada tahun 2007, dan terakhir MitraComm Ekasarana Service Office (MESO) dengan nama Effist yang menyediakan layanan Serviced Office, Virtual Office, dan Meeting Rooms yang berlokasi di beberapa kawasan strategis di Jakarta dan didirikan pada tahun 2013.

Tidak hanya menyediakan solusi ICT untuk perusahaan di Indonesia saja, Phintraco Group juga ingin memenuhi aspek lainnya untuk membantu perkembangan bisnis yang tengah ditekuni oleh pelaku usaha. Maka dari itu, Phintraco Group mendirikan MitraComm Ekasarana Service Office atau biasa disingkat MESO. MitraComm Ekasarana Service Office didirikan pada tahun 2013 dengan nama Effist Suite Office sebagai perusahaan penyedia layanan Serviced Office dan memiliki total luas bangunan 3.846 m2. Phintraco Group menilai bahwa Serviced Office ini sangat cocok membantu perkembangan bisnis, terutama untuk perusahaan-perusahaan yang ingin test pasar atau sedang mengembangkan cabang.

Serviced Office memberikan banyak keuntungan dari berbagai aspek, seperti biaya yang lebih terjangkau, serta memberikan fleksibilitas untuk mengakomodasi perubahan jumlah pegawai tergantung pada kebutuhan bisnis dan kondisi pasar.

Tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki lokasi yang strategis juga sebuah impian bagi semua pengusaha demi menunjang bisnis mereka, dan tentu saja, lokasi kerja yang eksklusif juga akan semakin meningkatkan citra perusahaan itu sendiri di mata client. Jika suatu perusahaan telah memiliki citra yang baik di mata client mereka, hal ini akan mempermudah terjadinya proses bisnis. Maka dari itu, Effist Suite Office menawarkan berbagai macam produk untuk kebutuhan operasional dan pendukung bisnis seperti Virtual Office, Serviced Office, dan Executive Meeting Rooms yang terletak di wilayah pusat bisnis utama ibu kota yang terintegrasi dengan mall bergengsi di Jakarta, yaitu di 88@Kasablanka Office Tower, Kota Kasablanka dan Gandaria 8 Office Tower, Gandaria City.

Selain itu, Effist Suite Office juga dilengkapi dengan fasilitas terbaik seperti akses internet berkecepatan tinggi, 24/7 akses kantor, video conferencerelaxing business loungeself-service pantry lounge, sekaligus staf resepsionis dan customer service yang profesional.

Effist Suite Office menawarkan berbagai macam paket dan harga spesial yang akan menambah keuntungan bagi bisnis Anda. Dengan segala keuntungan ditawarkan, Effist Suite Office merupakan solusi yang tepat untuk bekerja dan mengembangkan bisnis Anda.

 

Kunjungi website resmi Effist Suite Office untuk mengetahui informasi lebih lanjut:

www.effist.com

marketing@phintraco.com

Artikel Terkait:

MitraComm Business Process Services (Business Process Outsourcing)

MitraComm Ekasarana Channel Solution (Layanan Transaksi Elektronik & System Integrator)

read more

MitraComm Business Process Services, Perusahaan Penyedia Layanan Business Process Outsourcing (BPO) di Indonesia

08 July 2020    adminmitracomm    Blog

Bertepatan dengan bulan perayaan ulang tahun Phintraco Group yang selama 29 tahun berkarya dan berinovasi dalam memberikan solusi teknologi terbaik bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia, kami akan menjelaskan informasi mengenai Phintraco Group. Phintraco Group saat ini telah memiliki 8 anggota perusahaan yang masing-masing memiliki fokus bisnis yang berbeda. 6 perusahaan bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi, 1 perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan jasa Broker-Dealer, dan yang terakhir bergerak di bidang property development.

Di artikel kali ini, kami akan membahas secara detail mengenai salah satu perusahaan di Phintraco Group, yaitu MitraComm Ekasarana.  Sebagai informasi, MitraComm Ekasarana memiliki 3 unit bisnis yang berbeda, yaitu MitraComm Ekasarana Channel Solution (MECS) yang bergerak di bidang Layanan Transaksi Elektronik dan System Integrator didirikan pada tahun 1999, MitraComm Business Process Services (MBPS) yang bergerak di bidang Business Process Outsourcing didirikan pada tahun 2007, dan terakhir MitraComm Ekasarana Service Office (MESO) dengan nama Effist yang menyediakan layanan Serviced Office, Virtual Office, dan Meeting Rooms yang berlokasi di kawasan strategis Jakarta dan didirikan pada tahun 2013.

Mari kita bahas mengenai perjalanan dari salah satu unit bisnis MitraComm Ekasarana, yaitu MitraComm Business Process Services atau biasa disingkat MBPS. MitraComm Business Process Services didirikan pada tahun 2007 sebagai perusahaan penyedia layanan Business Process Outsourcing dan Managed Services. Dengan pengalaman lebih dari 12 tahun, MitraComm sudah bekerjasama dengan lebih dari 100 perusahaan yang menjadi pemimpin industri di Indonesia dengan menyediakan beragam layanan Outsourcing, mulai dari Contact Center Outsourcing, Digital Engagement, Transactional Process Outsourcing, IT Managed Services, Value Added Services, dan lain-lain.

Sebagai informasi, saat ini MitraComm telah memiliki 8.000 agent dan akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan pelanggan. Namun, perlu diingat bahwa jumlah agent yang banyak tidak menjamin kualitas yang maksimal jika tidak dilengkapi dengan teknologi yang mumpuni. Dengan bekerjasama dengan MitraComm, Anda tidak perlu khawatir. Dalam menyediakan layanan Business Process Outsourcing, MitraComm mendapatkan dukungan penuh dari perusahaan-perusahaan di Phintraco Group yang telah menjadi perusahaan terkemuka dalam menyediakan solusi teknologi, untuk memastikan bahwa seluruh teknologi yang digunakan oleh MitraComm berkualitas baik dan selalu mengikuti tren teknologi demi mencapai kualitas agent dan layanan yang maksimal.

Hal ini terbukti dari serangkaian kesuksesan bisnis perusahaan yang bekerjasama dengan MitraComm, salah satunya adalah Halo BCA. MitraComm menyediakan layanan Full Managed Services untuk mendukung operasional Halo BCA terutama untuk bagian Contact Center nya. Dan saat ini, Halo BCA telah mencetak beragam prestasi, salah satunya adalah dinobatkan sebagai The Best Mega Contact Center di tingkat dunia.

Selain itu, sampai dengan saat ini, Mitracomm telah memiliki 4 lokasi Contact Center yang berada di kawasan strategis pusat kota Jakarta dan Semarang dengan total kapasitas lebih 4000 seats. Selain itu, MitraComm juga memiliki kantor representatif di kota Tangerang, Surabaya, dan Yogyakarta. Pemilihan lokasi strategis ini bertujuan untuk memberi lebih banyak keuntungan bagi para perusahaan yang bekerjasama dengan MitraComm. MitraComm Business Process Services juga telah memiliki sertifikasi ISO 9001:2015 sebagai bukti kredibilitas serta jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.

Di bulan yang sangat istimewa bagi Phintraco Group, kami berharap agar MitraComm Business Process Services akan selalu mencapai kesuksesan yang berkelanjutan, terutama dalam membantu kesuksesan bisnis perusahaan di Indonesia dengan beragam layanan Business Process Outsourcing dan Managed Services yang ditawarkan.  

#TransformtheFuture!

Artikel terkait:

MitraComm Ekasarana Channel Services

MitraComm Ekasarana Service Office

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

read more

MitraComm Ekasarana Channel Solution, Perusahaan Penyedia Layanan Transaksi Elektronik dan System Integrator

07 July 2020    adminmitracomm    Blog

Bertepatan dengan bulan perayaan ulang tahun Phintraco Group yang selama 29 tahun berkarya dan berinovasi dalam memberikan solusi teknologi terbaik bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia, kami akan menjelaskan informasi mengenai Phintraco Group. Phintraco Group saat ini telah memiliki 8 anggota perusahaan yang masing-masing memiliki fokus bisnis yang berbeda. 6 perusahaan bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi, 1 perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan jasa Broker-Dealer, dan yang terakhir bergerak di bidang property development.

Di artikel kali ini, kami akan membahas secara detail mengenai salah satu perusahaan di Phintraco Group, yaitu MitraComm Ekasarana.  Sebagai informasi, MitraComm Ekasarana memiliki 3 unit bisnis yang berbeda, yaitu MitraComm Ekasarana Channel Solution (MECS) yang bergerak di bidang Layanan Transaksi Elektronik dan System Integrator didirikan pada tahun 1999, MitraComm Business Process Services (MBPS) yang bergerak di bidang Business Process Outsourcing didirikan pada tahun 2007, dan terakhir MitraComm Ekasarana Service Office (MESO) dengan nama Effist yang menyediakan layanan Serviced Office, Virtual Office, dan Meeting Rooms yang berlokasi di beberapa kawasan strategis di Jakarta dan didirikan pada tahun 2013.

Mari kita bahas mengenai perjalanan dari salah satu unit bisnis MitraComm Ekasarana, yaitu MitraComm Ekasarana Channel Solution atau biasa disingkat MECS. MitraComm Ekasarana Channel Solution sudah berdiri sejak tahun 1999 dan fokus untuk menyediakan layanan transaksi elektronik dan system integrator. Secara lebih detail, MitraComm menyediakan layanan untuk e-Reload Services, Switcher & Biller Aggregator, Mobile Banking Solution, e-Commerce Payment Gateway, SMS & USSD Gateway Services, Switching Gateway for Various Needs, e-Money solution, dan layanan solusi IT lainnya. Selain itu, MitraComm juga memiliki aplikasi pembayaran elektronik bernama MitraBayar. MitraBayar memudahkan masyarakat untuk membayar berbagai tagihan melalui smartphone mereka.

Untuk layanan Biller, MitraComm menyediakan berbagai produk Biller seperti Pulsa (untuk semua provider), BPJS, PLN, PDAM, Pajak (PBB dan pajak daerah lainnya), Samsat Online Nasional, dan masih banyak lagi.

Seluruh layanan yang ditawarkan oleh MitraComm terjamin kualitasnya karena dilandasi dengan Visi dan Misi yang selalu mengiringi setiap kinerja yang diterapkan oleh seluruh karyawan, serta dukungan beragam teknologi mutakhir yang mampu membantu bisnis pelanggan berkembang secara signifikan.

Saat ini, MitraComm telah bekerjasama dengan lebih dari 40 bank nasional dan internasional seperti Mandiri, BCA, BNI, BRI, BTN, BNI, serta bank lainnya. MitraComm juga bekerjasama dengan modern channel seperti Indomaret dan Alfamart. Untuk e-Commerce, MitraComm telah bekerjasama dengan Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan lain-lain. Selain bank, modern channel dan e-Commerce, MitraComm juga telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan Fintech seperti OVO, LinkAja dan juga mitra PPOB.

Selain itu, MitraComm Ekasarana Channel Solution telah meraih sertifikasi ISO 27001:2013 sebagai bukti penerapan standar keamanan informasi terbaik yang didukung oleh penilaian yang independen dari para ahli dan mampu menjaga kerahasiaan, integritas, ketersediaan informasi serta mengendalikan risiko keamanan informasi pada perusahaan.

Di bulan yang sangat istimewa bagi Phintraco Group, kami berharap agar MitraComm Ekasarana Channel Solution akan semakin berkembang menjadi perusahaan penyedia layanan transaksi elektronik dan system integrator yang unggul dan terbaik di kelasnya. Selalu inovatif dalam memberikan solusi teknologi terbaik kepada pelanggan dan mengantar bisnis seluruh pelanggan menuju kesuksesan.

#TransformtheFuture!

 

Artikel terkait:

MitraComm Ekasarana Business Process Services

MitraComm Ekasarana Service Office

read more

Beralih ke Serviced Office, Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa?

02 June 2020    adminmitracomm    Blog

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pelaku usaha yang diberatkan dengan sulitnya proses sewa dan besarnya biaya operasional untuk gedung perkantoran yang mereka gunakan. Seiring berjalannya waktu, sekarang terdapat jenis perkantoran baru, yaitu Serviced Office. Perkembangan Serviced Office saat ini semakin pesat, seiring dengan meningkatnya kebutuhan pelaku usaha yang ingin mengurangi biaya operasional perusahaan menjadi lebih rendah, dan proses sewa yang relatif mudah.

Mengapa banyak pelaku usaha beralih memilih Serviced Office?

Serviced office adalah sebuah layanan di mana pelaku usaha menyewa kantor yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dalam jangka waktu tertentu. Dengan beralih ke Serviced Office, pemilik usaha akan menerima banyak keuntungan, di antaranya adalah proses sewa yang praktis, lokasi strategis, penyewaan ruang kantor dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, berkurangnya pengeluaran biaya operasional, dan fasilitas gedung kantor yang lengkap.

Apa yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menyewa Serviced Office?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak pelaku usaha beralih menggunakan Serviced Office karena menawarkan banyak keuntungan bagi mereka. Hal yang menguntungkan itulah yang menjadi faktor penentu bagi kualitas penyedia Serviced Office, pelaku usaha harus memperhatikan apakah penyedia Serviced Office tersebut dapat memenuhi semua keuntungan yang ada.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menyewa Serviced Office terbaik:

1. Fasilitas Kelengkapan Kantor

Sebuah Serviced Office harus memberikan fasilitas peralatan dan kelengkapan kerja yang terbaik di kelasnya karena fasilitas Serviced Office yang lengkap secara tidak langsung akan membantu meningkatkan produktivitas bisnis para pelaku usaha.

2. Lokasi

Pelaku Bisnis harus memilih lokasi penyewaan Serviced Office yang strategis. Lokasi yang strategis  sebaiknya mempertimbangkan akses jalan, akses parkir, dan juga merupakan pusat bisnis. Memiliki lokasi kantor yang terletak di wilayah pusat bisnis akan menambah citra positif perusahaan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.

 3. Biaya

Saat ini banyak sekali penyedia Serviced Office di pusat ibu kota Jakarta dan harganya pun beragam. Maka dari itu, pelaku usaha harus pintar memilih Serviced Office, terutama yang dapat memberikan harga sesuai dengan kualitas dan nilai tambah untuk pelaku usaha.

Untuk memfasilitasi para pelaku usaha menjalankan bisnis yang lebih efektif, Phintraco Group menyediakan layanan sewa kantor terbaik yang biasa disebut dengan Effist Suite Office.

Effist Suite Office terletak di gedung perkantoran paling bergengsi di wilayah pusat bisnis utama ibu kota yang terintegrasi dengan mall bergengsi di Jakarta, yaitu di 88@Kasablanka Office Tower, Kota Kasablanka dan Gandaria8 Office Tower,  Gandaria City.

Effist Suite Office menyediakan beberapa pilihan, yaitu Serviced Offices, Sharing Offices, Virtual Offices, dan Executive Meeting Rooms. Selain itu Effist Suite Office dilengkapi dengan fasilitas terbaik, di antaranya adalah akses internet berkecepatan tinggi, 24/7 akses kantor, video conference, relaxing business loungeself-service cafetaria, sekaligus staf resepsionis dan customer service yang profesional.

Selain itu, Effist Suite Office menawarkan berbagai macam paket dan harga spesial yang akan menambah keuntungan bagi bisnis Anda. Dengan segala keuntungan ditawarkan, Effist Suite Office merupakan solusi yang tepat untuk bekerja dan mengembangkan bisnis Anda.

Kunjungi website resmi Effist Suite Office untuk mengetahui informasi lebih lanjut:

www.effist.com

marketing@phintraco.com

read more

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Perusahaan Contact Center Outsourcing

18 May 2020    admin    Blog

Jumlah pelanggan yang terus meningkat harus diikuti dengan layanan yang berkualitas. Kehadiran call center, atau yang kita sebut contact center saat ini sangat diperlukan, karena banyak pelanggan yang menilai seberapa baik kualitas sebuah perusahaan berdasarkan layanan contact center yang dimiliki. Apakah saat ini perusahaan Anda sedang membutuhkan layanan contact center? Jika iya, pastinya saat ini Anda sedang mencari solusi terjangkau untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Langkah utama yang bisa Anda lakukan adalah mencari penyedia jasa pihak ketiga, atau yang biasa dikenal sebagai BPO (Business Process Outsourcing). Menggunakan jasa BPO dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi bisnis Anda, seperti penghematan biaya, dan kualitas serta efisiensi yang lebih baik. Namun, jika tidak berhati-hati dalam memilih perusahaan BPO yang tepat, maka manfaat luar biasa tersebut tidak akan Anda dapatkan. Penting untuk diingat bahwa tidak semua BPO menyediakan layanan yang sama dan berkualitas. Ada beberapa faktor yang perlu diingat ketika memilih BPO yang tepat untuk bisnis Anda. Bagaimana cara memastikan bahwa Anda telah memilih partner outsourcing yang tepat? Jika Anda mempertimbangkan 4 hal berikut ini, dapat dipastikan Anda telah membuat pilihan yang sempurna. Ketahui rekam jejak perusahaan Saat ini banyak sekali perusahaan BPO yang menawarkan jasa contact center outsourcing. Namun, tidak semua memiliki pengalaman dan reputasi yang memadai, itu sebabnya Anda harus mengetahui rekam jejak setiap kandidat partner outsourcing. Contohnya, ketahui perusahaan dari industri mana saja yang sudah bekerjasama dengan mereka. Perusahaan outsourcing yang sudah berpengalaman akan menawarkan layanan yang lebih baik. Layanan yang ditawarkan Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan ketika memilih perusahaan contact center outsourcing adalah layanan yang mereka tawarkan. Beberapa perusahaan berspesialisasi dalam layanan inbound, sementara yang lain adalah spesialis outbound. Anda mungkin ingin bermitra dengan perusahaan yang memiliki layanan keduanya atau bahkan yang lebih lengkap. Ketika bisnis Anda berkembang, mungkin saja nanti Anda memutuskan untuk menambahkan layanan, dan Anda ingin partner Anda dapat menyesuaikannya. Perusahaan contact center outsourcing yang menawarkan beragam pilihan layanan harus dijadikan pilihan utama, karena mereka dapat mendukung setiap perkembangan bisnis Anda. Teknologi Salah satu alasan menggunakan jasa contact center outsourcing adalah untuk mendapatkan akses ke teknologi yang mumpuni. Jika sebuah perusahaan BPO masih menggunakan teknologi lama dan tidak mengikuti tren teknologi terbaru, Anda harus mempertimbangkan kembali pilihan Anda. Memilih partner yang menggunakan teknologi contact center terbaru dan berkualitas akan memungkinkan Anda memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Lokasi contact center Mungkin Anda tidak terlalu memikirkan dimana lokasi partner contact center outsourcing Anda berada, namun seharusnya ini adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Memiliki partner yang memiliki lokasi-lokasi strategis akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan Anda. Jika perusahaan Anda sedang mencari partner perusahaan contact center outsourcing yang memiliki seluruh kriteria di atas, Anda berada di tempat yang tepat. PT MitraComm Ekasarana, yang merupakan sister company dari Phintraco Group, menyediakan layanan Business Process Outsourcing untuk Contact Center kelas dunia. Dengan pengalaman lebih dari 12 tahun, PT MitraComm Ekasarana sudah bekerjasama dengan lebih dari 100 perusahaan yang menjadi pemimpin industri. PT MitraComm Ekasarana menawarkan layanan outsourcing terlengkap dengan beragam teknologi kelas dunia, karena didukung oleh Phintraco Group, perusahaan IT terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan dan solusi IT end-to-end. Selain itu, sampai dengan saat ini, PT MitraComm Ekasarana telah memiliki 8 lokasi contact center, yang berada di pusat kota Jakarta, Tangerang, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Pilih PT MitraComm Ekasarana sebagai partner penyedia layanan contact center outsourcing untuk perusahaan Anda dan berikan pengalaman pelanggan terbaik untuk pelanggan. Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com Artikel terkait: http://www.phintraco.com/manfaat-menggunakan-jasa-contact-center-outsourcing-bagi-perusahaan/

read more

Mengenal SMS Gateway, Solusi Cerdas untuk Strategi Bisnis

13 May 2020    adminmitracomm    Blog

SMS Gateway merupakan sebuah komunikasi dua arah melalui platform yang menyediakan mekanisme untuk mengirim dan menerima SMS dari perangkat mobile (HP / Smartphone). SMS Gateway dapat dimanfaatkan untuk keperluan seperti melakukan polling SMS, transaksi terhadap sistem, pemantauan, maupun untuk memberi nilai tambah terhadap perusahaan dengan melakukan peningkatan kualitas pelayanan pelanggan dan konsumen, dan fungsi lainnya adalah, solusi SMS gateway ini dapat dijadikan solusi cerdas untuk strategi pemasaran. Mungkin Anda bertanya-tanya, di antara banyaknya teknologi yang lebih modern, mengapa para pebisnis perlu menggunakan solusi SMS gateway untuk strategi bisnis mereka? Bukankah SMS sudah dianggap kuno bagi sebagian orang? Namun, jika metode SMS sudah benar-benar kuno, mengapa kita masih sering menerima SMS yang berisi promosi maupun informasi lain dari berbagai perusahaan? Mengapa mereka masih menggunakan metode SMS agar selangkah lebih dekat dengan pelanggan? Apa saja kelebihan memilih solusi SMS gateway sebagai strategi bisnis dibanding solusi lainnya? Berikut adalah pemaparannya:

1.     Prosesnya yang cepat

Metode SMS ini dapat dilakukan dalam hitungan menit. Proses pembuatan kontennya pun cepat, dalam membuat konten pesan atau teks yang Anda ingin sampaikan, hanya perlu merangkai kata-kata yang to the point. Anda tidak perlu repot membuat konten dalam bentuk yang rumit, hanya berupa kata-kata singkat yang berisi terkait informasi maupun penawaran Anda. Tidak seperti metode pemberitahuan maupun pemasaran zaman sekarang yang sering kita jumpai di media, yang perlu perencanaan cukup lama mulai dari mengumpulkan ide hingga eksekusi dan penempatan informasi itu sendiri.

2.     Kompatibel di segala jenis ponsel

Hingga saat ini, mungkin saja masih banyak orang yang menggunakan ponsel tradisional, bukan ponsel pintar atau smartphone. Jika Anda ingin menargetkan strategi pemberian informasi maupun penawaran untuk pelanggan dari segala usia, solusi SMS gateway ini sangat cocok bagi Anda. Pada dasarnya SMS dapat diterima di perangkat manapun, bisa di ponsel tradisional maupun ponsel pintar.

3.     Hemat biaya

Tidak seperti metode lainnya yang cenderung membutuhkan biaya besar, dengan memanfaatkan teknologi SMS Gateway untuk strategi bisnis Anda, Anda dapat lebih menghemat biaya. Anda bisa bandingkan dengan biaya pembuatan dan pemasangan iklan di media, baliho, atau pencetakan brosur yang membutuhkan biaya desain pula. Di Indonesia, mungkin banyak perusahaan yang menawarkan solusi teknologi SMS Gateway ini untuk perusahaan Anda. Namun, Anda harus cermat dalam memilihnya. Karena tidak semua memiliki layanan dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masa kini. MitraComm Ekasarana Channel Solution, atau yang lebih dikenal MitraComm, adalah perusahaan penyedia penyedia solusi teknologi dan sistem integrator yang sudah berdiri sejak tahun 1999, hadir dengan solusi SMS Gateway terbaik di Indonesia. MitraComm adalah penyedia layanan SMS Gateway terbaik, karena MitraComm memiliki koneksi langsung ke semua perusahaan Telekomunikasi di Indonesia. Solusi SMS gateway yang MitraComm berikan meliputi SMS Banking, Push & Pull SMS, SMS Broadcast / Bulk SMS, SMS online transaction, SMS Advertising seperti Location Based Advertising, Contextual Advertising, Targeted SMS, SMS Interactive Services, dan lain-lain. MitraComm juga memberikan berbagai keuntungan lain bagi pelanggannya, diantaranya adalah tim yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam memberikan berbagai solusi teknologi untuk perusahaan dari berbagai industri, mulai dari Perbankan, Asuransi, FMCG, PPOB, Perusahaan Startup dan lain-lain. Selain itu, MitraComm juga menyediakan Monitoring Support yang beroperasi 24/7. Untuk dapat merasakan manfaat yang sangat besar dari adanya layanan SMS Gateway sebagai solusi cerdas untuk strategi bisnis, silahkan hubungi tim kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.   Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com www.mitracomm.com  

read more

Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Aplikasi Mobile

06 May 2020    adminmitracomm    Blog

Sudah kita ketahui bahwa di era modern saat ini, hampir setiap orang menggunakan perangkat mobile. Semua aktivitas dilakukan melalui perangkat mobile, karena penggunaannya dianggap praktis bagi setiap orang yang memiliki banyak kesibukan setiap harinya. Bagi perusahaan, memanfaatkan teknologi yang ada untuk meraih nilai tambah bagi bisnis adalah sebuah keharusan. Salah satunya adalah memanfaatkan tren teknologi aplikasi mobile. Lalu, apa saja alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan aplikasi mobile? Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan aplikasi mobile:

1.               Semua orang suka menggunakan perangkat mobile

Meningkatnya pengguna perangkat mobile di seluruh dunia memberikan peluang pemasaran yang luar biasa bagi bisnis dengan memanfaatkan aplikasi mobile. Dengan memiliki aplikasi mobile, Anda dapat memberikan fasilitas kemudahan bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan “brand” Anda, karena mereka dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja.

2.               Membangun brand awareness

Aplikasi mobile untuk bisnis dapat berkontribusi besar terhadap brand awareness, dengan cara membuat aplikasi yang memiliki fitur yang bisa disukai oleh banyak pelanggan. Aplikasi mobile juga harus didesain dengan baik dan well-branded. Dalam hal ini, Anda harus memilih penyedia solusi aplikasi yang benar-benar bisa merancang aplikasi mobile sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

3.               Meningkatkan interaksi antara perusahaan dan pelanggan

Salah satu manfaat terbesar dari aplikasi mobile adalah perusahaan bisa memberikan semua informasi mengenai produk, jasa, dan promosi khusus yang ingin disampaikan kepada pelanggan dalam satu genggaman. Dengan adanya fitur notifikasi, interaksi langsung antara perusahaan dan pelanggan semakin terbuka lebar dan juga perusahaan dapat lebih mudah mengingatkan pelanggan tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

4.               Alat pemasaran yang efektif

Aplikasi mobile dapat memberi pengetahuan mendalam tentang aktivitas pelanggan Anda, seperti demografi, retensi pelanggan, total pengunjung, dan lain lain. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, maka Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang efektif berdasarkan hasil dari aktivitas pelanggan saat menggunakan aplikasi tersebut. Setelah mengetahui alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan aplikasi mobile, sudahkah Anda terfikirkan untuk segera memilikinya? MitraComm Ekasarana Channel Solution atau MitraComm, perusahaan penyedia solusi teknologi dan sistem integrator yang sudah berdiri sejak tahun 1999, hadir dengan solusi aplikasi mobile yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Solusi aplikasi mobile dari MitraComm mencakup beragam layanan seperti aplikasi mobile untuk semua platform, aplikasi mobile bisnis untuk pengguna internal di seluruh segmen bisnis, aplikasi bank mobile, aplikasi pemasaran berbasis mobile, dan lain lain. Sebagai perusahaan penyedia layanan teknologi yang sudah berdiri sejak tahun 1999, MitraComm memiliki tim yang inovatif dan sudah berpengalaman, sehingga segala solusi aplikasi mobile yang diberikan dapat benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Solusi dari MitraComm ini juga mencakup segala aspek pengembangan aplikasi, mulai dari proses coding hingga Integrasi API. MitraComm juga sudah selangkah lebih maju dengan terlibat dalam pengembangan aplikasi khusus untuk berbagai platform seperti Android dan iOS. Di era digital seperti sekarang, memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk terhubung dengan bisnis Anda melalui aplikasi mobile adalah suatu keharusan. Aplikasi harus dibuat menarik, menyediakan banyak fitur yang memudahkan pelanggan bertransaksi, dan tentunya memberi banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Teruslah tingkatkan produk dan layanan Anda, jangan pernah berhenti untuk bereksperimen dengan tren teknologi baru untuk mendapatkan pelanggan yang loyal dan hubungan jangka panjang.   Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com  www.mitracomm.com

read more

Manfaat Menggunakan Jasa Contact Center Outsourcing Bagi Perusahaan

30 September 2019    admin    Blog

Contact Center adalah elemen penting untuk layanan pelanggan, dan pelanggan adalah aset penting bagi semua perusahaan. Memiliki layanan Contact Center yang berkualitas adalah faktor penting untuk meraih kesuksesan bisnis. Mencari tenaga kerja yang mahir untuk menangani pelanggan bukanlah hal mudah, dan masih banyak faktor lainnya yang menyulitkan perusahaan. Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan saat ini, memilih untuk menggunakan jasa Contact Center Outsourcing. Mengapa harus mempertimbangkan untuk bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa Contact Center Outsourcing? Contact Center Outsourcing saat ini sudah menjadi pilihan umum untuk para pelaku bisnis karena banyak perusahaan mengakui bahwa menggunakan jasa Contact Center Outsourcing memberikan banyak manfaat dan keuntungan, baik dalam segi fleksibilitas, peningkatan produktivitas, dan mengurangi biaya pengeluaran perusahaan. Bagi anda yang berencana untuk menggunakan jasa Contact Center Outsourcing, artikel ini akan membantu anda menemukan apa saja keuntungan menggunakan jasa Contact Center Outsourcing untuk perusahaan anda. Berikut keuntungannya: Lebih efisien Dengan menggunakan jasa Contact Center Outsourcing, anda dapat lebih fokus pada operasional bisnis utama perusahaan anda, seperti dalam hal produksi, penjualan, dan kegiatan lainnya yang memiliki pengaruh besar untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. Mendapatkan pekerja yang ahli dan berkualitas Hal yang paling menguntungkan dari menggunakan jasa Contact Center Outsourcing adalah anda akan mendapatkan pekerja atau agent contact center yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk dapat menangani pekerjaan yang berkaitan dengan layanan pelanggan. Pada umumnya perusahaan yang menyediakan jasa Contact Center Outsourcing memiliki tenaga kerja yang sudah tidak diragukan lagi keahliannya dalam menangani pelanggan. Membantu bisnis menjadi lebih berkembang Penyedia jasa Contact Center Outsourcing yang baik dapat membantu perusahaan anda mengembangkan bisnis anda, dengan menyediakan waktu yang fleksibel. Sebuah penyedia jasa Contact Center Outsourcing menawarkan layanan 24 jam dalam seminggu, yang mana akan sangat membantu layanan anda kepada pelanggan. Anda tidak lagi bergantung pada jam kerja perusahaan untuk melayani pelanggan anda. Citra baik ini tentunya akan melekat pada perusahaan anda, dan akan meningkatkan layanan anda. Pelanggan merasa puas dengan layanan terbaik yang diberikan kapan saja tanpa batasan waktu. Hemat Biaya Berdasarkan fakta yang ada, perusahaan akan menghemat biaya pengeluaran dengan menggunakan jasa outsourcing. Contohnya, anda dapat mengurangi biaya operasi yang terkait dengan urusan kepegawaian karena penyedia jasa outsourcing akan secara mandiri mengelola agent dan infrastruktur contact center nya. Dengan begitu, anda dapat menghemat biaya untuk keperluan bisnis yang lainnya. Meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan Jika perusahaan anda memiliki layanan pelanggan yang ditangani oleh ahlinya, pelanggan akan memberikan kesan yang positif karena merasa semua kebutuhannya terpenuhi. Perusahaan jasa Contact Center Outsourcing dapat meningkatkan respon layanan anda terhadap pelanggan secara efektif walaupun dengan jumlah panggilan yang sangat banyak. Agent yang sudah ahli tidak memerlukan banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang berkaitan dengan kebutuhan pelanggan. Faktor-faktor ini lah yang akan meningkatkan kepuasan pelanggan anda secara signifikan. Tentu saja, anda akan mendapatkan semua keuntungan dari memanfaatkan jasa Contact Center Outsourcing jika bekerjasama dengan perusahaan yang tepat. Salah satu anak perusahaan Phintraco Group, yaitu MitraComm Business Process Services (MBPS), adalah salah satu perusahaan penyedia jasa Contact Center Outsourcing terbaik di Indonesia. Bekerjasama dengan MBPS akan memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan anda. Keuntungannya antara lain: Bisnis yang anda jalani bisa fokus pada bidang bisnis utama, meningkatkan produktivitas, mengembangkan layanan kepada pelanggan, pendapatan bisnis yang meningkat, dan tetap mempertahankan kualitas layanan terbaik kepada pelanggan. MBPS memiliki tenaga kerja yang sudah berpengalaman di bidangnya. MBPS memiliki layanan contact center, Infrastruktur, dan Service Level Agreement (SLA) dengan standar tinggi untuk mencapai kualitas maksimal dari Customer Satisfaction Index (CSI). Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com

read more

9 Kualitas Terbaik dari Kesuksesan Agent Call Center

16 November 2017    admin    Blog

Mempekerjakan agent call center yang sangat baik sama pentingnya dengan mempunyai software call center yang tepat. Kandidat dapat dilihat berdasarkan berbagai kriteria, seperti kepribadian, keterampilan, kecocokan dan motivasi, selama proses perekrutan. Terkait dengan hal itu, berikut adalah 9 Kualitas Terbaik dari Kesuksesan Agent Call Center: Knowledge Retention Misi agent call center adalah memberikan kualitas terbaik kepada pelanggan. Untuk mencapai hal ini, mereka harus bisa belajar dan menghafal sejumlah informasi tentang perusahaan Anda. Hal ini agar mereka mengetahui seluk beluk produk atau layanan Anda dan mengikuti filosofi brand Anda. Jika kandidat Anda bukan tipe yang bisa cepat belajar dan menyimpan informasi, maka hal tersebut akan memberikan dampak negatif pada pelayanan Anda. Attention to Detail Menjadi agent call center terkadang monoton. Mereka sering menjawab pertanyaan yang sama dan menerima keluhan yang sama dari hari ke hari. Bahayanya adalah bahwa mereka bisa menjadi cepat puas dengan hasil yang ada. Agent call center yang terlibat dalam hal ini cenderung berasumsi bahwa mereka memahami masalah pelanggan tanpa mencari klarifikasi dan cenderung menawarkan respons yang cepat. Faktanya pun konsumen mengatakan bahwa rata-rata agent call center hanya menjawab pertanyaan mereka sebesar 50 persen. Maka dari itu, pastikan bahwa agent Anda dapat memecahkan masalah sesuai dengan keinginan konsumen, sebelum mengakhiri panggilan. Selama perekrutan, pastikan juga bahwa kandidat Anda merupakan seseorang yang mampu memperhatikan sesuatu secara rinci. Organization Agent call center yang sibuk bekerja haruslah terorganisir. Mereka harus bisa menghandle banyak tugas, sambil memperhatikan kebutuhan pelanggan. Dengan terorganisir akan membantu mengurangi kesalahan selama proses kerja, memastikan bahwa mereka menyelesaikan panggilan secara efisien dan memungkinkan mereka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara lebih efektif. Flexibility Agent call center tidak hanya sibuk menangani panggilan dari puluhan pelanggan perharinya, namun juga diperlukan kemampuan dalam berinteraksi dengan pelanggan yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Untuk memastikan agar agent Anda cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda yang beragam, pekerjakanlah agent yang bisa go with the flow. Selain itu, Anda juga mungkin perlu beberapa agent yang bekerja penuh dengan tantangan, seperti bekerja di hari libur, malam hari dan akhir pekan. Fleksibilitas adalah kunci. Friendly Agent call center adalah garis depan di perusahaan Anda. Pastikan mereka dapat ramah dan hangat kepada pelanggan. Mereka juga harus dapat secara konsisten mempertahankan sikap positifnya tersebut dan menjaga senyum di wajah mereka dari hari ke hari. Saat merekrut, pastikan Anda menumbuhkan budaya yang mendorong keramahan. Calm Under Pressure Seorang agent call center yang baik adalah tidak mudah bingung. Beberapa orang berpendapat bahwa ini adalah salah satu pekerjaan terberat yang harus dijaga, karena jumlah penelepon yang terus bertambah setiap harinya. Agent yang baik akan tetap tenang saat seseorang meneriaki mereka melalui telepon. Terkait hal ini, selama proses perekrutan penting bagi Anda untuk menanyakan kepada kandidiat Anda bagaimana mereka menangani tekanan. Effective Communication Skills Karena tugas agent call center adalah berkomunikasi dengan pelanggan, maka mereka harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Komunikasi di sini tidak hanya berarti berbicara, namun komunikasi yang efektif juga harus mampu mencerna informasi dan menyampaikan solusi dengan cepat dan efektif. Jika mereka bisa berkomunikasi secara efektif, hal ini akan menjadi pertanda yang baik bagi kualitas layanan Anda. Speed Agent call center yang berkualitas harus cepat dan efisien. Mereka harus bekerja dengan cepat tanpa mengorbankan kualitas pekerjaan mereka. Hal penting yang dapat diingat adalah semakin banyak penelepon yang dapat ditangani agent, maka sedikit agent yang Anda perlukan agar pusat panggilan Anda tetap berjalan dengan lancar. Creativity Agent yang kuat haruslah kreatif. Mereka harus bisa menemukan solusi yang bisa diterapkan untuk masalah yang dilontarkan. Penting bagi mereka untuk kreatif karena hal ini akan membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan penelepon dengan cara yang terbaik.

read more

Mengapa Call Center Itu Penting?

21 April 2017    admin    Blog

Menurut Wikipedia, call center merupakan suatu infrastruktur perusahaan yang terpusat untuk menerima dan mengirimkan sejumlah besar permintaan melalui telepon. Call center di sebuah perusahaan pun biasanya digunakan untuk berinteraksi dengan para pelanggan. Mengapa call center itu penting? Call center itu penting untuk mencapai efisiensi sebuah bisnis, penjualan yang lebih besar, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan menggunakan call center agar dapat menghubungi pihak perusahaan dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka dengan cepat. Menurut Pittsburgh Business Time, pentingnya sebuah call center sangat bervariasi tergantung pada industri itu sendiri. Di industri dimana customer service dan volume panggilan yang tinggi adalah sesuatu yang diharapkan. Call center dapat menertibkan kekacauan yang terjadi. Ketika perusahaan mengembangkan call center secara efisien, maka tingkat keberhasilan yang lebih tinggi pun cenderung terjadi. Tidak hanya bisnis yang besar saja, namun bisnis yang kecil juga bisa menggunakan layanan call center untuk menangani panggilan pelanggan, dan call center dapat menghubungi pelanggan yang ada pada saat ini dan calon pelanggan melalui telepon dan email atas nama perusahaan. Agen call center dapat membantu membangun brand awareness sebuah perusahaan dan membantu perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif atas bisnis yang layanan call center-nya masih kurang. Tanpa call center, banyak perusahaan yang akan kesulitan dalam menarik dan melayani pelanggan. Pihak perusahaan di call center pun diharapkan dapat mengatasi isu pelanggan dengan konflik-konflik yang ada dengan cara mencari solusinya. Dalam situasi yang sulit, pelanggan pun diharapkan dapat menerima bantuan langsung dari call center. Ketika pelanggan mempunyai pengalaman yang baik dengan call center di sebuah perusahaan, maka mereka akan menjadi seorang pelanggan yang setia. Meskipun pada saat ini bantuan secara online sedang berkembang, namun bantuan secara langsung melalui telepon adalah jauh lebih pribadi dan dihargai oleh pelanggan Anda tentunya. Bagaimanakah menurut pendapat Anda mengenai call center? Membangun call center yang baik dari segi kualitas dapat membantu perusahaan dalam menarik dan memuaskan pelanggan, bukan? Sumber: https://www.reference.com/business-finance/call-centers-important-4fb3006b03183093#

read more

Phintraco Group Berpatisipasi di Ajang The Best Contact Center Indonesia 2020

19 October 2020    admin    Event

19 November 2020 – Phintraco Group berpartisipasi di ajang tahunan yang diadakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA) bertajuk “The Best Contact Center Indonesia 2020” melalui dua anak perusahaannya, MitraComm Ekasarana dan Phintraco Technology sebagai salah satu sponsor dan panelis. Meski diadakan secara virtual karena masih dalam situasi pandemi, tidak mengurangi antusias seluruh peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan acara ini, mulai dari tahap kompetisi hingga acara contact center conference. Ajang The Best Contact Center Indonesia mengadakan kompetisi yang dapat diikuti peserta dalam 3 kategori: kategori individual, teamwork, dan korporat. Kompetisi ini diikuti oleh lebih dari 52 instansi, baik lembaga pemerintah, badan publik, dan perusahaan swasta di Indonesia dengan total 265 peserta dan 122 pemenang. Sejalan dengan tujuan acara, yaitu untuk meningkatkan peranan contact center dan customer service terhadap kualitas layanan pelanggan, kegiatan contact center conference di ajang The Best Contact Center Indonesia 2020 ini menghadirkan 10 pembicara profesional, praktisi contact center, konsultan contact center dari berbagai perusahaan dan penyedia solusi contact center, yang salah satunya adalah perwakilan dari MitraComm Ekasarana, anak perusahaan Phintraco Group. Wibowo Putra selaku Sales Manager mewakili Phintraco Group, menyampaikan pemaparannya tentang “Toward Irreplaceable Services” di ajang ICCA 2020 Contact Center Conference. Materi ini membahas mengenai kondisi contact center Indonesia secara keseluruhan, seperti perkembangannya dan juga berbagai tantangan yang saat ini sedang dihadapi dunia contact center. MitraComm Ekasarana sebagai perusahaan BPO di Indonesia, sangat memahami akan kondisi, perkembangan dan tantangan yang dihadapi dalam dunia contact center. MitraComm senantiasa berperan dalam memberikan solusi dan layanan terbaiknya untuk contact center dengan memastikan seluruh solusi dan layanan yang diberikan selalu mengikuti perkembangan teknologi, memenuhi kebutuhan dan ekspektasi client yang terus berkembang, mengikuti perubahan customer behavior, serta memastikan agent dan karyawan yang bekerja juga mengikuti perkembangan teknologi. Sebagai perusahaan penyedia solusi contact center, MitraComm Ekasarana dan Phintraco Technology berharap dengan adanya kontribusi perusahaan dalam ajang The Best Contact Center Indonesia 2020, akan memberikan semangat baru untuk seluruh praktisi contact center agar perkembangan contact center Indonesia akan jauh lebih baik, dan akan semakin memberi kesadaran kepada pelaku industri tentang pentingnya memiliki contact center yang dapat diandalkan. Terutama, saat ini contact center menjadi sangat penting perannya, karena menjadi garda terdepan untuk perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan, serta menjadi salah satu pendukung kinerja perusahaan di masa krisis. MitraComm Ekasarana dan Phintraco Technology siap membantu perusahaan untuk meningkatkan kualitas contact center dengan menyediakan solusi dan layanan terbaiknya yang dapat disesuaikan dengan seluruh kebutuhan client. Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com

read more

Dukung Perusahaan untuk Tetap Berinovasi di Tengah Ketidakpastian, Phintraco Group Turut Berpartisipasi dalam Indonesia Knowledge Forum IX – 2020

06 October 2020    admin    Event

6 Oktober 2020 – Hari ini, Phintraco Group kembali berpartisipasi dalam ajang tahunan Indonesia Knowledge Forum (IKF) IX – 2020 yang diselenggarakan oleh BCA Learning Service. Pelaksanaan Indonesia Knowledge Forum tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana tahun ini acara dilaksanakan secara virtual, mengingat kondisi Indonesia saat ini masih dalam situasi pandemi.

Pelaksanaan IKF IX – 2020 mengusung tema “Business Revamp: Overcoming Uncertainty through Knowledge”, yang diharapkan IKF XI – 2020 ini dapat menjadi media pembelajaran bagi perusahaan, pengusaha, dan pekerja profesional untuk saling berbagi pengetahuan dalam membangun kembali kekuatan ekonomi Indonesia, dengan cara melakukan inovasi baru guna mempertahankan dan membangkitkan nilai bisnis.

Sebagai perusahaan penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, Phintraco Group turut mendukung kesuksesan acara Indonesia Knowledge Forum IX – 2020 dengan berpartisipasi sebagai salah satu exhibitor. Phintraco Group menampilkan dan mendemonstrasikan produk dan solusi dari 4 anak perusahaannya yang bergerak dalam bidang IT, yaitu Phintraco Technology untuk solusi IT Infrastructure dan Contact Center, MitraComm Ekasarana untuk berbagai solusi Business Process Services yang salah satunya adalah Contact Center Outsourcing, Aplikas Servis Pesona untuk solusi Network dan IT Security, serta PhinCon untuk solusi CRM, Middleware, HR, Big Data, RPA, ERP, dan IT Consulting.

Dengan keikutsertaan Phintraco Group di acara Indonesia Knowledge Forum IX – 2020 yang mengusung tema “Business Revamp: Overcoming Uncertainty through Knowledge” ini, diharapkan seluruh perusahaan bisa mendapatkan pengetahuan baru mengenai pentingnya dukungan solusi teknologi yang tepat untuk mempertahankan dan membangkitkan bisnis mereka, terutama di situasi yang penuh dengan ketidakpastian seperti saat ini.

Dengan melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, seharusnya perusahaan mampu untuk tetap berinovasi dan menghadapi tantangan. Jika perusahaan dapat menentukan penggunaan teknologi yang tepat untuk mendukung operasional bisnis, maka situasi yang penuh ketidakpastian ini dapat dijadikan titik awal untuk melakukan transformasi masa depan bisnis ke arah yang lebih baik.

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

read more

Selamat Hari Jadi ke-29, Phintraco Group!

18 July 2020    admin    Event

18 Juli 2020 – Tepat di hari ini, Phintraco Group merayakan hari jadi ke-29. 29 tahun berdiri, Phintraco Group telah melayani perusahaan-perusahaan dengan berbagai solusi ICT (Information and Communication Technology) terbaik. Selain menyediakan berbagai solusi ICT, Phintraco Group juga memiliki perusahaan sekuritas dan perusahaan pengembang properti di Indonesia.

Di usianya yang ke-29 tahun, Phintraco Group telah memiliki 8 perusahaan yaitu Phintraco Technology, PhinCon, Aplikas Servis Pesona, Relia Telemit Semesta, Vemisha, MitraComm Ekasarana, Phintraco Sekuritas, dan Shanata Pratama.

Perjalanan Phintraco Group dimulai sejak tahun 1991 dengan menyediakan produk telekomunikasi, dan hingga saat ini, Phintraco Group terus bertransformasi menjadi Trusted ICT Company di Indonesia, yang bermitra dengan berbagai perusahaan di bidang teknologi kelas dunia yang kualitasnya telah diakui secara global. Hal ini sejalan dengan visi Phintraco Group untuk menjadi perusahaan yang memberikan layanan terbaik dan selalu menjadi pilihan utama pelanggan.

Apalagi di tahun 2020, salah satu elemen penting dari berkembangnya sebuah bisnis adalah dengan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis. Kebutuhan akan solusi dan layanan ICT serta upaya perusahaan-perusahaan dalam melakukan transformasi digital juga menjadi salah satu alasan kami untuk tetap berkomitmen menyediakan solusi dan layanan terbaik demi mampu berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dengan adanya kebutuhan ini, maka pelanggan dapat mempercayai Phintraco Group sebagai partner bisnis mereka untuk menyediakan solusi-solusi ICT yang dibutuhkan seperti Modern IT Infrastructure, Contact Center, Token, Teknologi Smart Card, IT Consulting, Customer Relationship Management (CRM), Middleware, Human Resources (HR), Big Data, Enterprise Resource Planning (ERP), IT Security, Business Process Outsourcing, Electronic Transaction Services, dan lain-lain.

Memasuki usia 29 tahun, kami berharap dapat terus meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan dari berbagai industri dengan solusi ICT yang kami tawarkan, serta terus menghasilkan kinerja yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

read more

Perkuat Sinergi dan Rasa Kebersamaan, MitraComm Business Process Services (MBPS) Adakan Gathering untuk Karyawan

19 December 2019    admin    Event

Setiap organisasi memiliki cara tersendiri untuk mempertahankan rasa kebersamaan dan solidaritas. Untuk dapat terus mempertahankan rasa kebersamaan yang positif dan solidaritas yang tinggi, MitraComm Business Process Services (MBPS) mengadakan acara gathering untuk seluruh karyawan pada hari Sabtu, 15 Desember 2019 di Bandar Djakarta Ancol, Jakarta Utara. Acara gathering MBPS tahun ini mengambil tema “Together We Make It Excellent”.

Acara gathering ini terdiri dari beberapa susunan acara; dimulai dari makan bersama, aksi panggung hiburan, games, dan pengumuman beberapa penghargaan untuk karyawan yang berhasil memberikan kinerja terbaik di sepanjang tahun 2019.

read more

Turut Mendukung Pertumbuhan Bisnis di Era Digital, Phintraco Group Kembali Berpartisipasi dalam “Indonesia Knowledge Forum VIII”

10 October 2019    admin    Event

Tahun ini, Phintraco Group kembali berpartisipasi dalam event Indonesia Knowledge Forum (IKF) VIII yang diselenggarakan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) pada 8-9 Oktober 2019 di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

IKF VIII mengambil tema tentang perkembangan ekosistem digital dan startup di Indonesia yang bertajuk “Capital Culture: Nurturing Mindset for The Next Era of Capital Culture”. Adapun tujuan event ini adalah untuk memberi kesadaran pada masyarakat tentang pertumbuhan bisnis di era digital, yang mana saat ini membangun usaha akan lebih mudah karena kemajuan teknologi yang memadai.

Phintraco Group turut berpatisipasi kembali dalam event Indonesia Knowledge Forum VIII sebagai salah satu exhibitor yang mendukung kesuksesan acara. Phintraco Group menampilkan dan mendemonstrasikan produk dan solusi dari 4 anak perusahaannya yang bergerak dalam bidang IT Solutions, yaitu Phintraco Technology yang menampilkan solusi Contact Center Solutions serta Unified Communications, Aplikas Servis Pesona menampilkan solusi Network dan IT SecurityMitraComm Ekasarana menampilkan berbagai solusi proses bisnis salah satunya Contact Center Outsourcing, dan Phincon menampilkan berbagai solusi CRMMiddlewareHR dan Big Data.

Pengunjung terlihat antusias mengunjungi booth Phintraco Group karena Phintraco Group adalah perusahaan penyedia solusi teknologi yang membantu pelaku bisnis mencapai target bisnisnya dengan dukungan teknologi yang memadai, sesuai dengan tujuan diadakannya event ini, yaitu untuk mensosialisasikan secara penuh kepada pengunjung tentang peluang bisnis di era digital yang sangat menjanjikan.

Melalui event IKF VIII ini, Phintraco Group berharap dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa memulai bisnis di era digital saat ini semakin mudah karena banyaknya teknologi yang mampu membantu proses bisnis menjadi lebih mudah dan efisien.

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

read more

MitraComm Ekasarana dan Phintraco Technology Turut Berpatisipasi dalam Acara “The Best Contact Center Indonesia 2019”

10 September 2019    admin    Event

MitraComm Ekasarana dan Phintraco Technology, anak perusahaan Phintraco Group kembali berpartisipasi dalam ajang tahunan “The Best Contact Center Indonesia 2019” pada hari Senin dan Selasa, 9 hingga 10 September 2019, sebagai salah satu sponsor dan mengikuti exhibition di acara ini.

Acara ini diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA), di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Rangkaian acara di ajang The Best Contact Center Indonesia 2019 diisi dengan pelaksanaan konferensi selama dua hari dengan mengadakan Seminar Nasional yang sebagian besar membahas mengenai peran Artificial Intelligence (AI) sebagai teknologi masa kini yang mampu mengembangkan Contact Center saat ini dan di masa depan.  Dalam acara ini juga terdapat exhibition booth untuk peserta yang ingin menggali informasi keseluruhan mengenai solusi Contact Center di Indonesia.

Selain acara konferensi dan exhibition, ajang The Best Contact Center Indonesia 2019 juga mengadakan kompetisi untuk Contact Center dengan 3 kategori, yaitu Kategori Individual, Kategori Teamwork, dan Kategori Korporat. Lomba yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA) ini diikuti oleh 52 perusahaan dengan 390 peserta dan dinilai oleh 170 juri.

Tujuan diadakannya kompetisi dalam ajang The Best Contact Center Indonesia 2019 ini adalah untuk memberikan dukungan serta penghargaan terhadap praktisi contact center yang kompeten, sehingga diharapkan bahwa kompetensi yang dimiliki akan terus meningkat seiring dengan adanya dukungan dan penghargaan bagi mereka yang menjadi bagian dari Contact Center.

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang solusi Contact Center, MitraComm Ekasarana dan Phintraco Technology berharap dengan adanya kontribusi perusahaan dalam ajang The Best Contact Center Indonesia 2019, akan semakin memberi kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya Contact Center terbaik untuk kemajuan perusahaan, mendukung peningkatan kompetensi Contact Center di Indonesia khususnya dalam bidang pelayanan, serta meningkatkan kontribusi Contact Center dalam mendukung bisnis perusahaan.

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

read more

Partisipasi Phintraco Group di Acara Indonesia Knowledge Forum (IKF) VII – 2018

12 October 2018    admin    Event

Tahun ini Yayasan Bakti BCA (BCA Learning Service) kembali mengadakan event berjudul “Indonesia Knowledge Forum VII – 2018: Fostering Innovation and Creating Value Through Digital Transformation. Acara diselenggarakan mulai pada tanggal 9 – 10 Oktober 2018 di Ritz Carlton Hotel – Pacific Place, Jakarta. Phintraco Group melalui tiga anak perusahaannya, yaitu: Phintraco TechnologyMitraComm Ekasarana, dan Aplikas Servis Pesona pun ikut serta menjadi salah satu exhibitors. Masing-masing dari anak perusahaan Phintraco menampilkan produk dan juga solusi yang dipamerkan di booth Phintraco. Dimana solusi –solusi tersbut sudah diterapkan oleh PT Bank Central Asia sebelumnya. Untuk Phintraco Technology solusinya mencakup contact centerunified communications (AVAYA), smartcard (Gemalto) dan token yang juga digunakan oleh BCA (token BCA) bernama OneSpan (yang sebelumnya bernama VASCO). Lalu MitraComm Ekasarana yang diwakili oleh MitraComm Business Process Services  menonjolkan solusi Full Managed Services (Premises, Manpower SupplyTechnology & Managed Operations) dan Partial Managed Services (Manpower SupplyManaged Operations). Sedangkan Aplikas Servis Pesona, yang bisnisnya bergerak di bidang IT Security Solution, menampilkan solusi Identity & Data Administration & Governance (Sailpoint), File Integrity & Compliance (Tripwire), dan Privileged Account Security (CyberArk). Tahun ini sudah menjadi tahun ke-tujuh IKF diselenggarakan. Dimana IKF sebagai One Stop Knowledge Solution bagi setiap perusahaan yang membutuhkan pengetahuan untuk diterapkan dalam bisnisnya. Terdapat kurang lebih 16 pembicara yang ikut serta mengisi acara dan memanfaatkan pengetahuan dan inovasi untuk menerapkan transformasi digital di tahun 2018. Peserta pun mendapatkan banyak insight dan pengalaman. Pada hari pertama, ada beberapa topik mengenai digital yang dibahas di dalam seminar. Seperti “Outlook Economy in Digital Age” oleh Anton Hermanto Gunawan sebagai Economist, Panel Discussion: “Fostering Innovation for Growth oleh Setiaji sebagai Head of Jakarta Smart City, Ongki Kurniawan sebagai Executive Director of Grab Indonesia, dan topik lainnya. Sedangkan di hari kedua, beberapa topik yang diangkat adalah; “Digitalization Vs Human Touch in Wealth” oleh Ned Phillips sebagai Founder & CEO Bambu, “Digital Transformation of Workspace” oleh Bill Zeng sebagai APJ Cloud Collaboration Evangelist at CISCO, dan topik lainnya. Semoga dengan adanya acara IKF ini dapat membantu organisasi-organisasi dalam mengembangkan bisnisnya lebih baik lagi dengan transformasi dan kemajuan digital serta teknologi dari tahun ke tahun. Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com

read more

Phintraco Technology dan MitraComm Ekasarana Dukung Ajang “The Best Contact Center Indonesia 2018”

07 July 2018    admin    Event

Phintraco Technology dan MitraComm Ekasarana, anak perusahaan dari Phintraco Group kembali ikut berpartisipasi ke dalam ajang “The Best Contact Center Indonesia 2018” sebagai salah satu sponsor dan mengikuti exhibition di acara tersebut. Acara ini diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA), sejak tanggal 4 Juli hingga 2 Agustus 2018 di Hotel Bidakara. Di ajang ICCA 2018 kali ini diisi dengan berbagai macam lomba seperti; Lomba kategori Individu & Korporat, The Best Individu, The Best Talent, dan lomba lainnya. Dimana kompetisi dilakukan untuk memberikan dukungan terhadap peningkatan kompetensi praktisi contact center itu sendiri. Peningkatan kompetensi tersebut termasuk ke dalam bidang pelayanan serta meningkatkan kontribusi contact center dalam mendukung bisnis perusahaan. Phintraco Technology dan MitraComm berkesempatan untuk mengikuti acara Half-Day Conference, Gala Dinner, dan Awards Night yang diselenggarakan pada tanggal 3 Agustus 2018. Rangkaian acara tersebut diisi dengan pelaksanaan Seminar Nasional, dengan topik mengenai “Digital Transformation of Contact Center”. Topik ini memperhatikan transisi ke arah pelayanan digital untuk contact center. Dengan semakin banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi digital, seperti mobile appslive chatsocial media, dan chat bots. Sedangkan pada acara Gala Dinner, diawali dengan Opening Dance, dan disusul dengan Key note speech dari Government. Pada sesi Awards Night bagi para Sponsor Platinum maupun Gold diundang untuk memberikan penghargaan. Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com 

read more

Indonesia Knowledge Forum VI – 2017: Moving Our Nation to the Next Level

04 October 2017    admin    Event

Pesatnya pertumbuhan bisnis startup dalam beberapa tahun terakhir ini telah mendorong perusahaan untuk mulai berpikir dan menerapkan strategi baru. Hal ini pun dirasakan oleh Yayasan Bakti BCA melalui Layanan Belajar BCA yang akan membahasnya di Indonesia Knowledge Forum VI – 2017: Moving Our Nation to the Next Level pada tanggal 3 – 4 Oktober 2017, mulai pukul 08.30 – 17.00 WIB di Ballroom Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta. Acara ini merupakan acara rutin yang dilakukan tiap tahun, dan sudah merupakan tahun ke-enam IKF diselenggarakan sebagai salah satu “Pesta Akbar Pengetahuan” terbesar di Indonesia. Terdapat 23 pembicara utama yang datang baik dari Indonesia maupun luar negeri, yang berpartisipasi dalam acara ini untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan juga inspirasi dalam mengembangkan bisnis digital. Tidak hanya itu, acara ini juga dilengkapi dengan serangkaian pameran-pameran yang dapat menginspirasi dan memberi wawasan baru untuk pengembangan komunitas bisnis Indonesia. Phintraco Group, melalui empat anak perusahaannya, yaitu: Phintraco TechnologyMitraComm EkasaranaPhintraco Consulting dan Aplikas Servis Pesona pun ikut serta dalam acara ini. Di sini Phintraco memberikan informasi tentang produk solusi yang dimiliki dari berbagai kategori, seperti: security systemscontact centerapplicationsconsulting dan solutions. Di hari pertama, terdapat beberapa sederetan pembicara yang ikut mengisi acara, seperti: Faisal Basri seorang Pengamat Ekonomi, Philia Wibowo sebagai Partner dan Presiden Direktur Indonesia Mckinsey & Company, dan juga Ashraf Sinclair sebagai Celebrity Investor, Sebastian Togelang sebagai Founder and Managing of Kejora Group. Sedangkan pada hari kedua, pembicara yang hadir menjadi lebih banyak dari hari sebelumnya. Diketahui beberapa nama, seperti: Alexander Rusli sebagai CEO PT Indosat, Henky Prihatna sebagai Country Industry Head of Google Indonesia, Kusomo Martanto sebagai CEO Blibli.com dan masih banyak pembicara lainnya. Dengan mengangkat tema “Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi melalui Kolaborasi Digital”, diharapkan acara ini dapat menjadi sebuah One Stop Knowledge Solution bagi setiap organisasi yang membutuhkan pengetahuan untuk diterapkan dalam organisasinya. Tidak hanya itu saja, acara ini juga dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan untuk memajukan dunia usaha di Indonesia. Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com 

read more

Phintraco Technology dan MitraComm Ekasarana Dukung Ajang “The Best Contact Center Indonesia 2017”

14 August 2017    admin    Event

Menyadari akan adanya permintaan pasar yang mewajibkan perusahaan untuk memberikan solusi efektif dalam meningkatkan hubungan pelanggan dan mendorong efisiensi bisnis melalui agent contact center, Phintraco Technology dan MitraComm Ekasarana anak perusahaan dari Phintraco Group turut berpartisipasi dalam memberikan dukungannya di ajang “The Best Contact Center Indonesia 2017” sebagai salah satu sponsor di acara tersebut. Acara yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA) pada hari Kamis, 10 Agustus 2017 ini bertempat di Birawa Ballroom – Bidakara Hotel Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 7 1-7, Pancoran, South Jakarta. Di ajang ICCA 2017 kali ini mengangkat topik mengenai Employee Engagement yang juga menjadi salah satu kategori yang dilombakan dalam ajang “The Best Contact Center Indonesia 2017”. Disebutkan bahwa hal ini akan menjadi acuan bahwa Employee Engagement telah diterapkan oleh berbagai contact center dalam membangun keterlibatan atau keterikatan karyawan. Untuk bisa mendapatkan penghargaan sebagai “The Best Employee Engagement” setiap perusahaan mengikuti lomba kemampuan contact center untuk menunjukkan program kerja dalam memberikan program retensi tenaga kerja contact center di perusahaannya dan memberikan bagi retensi karyawan contact center. Acara ICCA ini diawali dengan opening ceremony dan performance terbaik dari perwakilan beberapa perusahaan yang hadir. Tidak hanya menari, namun setiap perwakilan juga tampil dengan menyanyikan lagu-lagu daerah yang mampu memukau. Selanjutnya, kegiatan panel discussion yang diisi dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab dari semua peserta yang hadir. Setelah para peserta berdiskusi, acara diisi dengan makan siang bersama dan dilanjutkan lagi dengan hiburan dan pemberian penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah memberikan kontribusi terbaik dan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Masing-masing perusahaan, mendapatkan penghargaan dengan kriteria-kriteria nya masing-masing. Setelah pemberian penghargaan dilakukan, kegiatan yang lebih menarik seperti Lucky Draw juga mampu menarik perhatian para peserta event. Semoga dengan adanya ajang ini, setiap perusahaan dapat semakin termotivasi, dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, sehingga pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, dan perusahaan dapat semakin maju bisnisnya. Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com

read more

Digitalisasi Era ”Indonesia Knowledge Forum V 2016” bersama Phintraco Group

21 October 2016    admin    Event

Day 1 Pertumbuhan generasi milenial, atau yang dikenal sebagai Gen Y yang lahir pada kurun waktu 1990 hingga 2000-an dipercaya akan membawa perubahan dan menjadi kekuatan ekonomi baru di Indonesia maupun dunia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat komposisi penduduk usia produktif  15-35 tahun saat ini mencapai 40% dari total jumlah penduduk Indonesia. Jumlah ini diperkirakan melonjak hingga tahun 2020 mendatang. Millenials yang akrab dengan teknologi digital ini banyak membawa pengaruh pada perubahan gaya hidup, mulai dari cara berkomunikasi, cara berinteraksi melalui jejaring sosial, transaksi pembayaran, hingga model bisnis baru yang kreatif. Pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif mendukung langkah millenials  melalui peta e-Commerce yang ditetapkan sebagai program nasional pada akhir Januari 2016 lalu.  Bagaimana agar ide, kreativitas, kebebasan berekspresi dan pengetahuan mereka dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian bangsa Indonesia di masa mendatang, tentu menjadi pekerjaan rumah kita bersama. Sebagai bentuk dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya melalui industri berbasis kreativitas dan pengetahuan, BCA Learning Service menyelenggarakan Indonesia Knowledge Forum  (IKF) V dengan tema Moving Our Nation To The Next Level: “Optimizing Knowledge and Creativity  to Ride the Wave of New Generation in Accelerating Indonesia Economy,  pada 6 – 7 Oktober 2016 di  Ritz Carlton Pacific Place Hotel, Jakarta. Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap Pertumbuhan ekonomi dan berlangsungnya acara ini MitraComm EkasaranaPhintraco TechnologyPhintraco Consulting dan Aplikas Servis Pesona member dari Phintraco Group turut berpartisipasi dengan mendirikan Booth untuk memperkenalkan produk-produk apa yang kita bawa untuk menunjang dan mengikuti perkembangan dari pertumbuhan di era digital ini. Produk-produk yang dibawa Phintraco Group tentunya memiliki kualitas yang sudah terjamin karena Phintraco Group sendiri memiliki banyak sekali Business Partner dari berbagai macam kategori melingkupi IT Infrastructure, Solutions, IT Security System, Application dan Consulting. Day 2 Acara IKF 2016 pada hari ke-2 berlangsung di tempat yang sama dengan materi terkait transformasi digital atau digitalisasi era untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia. IKF 2016 pada hari ke 2 ini menghadirkan lebih banyak pembicara daripada hari pertama yang telah dilakukan sebelumnya. Acara yang dibagi menjadi 4 pembahasan materi ini antara lain membahas materi tentang Ekonomi, Marketing, Creativity & Innovations, HC & Leadership. Keempat materi yang dibahas tersebut sudah mewakili masing-masing dari pembicara yang telah dipersiapkan sebelumnya pada IKF 2016. Event kali ini dihadiri oleh pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya dan lebih seperti sharing terhadap perkembangan ekonomi di era digital seperti sekarang ini. Acara dibuka mulai pukul 07.00 untuk registrasi, 08.30 mulai acara dan acara ditutup pada pukul 17.00 oleh Bapak Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata Indonesia. “Acara seperti ini patut dihadirkan setiap tahunnya, karena perkembangan ekonomi dari tahun ke tahun lebih berkembang dengan berbagai macam cara. Untuk tahun ini dan tahun depan era digital saya rasa akan berkuasa di pasar Indonesia melihat pertumbuhan teknologi yang sudah pesat lagi mau tidak mau para pelaku ekonomi harus dapat beradaptasi sesuai dengan era saat ini.” Ujar salah satu Pemimpin Bank Permata. Pada kesempatan kali ini Phintraco Group yang berpartisipasi adalah PhinCon dan Aplikas Servis Pesona, yang sebelumnya pada hari pertama MitraComm Ekasarana dan Phintraco Technology yang berpartisipasi untuk memperkenalkan produk dan Business Partner yang mereka bawa yang tentunya memiliki kualitas dengan standar internasional untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan pelaku bisnis yang ada di Indonesia. Acara IKF V 2016 ini berlangsung sangat lancar dan meriah, diharapkan acara IKF VI 2017 akan lebih baik lagi dan dapat menampilkan acara dengan tema yang dapat membuat Indonesia jauh lebih baik.

read more

PERURI Tunjuk Mitracomm Ekasarana Jadi Distributor Resmi Meterai Elektronik

07 January 2022    admin    News

Pada 1 Oktober 2021 lalu, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan telah resmi meluncurkan meterai elektronik atau e-meterai untuk masyarakat umum. Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) bekerja sama dengan beberapa perusahaan penyedia solusi digital untuk bisa memenuhi kebutuhan pendistribusiannya. MitraComm Ekasarana salah satu anak perusahaan Phintraco Group, melalui salah satu unit bisnisnya yaitu MitraComm Ekasarana Channel Solution atau yang biasa disebut dengan MECS,  ditunjuk untuk andil menjadi salah satu distributor resmi meterai elektronik untuk Indonesia. Penunjukkan ini tentu didapatkan setelah melalui proses seleksi yang ketat dari Peruri.   Untuk meresmikan penunjukan MitraComm Ekasarana sebagai salah satu distributor resmi meterai elektronik, diadakan acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada tanggal 17 Desember 2021 di Kantor Peruri. Acara penandatanganan ini dihadiri oleh Bapak Kelvin Gonatha selaku Presiden Direktur Phintraco Group, Ibu Elly selaku Direktur dari Mitracomm Ekasarana, dan juga Bapak Ferdiansyah selaku Product Manager MECS.   Seperti yang kita tahu, meterai yang saat ini digunakan hanya meterai yang bernilai 10.000. Hadirnya meterai elektronik ini nantinya dapat digunakan untuk dokumen digital untuk memenuhi kebutuhan penggunaan dokumen digital yang meningkat selama pandemic Covid-19. MitraComm Ekasarana dapat mendistribusikan meterai elektronik ini 3 channel, yaitu Pemungut (WAPU), reseller, dan ­end-user. Perusahaan yang menjadi bagian Pemungut (WAPU) ini terdiri dari sekitar 400 perusahaan yang sudah menjadi mitra MECS seperti BUMN, sekuritas, dll.   MECS bukan hanya sekadar menjadi distributor meterai elektronik 10.000, namun lebih dari itu. MECS juga memiliki peran untuk memberikan pelayanan pelanggan dalam bentuk helpdesk 24/7 yang akan membantu para pelanggan jika memiliki kendala terkait meterai elektronik. Selain itu, MECS juga menyediakan solusi yang terintegrasi dengan API Stamping yang dapat membubuhkan meterai elektronik ini ke dokumen digital.   Kerja sama antara Peruri dan MitraComm Ekasarana ini merupakan salah satu pencapaian dan langkah besar untuk MitraComm, yang merupakan bagian dari Phintraco Group. Dengan kurang lebih 150 tenaga profesional dan 8.000 karyawan yang berdedikasi, MitraComm Ekasarana siap untuk mengambil bagian dalam upaya pengenalan dan pengoptimalan transformasi digital yang diambil oleh pemerintah. Salah satu bentuknya adalah dengan menyediakan meterai elektronik beserta layanan lain untuk mempermudah kegiatan transaksi keuangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia di era digital ini.

read more

Peresmian Gerai Customer Service Center Traveloka di Semarang Didukung oleh MitraComm Business Process Services (MBPS)

06 May 2019    admin    News

Traveloka, perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle booking terdepan untuk destinasi lokal dan internasional dalam satu platform, pada tanggal 3 Mei 2019 telah meresmikan dua gerai Customer Service Center di Semarang oleh President Traveloka Group Operations Bapak Henry Hendrawan, CEO Transport Traveloka Bapak Caesar Indra, bersama dengan Wakil Wali Kota Semarang Ibu Hevearita Gunaryanti Rahayu, Kepala Bidang TIK Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah Bapak Akhmad Syaifillah, dan juga dihadiri oleh Direktur MitraComm.

Sebagai perusahaan penyedia layanan contact center untuk pelanggan, mulai dari outsourcing, man power outsourcing, business process outsourcing, contact center hosting dan juga pelatihan, MitraComm Business Process Service (MBPS) mendukung peresmian gerai milik Traveloka di Semarang yang memperkerjakan sekitar 650 (enam ratus lima puluh) masyarakat lokal di Semarang dan sekitarnya, di mana kehadiran gerai customer service ini memainkan peranan yang sangat penting untuk menciptakan dan mengembangkan pelayanan terpadu kepada pelanggan Traveloka di seluruh Indonesia.

Sejalan dengan komitmen Traveloka untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggannya secara keseluruhan, Mitracomm juga bertekad mendukung sepenuhnya komitmen tersebut dengan berbagai pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan Traveloka, dan membantu Traveloka memenuhi komitmennya terhadap pelanggan di seluruh Indonesia yang siap melayani selama 24 jam setiap harinya.

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

read more

MitraComm Ekasarana Channel Solution (MECS) Untuk Samsat Online Nasional

21 November 2018    admin    News

MitraComm Ekasarana Channel Solution (MECS), salah satu anak perusahaan dari Phintraco Group turut berpartisipasi dalam Samsat Online Nasional yang diresmikan pada penandatanganan MoU antar 57 pihak pada tanggal 15 November 2018 di Hotel Discovery, Kartika Plaza Kuta Bali.

Bapak Go Kiong Hwo, selaku Direktur dari MitraComm turut serta mengikuti kegiatan ini sebagai undangan resmi dari pihak Tim Pembina Samsat Pusat atas kerjasama yg terjalin antara Korlantas dengan MitraComm untuk pembayaran Samsat Online Nasional ini.

Selain MitraComm, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Perwakilan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), Perwakilan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), Direktur Jasa Raharja, Gubernur di 23 Provinsi, dan pihak-pihak lainnya.

Terkait dengan hal ini, MitraComm membantu mengintegrasikan (switching) antara server perbankan nasional dengan server samsat. Layanan Samsat Online Nasional merupakan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan asuransi Jasa Raharja yang dapat dilakukan secara online melalui channel perbankan nasional.

Dimana wajib pajak memiliki alternatif dalam melakukan kewajiban pembayaran pajak kendaraannya. Layanan Samsat Online Nasional ini juga merupakan program pemerintah dalam upaya meningkatkan transaksi non tunai sehingga layanan tersebut dapat lebih transparan dan akuntabel (dapat dipertanggungjawabkan).

Pihak yang terlibat dalam layanan ini diantaranya adalah; Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri), Jasa Raharja, Bapenda di 23 Provinsi meliputi area (Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan dan Nusa Tenggara).

Selain itu juga pihak Bank Nasional (Mandiri, BRI, BNI, BTN, BCA, CIMB Niaga, Permata, Bukopin, dan Danamon), Bank Pembangunan Daerah (BPD) dari 23 provinsi, dan perusahaan switcher.

Semoga dengan adanya project ini, MitraComm dapat lebih dikenal dalam lingkup nasional dan dapat meningkatkan awareness dari para business partner di Indonesia.

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

read more

Dukung Peningkatan Layanan Digital, Mitracomm Ekasarana Membangun Aplikasi Untuk Adira Finance

03 April 2018    admin    News

Saat ini perilaku konsumen senantiasa beralih dari konvensional menuju ke digital, yang mengharuskan dunia usaha untuk terus berinovasi khususnya di bidang teknologi. Terutama bagaimana cara memberikan kemudahan pelayanan bagi para konsumen. Menjawab hal tersebut, guna mendukung peningkatan layanan digital, MitraComm Ekasarana Channel Solutions (MECS) selaku vendor developer dari Adira Finance membangun aplikasi layanan bernama AKSES Adira Finance. Aplikasi ini diperkenalkan pertama kali pada September 2017 tahun lalu, dan di launching kepada publik pada tanggal 21 Maret 2018 di Empirica SCBD. Target market dari aplikasi ini ditujukan kepada seluruh konsumen dan calon konsumen Adira. Sebagai salah satu perusahaan Multifinance terbesar di Indonesia yang berdiri pada tahun 1990, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) merupakan perusahaan yang terbaik dan terkemuka di sektor pembiayaan yang melayani beragam merek dan produk, baik untuk sepeda motor atau mobil, baru maupun bekas serta pembiayaan durables dan multiguna. Yang terus berinovasi untuk meningkatkan layanan kepada para konsumennya terutama di era teknologi yang semakin pesat. Kehadiran AKSES yang dibangun oleh MitraComm ini juga untuk menjaga agar interaksi antara Adira dengan konsumen dapat terjaga dengan baik. Aplikasi ini mampu memberikan nilai tambah pada pelayanan bertransaksi yang cepat, aman, dan mudah. Hal ini sesuai dengan aspirasi Adira Finance untuk dapat menjadi Multifinance Digital Company di Indonesia pada tahun 2020. Aplikasi AKSES Adira Finance dapat diunduh pada smartphone Android melalui Google Playstore atau diakses melalui portal www.aksesadirafinance.com. AKSES Adira Finance hadir dengan fitur yang lebih lengkap dan bermanfaat bagi konsumen yang diharapkan dapat memberikan informasi dan layanan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Fitur-fitur yang ada di AKSES Adira Finance meliputi; notifikasi atau reminder jatuh tempo dan overdue cicilan, informasi detil kontrak bagi konsumen, informasi pelayanan, simulasi kredit bagi calon konsumen dan jejak angsuran yang sudah dibayarkan beserta informasi denda (bila ada). Selain dapat membangun aplikasi berbasis mobile (Native Apps) pada Android dan IOS, MitraComm juga dapat mengembangkan solusi berbasis web-based, berserta berbagai fitur tambahan seperti QR Code untuk kemudahan dalam fitur pembayaran, Global Positioning System (GPS) untuk lokasi, dan Push notifikasi. Solusi aplikasi mobile lainnya dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dari customer yang akan didampingi oleh developer Mitracomm yang berpengalaman dan handal. Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com

read more

Mengenal Tren Digital bersama MitraComm Ekasarana dan Cisco

16 August 2017    admin    News

Agar kita dapat bersaing dengan adanya tren digital masa kini, kita tentunya perlu membekali diri dengan pengetahuan digital, memiliki tim yang berpengalaman di bidangnya, dan selain itu juga kita harus mengetahui teknologi apa yang baik untuk digunakan. Apakah teknologi yang digunakan oleh perusahaan sudah terintegrasi? Hal ini tentunya harus kita perhatikan agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan klien. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Phintraco Group melalui anak perusahaannya yaitu MitraComm Ekasarana bekerja sama dengan Cisco, mengadakan event bertajuk “Connected Digital Experience” There’s Never Been a Better Time to Connect with a CISCO Contact Center, pada hari Selasa, 15 Agustus 2017 di Wira Function Room, Pullman Jakarta. Cisco dikenal dengan perusahaan global dalam bidang telekomunikasi yang bermarkas di California, Amerika Serikat. Cisco menjual jaringan dan komunikasi teknologi, peralatan dan pelayanan untuk transportasi data, suara, dan juga video ke seluruh dunia. Acara ini dibagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama, membahas mengenai Connected Digital Experience Journey with UCCX, oleh Chandra Herawan, Senior Manager Unified Communications Bussiness Asia Region. Sesi kedua, juga masih dibawakan oleh Chandra, dengan membahas mengenai CISCO UCCX Solution Demo & Use of Cloud. Lalu pada sesi terakhir, diisi dengan Consilium CISCO Solutions + Products & Demo’s oleh Dennis. Setelah materi disampaikan, seperti biasa kegiatan diisi dengan sesi Q&A, dimana setiap peserta dapat saling berdiskusi dengan tim ahli dari Phintraco maupun Cisco. Pelaku bisnis dapat mengembangkan teknologi yang sudah terintegrasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada klien, inilah hal yang diharapkan oleh Phintraco dan Cisco. Informasi lebih lanjut: marketing@phintraco.com

read more