Mekanisme Pendaftaran dan Pembelian e-Meterai untuk WAPU

04 February 2022    admin    Blog

 

Wajib Pungut (WAPU) atau pemungut adalah salah satu pengguna e-meterai dalam skala besar. Setelah mengetahui apa itu WAPU dan perusahaan apa saja yang termasuk WAPU, sekarang kita akan membahas bagaimana perusahaan-perusahaan tersebut dapat melakukan pendaftaran dan pembelian e-meterai dari channel MitraComm Ekasarana yang ditunjuk langsung oleh PERURI.

Proses Pendaftaran Pemungut (WAPU)

Proses pendaftaran atau registrasi WAPU dilakukan melalui Supply Chain Meterai (SCM) dengan sepengetahuan distributor yang akan memberikan persetujuan (approval). Berikut ini langkah-langkah mudah yang harus dilakukan WAPU untuk melakukan pendaftaran:

1.      Pengumpulan data

Untuk melakukan pendaftaran, perusahaan pemungut harus mempersiapkan beberapa data yang dibutuhkan untuk prosesnya seperti:

  • Nama perusahaan
  • Alamat perusahaan
  • Koordinat (opsional)
  • NPWP
  • TDP/NIB
  • Data PIC (SPV,FIN, dan STAFF) termasuk nama, email, dan nomor HP
  • Kontrak (antara Distributor dan Pemungut)

2.      Peninjauan dan persetujuan

Ketika data-data yang dibutuhkan sudah dipersiapkan dan dikumpulkan, distributor akan melakukan peninjauan legalitasnya sebelum memberikan persetujuan pendaftaran. Jika semua data terkait legal, benar, dan sah, maka distributor akan memberikan persetujuan pendaftaran pemungut (WAPU) untuk melakukan transaksi dengan e-meterai.

3.      Pemberian user dan password

Pemungut (WAPU) juga harus melakukan pemesanan melalui platfrom Supply Chain Meterai (SCM). Untuk itu, para pemungut perlu memiliki user dan password untuk mengakses akun. Jika peninjauan dan persetujuan berhasil, distributor akan memberikan user dan password untuk para pemungut melakukan transaksi pemesanan kuota e-meterai.

 

Proses Pemesanan e-Meterai untuk Pemungut (WAPU)

e-Meterai yang telah dipesan pemungut (WAPU) akan berbentuk kuota atau stok e-meterai siap pakai. Pembayaran e-meterai untuk pemungut bersifat post-paid, yaitu dilakukan setelah penggunaan. Pemungut (WAPU) wajib setidaknya menggunakan 1.000 e-meterai setiap bulannya.

1.      Pembuatan PR (Purchase Request) & PO (Purchase Order)

Dalam proses pengajuan ini, STAFF yang bertanggung jawab di pemungut (WAPU) harus membuat PR melalui Supply Chain Meteri (SCM). Proses ini hampir sama halnya dengan melakukan pemesanan kepada distributor.

2.      Peninjauan dan persetujuan

Setelah PR selesai dibuat, maka SPV Pemungut harus melakukan persetujuan dan dilanjutkan pembuatan PO oleh STAFF. Setelah menjadi PO, SPV Distributor akan melakukan peninjauan terhadap PO yang disetorkan. Jika PO sudah sesuai, distributor akan melakukan persetujuan atas permintaan kuota atau stok e-meterai oleh pemungut (WAPU). Selanjutnya, system akan mengirimkan kuota e-Meterai kepada Pemungut

 

Selain WAPU atau pemungut, wholesaler, end user, dan enterprise dapat melakukan pendaftaran dan pembelian e-meterai melalui channel MitraComm Ekasarana di mitracomm.e-meterai.co.id. MitraComm Ekasarana melalui unit bisnisnya yaitu MitraComm Ekasarana Channel Solution merupakan perusahaan distributor e-meterai terpercaya yang ditunjuk langsung oleh PERURI, akan memberikan arahan yang tepat dan jelas untuk Anda selama proses yang dibutuhkan.

 

Ketahui informasi lebih lengkap mengenai e-meterai dengan email ke marketing@phintraco.com.