Manfaat Menerapkan Layanan Outbound Call Center untuk Perkembangan Bisnis

08 February 2021    admin    Blog

Apa itu Outbound Call Center?
Aktivitas call center dalam suatu perusahaan terbagi menjadi dua. Yaitu inbound call center dan outbound call center. Di artikel ini, kita akan fokus membahas pengertian dan manfaat menerapkan layanan outbound call center untuk perkembangan bisnis.

Outbound call center adalah aktivitas panggilan yang dilakukan oleh agent call center kepada pelanggan untuk mencapai tujuan bisnis tertentu, seperti untuk keperluan riset pasar, memberikan layanan pelanggan dengan pendekatan proaktif, penjualan, penagihan, dan tujuan bisnis lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Umumnya, layanan outbound call center terdiri dari Telecollection, Telemarketing, Telesales, Welcome Call, Data Cleansing, dan Telesurvey. Berikut penjelasan singkat tentang pengertian dan manfaat menerapkan layanan outbound call center untuk perkembangan bisnis:

· Telecollection
Telecollection adalah salah satu bagian dari proses manajemen piutang. Aktivitas ini juga disebut sebagai panggilan pengingat bagi client untuk membayar hutangnya sesuai dengan tanggal yang telah disepakati. Layanan telecollection dibutuhkan perusahaan untuk memastikan transaksi pembayaran piutang dapat diterima tepat waktu, serta mengurangi risiko kerugian yang sering dijumpai dalam proses piutang.

· Telemarketing
Telemarketing adalah proses kegiatan memasarkan produk atau layanan kepada calon pelanggan melalui panggilan telepon. Manfaat menerapkan layanan telemarketing adalah untuk meningkatkan prospek bisnis baru dengan cara membuat calon pelanggan semakin ingin tahu tentang apa yang ditawarkan perusahaan. Dibutuhkan tenaga ahli yang memiliki wawasan luas tentang perusahaan tersebut untuk memasarkan produk atau layanan, agar tujuan membuka prospek bisnis baru dapat tercepai.

· Telesales
Kegiatan telesales hampir sama dengan telemarketing, namun tujuan telesales adalah untuk fokus meningkatkan penjualan dengan cara menjual produk atau jasa secara langsung terhadap pelanggan melalui telepon.

· Welcome call
Welcome call adalah salah satu layanan dalam outbound call center yang paling efektif untuk menciptakan dan mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan baru. Proses layanan ini berupa pemberian informasi terkait layanan dan perusahaan kepada pelanggan dengan cara yang lebih personal saat mereka menyelesaikan transaksi pembelian produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga perusahaan dapat membangun customer trust dan loyalty sesuai dengan yang diharapkan.

· Data cleansing
Layanan data cleansing adalah pekerjaan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas data yang dimiliki perusahaan. Dengan memanfaatkan layanan ini, perusahaan dapat menyeleksi dan menghapus data dalam sekumpulan data yang salah, rusak, salah format, terduplikasi, atau tidak lengkap.

· Telesurvey
Telesurvey adalah suatu jenis kegiatan survey yang dilakukan oleh agent call center melalui telepon. Layanan ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan mengenai produk dan layanan yang ditawarkan, sehingga perusahaan dapat mengukur tingkat kepuasan pelanggan dan segera memperbaiki produk atau layanan yang masih memiliki kekurangan.

Menerapkan layanan outbound call center dalam aktivitas bisnis merupakan suatu pendekatan yang strategis untuk membangun reputasi positif dan secara langsung mendukung perkembangan bisnis secara signifikan. Karena aktivitas outbound call center sangat krusial bagi keberlangsungan bisnis, maka perusahaan perlu memiliki manajemen outbound call center yang andal.

Perusahaan dapat memanfaatkan layanan dari perusahaan business process outsourcing untuk menangani outbound call center. Bekerja sama dengan perusahaan business process outsourcing yang tepat akan membantu perusahaan memiliki manajemen outbound call center yang didukung oleh tenaga ahli dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang semakin kompetitif.

Jika Anda sedang mencari perusahaan penyedia layanan outbound call center outsourcing, Anda dapat mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan MitraComm Ekasarana. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan outbound call center yang ditawarkan MitraComm, Anda dapat menghubungi kami di marketing@phintraco.com

Artikel terkait:

Kelebihan Contact Center Outsourcing yang Perlu Diketahui oleh Perusahaan