Keuntungan Menggunakan Strategi SMS Advertising yang Harus Anda Ketahui

06 May 2022    admin    Blog

SMS adalah Short Message Sevice yang merupakan salah satu alat untuk komunikasi yang sempat digunakan oleh masyarakat. Hadirnya beberapa aplikasi untuk berkomunikasi membuat SMS sudah jarang digunakan orang sebagai alat komunikasi utama. Namun, fitur SMS ini pasti ada di setiap perangkat seluler karena merupakan salah satu alat komunikasi yang tidak membutuhkan data internet.

Para pelaku bisnis harus dapat memanfaatkan setiap channel marketing yang tersedia agar dapat memperluas pasar dan mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Salah satu channel yang dapat digunakan perusahaan untuk memasarkan produk atau layanannya yang tidak banyak digunakan perusahaan yaitu SMS Advertising. Apa itu SMS advertising dan apa keuntungan menggunakan strategi SMS advertising untuk memasarkan bisnis Anda? Mari kita bahas selengkapnya.

Penjelasan Singkat Mengenai SMS Advertising

SMS advertising adalah salah satu bentuk mempromosikan produk atau bisnis melalui telepon seluler. Perusahaan dapat mengirimkan informasi singkat kepada pelanggan di suatu jangkauan dengan bantuan SMS LBA. Strategi menggunakan SMS untuk promosi dapat membantu perusahaan Anda membangun brand awareness dan kepercayaan audiens. Penggunaan CTA atau Call to Action yang baik dan tepat juga akan membantu meningkatkan lead conversion.

Keuntungan Strategi Promosi dengan SMS Advertising

Banyak perusahaan melupakan keuntungan menggunakan SMS advertising sebagai salah satu media berpromosi karena fokus pada strategi yang memanfaatkan channel digital. Padahal, strategi ini sangat tepat untuk segala jenis bisnis yang sangat membutuhkan jangkauan ke lebih banyak pelanggan. Berikut adalah keuntungan jika menggunakan SMS menjadi salah satu strategi promosi:

  1. Open Rates SMS lebih baik dari Email

Salah satu keuntungan yang tidak disadari para pelaku bisnis yaitu nyatanya, berdasarkan Gartner mengatakan bahwa SMS advertising memiliki open rates 98% dan response rate sebesar 45%. Artinya, ketika campaign pada SMS dilakukan, hampir 98% pelanggan membuka SMS dan sebanyak 45% melakukan response terhadap CTA atau call to action yang ada di SMS tersebut. Hal ini dapat dikatakan lebih baik dari email karena email memiliki fitur folder spam yang akan otomatis mendeteksi jika email tersebut berisi promosi yang dikirim secara terus menerus. Pengguna email pun dapat memutuskan email promosi mana yang dianggap spam. Promosi melalui SMS akan lebih sering dibuka oleh pelanggan jika memiliki copywriting yang menarik. Jika perusahaan Anda ingin mendapatkan jangkauan pelanggan secara lebih konsisten, SMS advertising merupakan salah satu strategi yang layak untuk dicoba.

  1. Mobile-friendly

Saat ini, dalam memasarkan bisnis Anda diutamakan memilki tampilan yang mobile-friendly. Hal tersebut karena berdasarkan data yang dihimpun dari Kominfo diketahui bahwa pada tahun 2018, pengguna aktif smartphone sebanyak 100 juta orang. Ini merupakan suatu peluang yang besar untuk bisnis jika berhasil menjangkau pelanggan sebanyak itu. SMS advertising mampu memasarkan bisnis Anda dalam mode mobile-friendly dan dapat menjadi suatu strategi yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda.

  1. Jangkauan demografi yang Luas

SMS advertising dapat membantu Anda menentukan lokasi spesifik yang diinginkan ketika mengirim pesan iklan dan dapat membantu menyebarkan pesan teks secara otomatis karena menggunakan database dari telco provider. Rasakan manfaat dari banyaknya demografi yang dapat Anda jangkau untuk mengenalkan produk atau layanan bisnis Anda.

Masih banyak manfaat lain jika Anda menggunakan strategi promosi menggunakan SMS. Mitracomm Ekasarana merupakan perusahaan yang menyediakan SMS Gateway terbaik. Memiliki koneksi langsung ke semua provider telekomunikasi membuat Mitracomm Ekasarana dapat membantu Anda menghadirkan SMS Advertising terbaik untuk bisnis Anda. Tidak hanya itu, MitraComm Ekasarana melalui MECS (MitraComm Ekasarana Channel Solution) dapat menghadirkan berbagai jenis layanan SMS Gateway seperti SMS Banking, Push & Pull SMS, SMS Broadcast / Bulk SMS, SMS online transaction, SMS Advertising seperti Location Based Advertising, Contextual Advertising, Targeted SMS, SMS Interactive Services, dan lain-lain. Rasakan banyak keuntungan promosi melalui SMS Bersama MitraComm Ekasarana.

 

Hubungi kami melalui email marketing@phintraco.com untuk mengetahui lebih banyak keuntungan dari SMS Advertising.

 

Referensi:

https://www.gartner.com/en/marketing/insights/articles/tap-into-the-marketing-power-of-sms

https://www.business2community.com/digital-marketing/10-amazing-benefits-sms-marketing-02025256

https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesiaraksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media