Cara Meraih Kepuasan Pelanggan Melalui Contact Center

04 March 2022    admin    Blog

Reputasi perusahaan bergantung pada kepuasan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan. Secara tidak langsung, pelanggan menilai kualitas perusahaan dengan mengevaluasi layanannya berdasarkan perbandingan dengan apa yang mereka dapatkan dan apa yang sebenarnya mereka inginkan. Tugas perusahaan untuk mengerti standar ekspektasi pelanggan hanyalah setengah jalan dari usaha yang harus dilakukan. Ada komponen lain yang juga signifikan, yaitu untuk memenuhi ekspektasi dan lolos evaluasi tersebut melalui contact center sebagai tonggak utama dari perusahaan. Artikel ini akan membahas apa saja kriteria evaluasi pelayananan dari pelanggan dan bagaimana perusahaan dapat meningkatkan layanan mereka melalui contact center.

Kriteria Evaluasi Kepuasan Pelanggan

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh MIT SLoan, ada kriteria tertentu yang diambil pelanggan sebagai indikator evalusi terhadap kepuasan mereka pada pelayanan yang diberikan perusahaan melalui contact center. Berikut ini adalah 3 di antaranya:

1.    Kecakapan

Ketika menghubungi contact center, pelanggan memiliki ekspektasi bahwa agen contact center akan memberikan solusi yang tepat dan tidak bertele-tele untuk masalahnya. Dalam proses ini, pelanggan akan mengevaluasi kecakapan agen contact center dalam memberikan layanan dan solusi dengan konsisten dan akurat sesuai dengan yang mereka butuhkan.

2.    Daya tanggap

Daya tanggap yang dievaluasi oleh pelanggan adalah kesediaan dan komitmen yang ditunjukkan contact center dalam membantu pelanggan. Selain itu, dalam kriteria ini pelanggan juga berekspektasi agar agen contact center mampu memberikan layanan dengan cepat.

3.    Empati

Dalam hubungan antara perusahaan dan pelanggannya, empati memiliki peran penting. Ketika seorang agen contact center dapat menunjukkan empati tulus kepada pelanggan, itu akan membantu meyakinkan mereka bahwa mereka telah didengar dan solusi akan segera diberikan.

 

Business Process Services Solusi Untuk Penuhi Kepuasan Pelanggan

Untuk lolos dalam evaluasi kepuasan pelanggan, perusahaan harus mampu menyediakan agen-agen contact center yang memenuhi kriteria di atas. Sayangnya, banyak perusahaan kesulitan untuk mencari dan memperkerjakan sumber daya manusia yang mumpuni. Untuk itu, perusahaan membutuhkan layanan outsourcing dari sebuah penyedia layanan Business Process Services (BPS) yang menyediakan outsourcing agen contact center dan berbagai pelatihan yang berkualitas. Outsourcing agen contact center memberikan banyak manfaat untuk perusahaan, salah satunya adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Hasil yang lebih maksimal juga akan didapatkan jika ada value added services yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia BPS.

 

Percayakan pada MitraComm Business Process Services

Memilih perusahaan penyedia layanan BPS tidaklah mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan perusahaan yang berpengalaman di bidang ini. MitraComm Ekasarana adalah salah satu anak perusahaan Phintraco Group yang menyediakan layanan BPS melalui salah satu unit bisnisnya, MitraComm Business Process Services (MBPS). Dengan pengalaman selama kurang lebih 15 tahun, MBPS telah bekerja sama dengan banyak mitra perusahaan untuk menyediakan berbagai solusi dan layanan terkait BPS. Percayakan perusahaan Anda kepada MBPS untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan efisiensi proses bisnis perusahaan, khususnya dalam contact center.

 

Hubungi kami melalui marketing@phintraco.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Business Process Services yang disediakan oleh MitraComm Ekasarana.

 

Referensi:

https://sloanreview.mit.edu/article/five-imperatives-for-improving-service-quality/