Biller Aggregator Membantu Digital Financial

03 June 2022    admin    Blog

Saat ini, hampir semua kebutuhan rumah tangga dapat diakses melalui aplikasi digital. Pembayaran air, tagihan listrik, bahkan hingga tagihan internet juga dapat dilakukan melalui aplikasi. Jika perusahaan Anda ingin memudahkan pelanggan dalam bertransaksi, perusahaan Anda dapat menggunakan biller aggregator. Biller agregator dapat membantu pembayaran elektronik yang dibutuhkan perusahaan Anda dan menjadikan sistem pembayaran menjadi mudah, cepat, dan terintegrasi. Apa itu biller aggregator dan bagaimana biller aggregator membantu pembayaran elektronik? Mari kita simak penjelasannya.

Penjelasan Biller Aggregator

Biller aggregator berperan sebagai third-party atau orang atau perusahaan ketiga untuk melayani pembayaran secara elektronik untuk perusahaan yang menyediakan layanan tagihan produk digital. Produk digital yang disediakan berbeda-beda di masing-masing provider. Contohnya seperti MitraComm Ekasarana Channel Solution menyediakan pembayaran digital untuk utilitas umum, untuk produk telekomunikasi, voucher game online, asuransi, reservasi tiket, pembayaran cicilan, dan lain-lain.

Cara kerja Biller Aggregator Membantu Digital Financial

Perusahaan yang memiliki layanan pembayaran produk digital, biasa disebut dengan Biller. Adanya pandemi Covid-19 membuat hampir seluruh pembayaran dapat dilakukan secara online. Perusahaan yang menyediakan pembayaran secara online memiliki Collecting Agent. Masing-masing Collecting Agent harus dilakukan rekonsiliasi data dan dana oleh Biller. Tanpa biller aggregator, biller harus melakukan hal tersebut secara manual, satu persatu ke banyak perusahaan. Sehingga akan menghambat biller karena memerlukan waktu dan biaya yang besar. Biller aggregator membuat proses transaksi menjadi lebih mudah dan cepat karena sudah terkoneksi oleh sistem dan memiliki produk yang lengkap.

Implementasikan Biller Aggregator Bersama MitraComm Ekasarana Channel Solution

Sebelum berencana menggunakan biller aggregator, pastikan perusahaan penyedia layanan biller aggregator yang dituju memiliki produk yang lengkap seperti yang dijelaskan pada artikel “4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bekerja Sama Dengan Biller Aggregator”. MitraComm Ekasarana Channel Solution merupakan anak perusahaan Phintraco Group yang menyediakan jasa pembayaran elektronik yang sudah berdiri sejak tahun 1999.

Pelopor penyedia solusi pembayaran elektronik, MitraComm Ekasarana Channel Solution sudah bekerjasama dengan lebih dari 320 Biller, dan 60 bank and payment point, serta lebih dari 280 E-Commerce. Layanana biller aggregator yang disediakan MitraComm Ekasarana Channel Solution, antara lain seperti pembayaran PLN, PDAM/ Aetra, Telkom, PBB Samsat, Prabayar/Pascabayar dan Paket Data Internet, Voucher Game Online, BPJS Kesehatan, Reservasi Tiket KAI, Pembayaran Cicilan, dan lain-lain.

 

Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui layanan lebih lanjut mengenai biller aggregator.

 

Referensi:

https://www.lawinsider.com/dictionary/billing-aggregator

https://pepnews.com/tekno/p-c1620823471026f/manfaat-biller-aggregator-untuk-dukung-bisnis-ppob-dan-layanan-pembayaran-digital