5 Aktivitas Bisnis yang Dapat Didelegasikan ke Perusahaan Business Process Outsourcing

16 June 2021    admin    Blog

Banyak organisasi atau perusahaan yang hingga saat ini masih beranggapan bahwa memanfaatkan jasa outsourcing untuk membantu menyelesaikan beberapa tugas dari satu departemen memiliki kekurangan, salah satunya adalah jumlah biaya yang harus dikeluarkan relatif cukup tinggi.

Anggapan tersebut sebenarnya tidaklah benar. Karena faktanya, memanfaatkan jasa outsourcing untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu dapat membantu perusahaan fokus pada area bisnis yang lebih dikuasai, sehingga dapat membuka peluang bisnis sebanyak mungkin dan berpotensi meningkatkan revenue secara signifikan. Mendelegasikan beberapa aktivitas bisnis ke perusahaan business process outsourcing adalah keputusan yang tepat daripada harus menghabiskan banyak waktu ke pekerjaan yang seharusnya akan lebih baik jika didelegasikan ke pihak yang lebih kompeten untuk menanganinya.

Dalam layanan outsourcing, ada beberapa aktivitas bisnis yang dapat didelegasikan ke perusahaan business process outsourcing, umumnya dikenal sebagai transactional process outsourcing. Sudahkah Anda mengetahui aktivitas bisnis apa saja yang dapat didelegasikan ke perusahaan business process outsourcing? Berikut penjelasannya:

1. Walk In Customer Service

Salah satu aktivitas bisnis perusahaan yang dapat didelegasikan ke perusahaan business process outsourcing adalah walk in customer service. Walk in customer service adalah staf front line yang berperan penting untuk mewakili citra perusahaan di mata pelanggan. Maka dari itu, Anda perlu memiliki staf yang kompeten untuk mengerjakan aktivitas ini. Jika memanfaatkan jasa outsourcing untuk menjalankan aktivitas walk in customer service dalam perusahaan Anda, Anda tidak perlu memikirkan sulitnya memberi pelatihan kepada staf tersebut. Perusahaan business process outsourcing akan mendedikasikan waktunya untuk mengembangkan keahlian karyawan mereka agar dapat memiliki keahlian yang sesuai dengan yang dibutuhkan client.

2. Data Entry

Data yang terorganisir adalah salah satu kunci utama untuk mempercepat pertumbuhan bisnis. Namun, dalam suatu perusahaan, pekerjaan data entry dapat menjadi tantangan tersendiri. Data entry adalah tugas yang harus dilakukan berkali-kali dan akan memakan waktu yang lama jika tidak ditangani oleh tenaga profesional. Oleh karena itu, mendelegasikan pekerjaan data entry ke perusahaan business process outsourcing akan menjadi keputusan yang sangat tepat untuk perusahaan.

3. Loyalty Management

Di era digital, dunia bisnis semakin kompetitif. Perusahaan harus menemukan cara tepat untuk memberikan layanan yang inovatif agar dapat mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membangun loyalty management. Dalam penanganan aktivitas loyalty management, perusahaan membutuhkan pendekatan dan strategi yang perlu ditangani secara intens, sehingga dibutuhkan dedikasi waktu dan tenaga ahli. Oleh karena itu, Anda dapat mendelegasikan pekerjaan loyalty management ini kepada perusahaan business process outsourcing.

4. Direct Sales

Di era di mana skalabilitas dan ketangkasan menjadi suatu hal yang krusial, mendelegasikan tugas sales kepada perusahaan outsourcing akan membantu perusahaan meningkatkan revenue dengan cepat. Layanan direct sales outsourcing memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan peluang bisnis baru dengan mempekerjakan sales yang ahli di bidangnya.

5. Outbound Call

Layanan outbound call adalah kegiatan yang bersifat proaktif dengan cara menghubungi pelanggan untuk mencapai tujuan bisnis tertentu.

Jika suatu perusahaan ingin membangun dan mengelola outbound call centernya secara mandiri, perusahaan tersebut akan menghadapi banyak tantangan yang akan sangat memengaruhi produktivitas area bisnis inti lainnya. Selain memengaruhi produktivitas, mencari sumber daya manusia yang tepat juga akan menjadi tantangan tersendiri karena aktivitas outbound call ini perlu ditangani oleh tenaga ahli yang kompeten dan penggunaan teknologi yang cukup kompleks dan mahal.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, perusahaan dapat mendelegasikan aktivitas outbound call ke perusahaan business process outsourcing. Layanan outbound call outsourcing yang dapat dimanfaatkan perusahaan diantaranya adalah Telecollection, Telemarketing, Telesales, Welcome Call, Data Cleansing, Telesurvey, dan lain-lain.

Demikian 5 aktivitas bisnis yang dapat didelegasikan ke perusahaan business process outsourcing. 5 aktivitas bisnis yang masuk dalam layanan transactional process outsourcing ini tersedia dalam layanan yang ditawarkan oleh MitraComm Ekasarana. MitraComm Ekasarana adalah perusahaan business process outsourcing yang berdiri sejak tahun 2007. Hingga saat ini, sebagai perusahaan business process outsourcing di Indonesia, MitraComm didukung oleh lebih dari 150 tenaga ahli dan 8.000 NP staff, dengan kapasitas sebanyak 4.000 seats.

MitraComm sepenuhnya didukung oleh Phintraco Group, perusahaan penyedia solusi IT di Indonesia yang sudah melayani lebih dari 200 pelanggan dari berbagai industri dalam memberikan solusi IT terbaik guna memenuhi kebutuhan bisnis di era digital. Untuk menjamin kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan, MitraComm juga telah memiliki 8 lokasi yang tersebar di pusat kota Jakarta, Tangerang, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

Segera hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai seluruh layanan business process outsourcing dari MitraComm, serta konsultasi dengan tim profesional kami sebelum mengambil langkah tepat guna mengimplementasikan layanan business process outsourcing untuk perusahaan Anda.

Referensi:

https://www.forbes.com/sites/allbusiness/2015/04/13/6-key-areas-to-outsource-when-starting-a-business/?sh=5f9d7544ec7a

https://www.americanexpress.com/en-us/business/trends-and-insights/articles/6-business-tasks-you-could-be-outsourcing/