3 Kelebihan e-Meterai yang perlu Anda Ketahui

21 January 2022    admin    Blog

Ketika melakukan transaksi yang menggunakan seritifikat, akta, surat perjanjian, atau surat berharga lainnya, masyarakat memerlukan bea meterai agar dokumen-dokumen tersebuh diakui di pengadilan dan dapat dipertanggungjawabkan. Pembayaran bea meterai ini ditandai dengan adanya meterai yang dibubuhkan dalam dokumen-dokumen tersebut. Sebelumnya, pengesahan dokumen-dokumen yang berbentuk kertas ini mengharuskan adanya kehadiran dan persetujuan beberapa pihak sebelum meterai dibubuhkan. Seiring begantinya zaman, banyak orang mulai beranjak ke dokumen digital. Kini, masyarakat mendapatkan kemudahan untuk melengkapi proses pembubuhan meterai melalui portal online sejak UU No 10 Tahun 2020 mengenai Bea Meterai disahkan.

Kelebihan e-Meterai

e-Meterai yang dapat dibubuhkan dalam dokumen digital bukan hanya berbeda secara bentuk fisiknya dari meterai kertas. e-Meterai memiliki sejumlah kelebihan yang menjadikannya pilihan tepat dan lebih baik dari metode pembubuhan meterai dan pembayaran bea meterai konvensional. Berikut ini 3 kelebihan paling signifikan dari e-Meterai:

1.    Lebih Praktis

Berbeda dengan meterai kertas yang ditempel secara konvesional, e-Meterai mewarkan kepraktisan dalam proses pembelian dan pembubuhannya. Sebelumnya, masyarakat harus membeli meterai dari toko alat tulis atau fotokopi ataupun modern retail untuk bisa mendapatkan e-meterai. Sekarang, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan e-Meterai dari mana saja dengan sistem yang disediakan Peruri. Proses pembelian dan pembubuhan e-Meterai sangat praktis karena dapat di lakukan pada sebuah portal yang sudah dirancang oleh Peruri. Proses ini dapat dilakukan melalui tautan https://mitracomm.e-meterai.co.id. Selain itu, segel yang terdapat dalam sistem teknologi e-Meterai dapat memudahkan instansi atau perusahaan besar karena tidak lagi membutuhkan banyak waktu untuk cetak-scan dokumen.

2.    Terjamin Keasliannya

Dalam banyak kasus, meterai konvensional yang ditempel sering kali disalahgunakan dengan cara dipalsukan atau bahkan digunakan kembali. Hal ini sangat merugikan negara dan tidak menjamin keabsahan dokumen di mata hukum. Dengan e-Meterai, keaslian dan keabsahan dokumen akan terjamin.e-Meterai memiliki beberapa ciri-ciri yang wajib dipunya, salah satunya adalah kode unik yang berbentuk nomor seri. Kode unik ini akan membedakan setiap e-Meterai, sehingga kemungkinan untuk dipalsukan bahkan digunakan kembali akan sangat kecil. Selain itu, Peruri juga memiliki sistem validasi yang dapat mencegah adanya upaya pemalsuan e-Meterai. Bahkan Peruri telah menyediakan aplikasi yang dapat mengetahui informasi terkait e-meterai tersebut seperti; Serial Number, Time Stamping atau Waku Pembubuhan dan pihak yang melakukan pembubuhan. Aplikasi tersebut bisa di download di Google Play Store dan Apple Store dengan nama “Peruri Scanner”.

3.      Dokumen Tersimpan dengan Aman

Meterai yang dibubuhkan pada dokumen kertas memiliki risiko kehilangan atau kerusakan. Dengan menggunakan dokumen digital dan dibubuhi e-Meterai, dokumen Anda akan tetap tersimpan dengan aman. Saat melakukan pembelian dan pembubuhan dalam portal, Anda perlu untuk membuat akun yang membutuhkan beberapa informasi pribadi untuk mendaftar. Setelah berhasil mendaftar, Anda akan memiliki akun yang menyimpan dokumen-dokumen dan riwayatnya yang sudah dibubuhi e-Meterai. Lebih dari itu, Anda juga dapat mengunduh ulang dokumen yang sudah ada melalui portal yang tersimpan dalam 1×24 jam atau Anda bisa melihat riwayatnya melalui email pengguna, dikarenakan saat selesai melakukan stamping (pembubuhan) dokumen otomatis terkirim ke email. Selain itu, e-Meterai juga memiliki sistem yang dapat mendeteksi adanya perubahan dalam dokumen yang sudah dibubuhi e-Meterai dan mencegah adanya penipuan.

 

Penjelasan di atas merupakan kelebihan yang ditawarkan e-Meterai yang dapat Anda atau perusahaan Anda pertimbangkan untuk beralih dari meterai tempel konvensional. Dapatkan e-Meterai dengan mudah dan praktis melalui https://mitracomm.e-meterai.co.id.

MitraComm Ekasarana, salah satu anak perusahaan Phintraco Group, telah ditunjuk resmi oleh Peruri menjadi Distributor Meterai Elektronik menawarkan banyak solusi teknologi dan salah satunya adalah e-Meterai. MitraComm Ekasarana memiliki sistem yang sudah terintegrasi dengan API yang dapat mempermudah proses pembubuhan (stamping) e-Meterai. Selain itu, MitraComm Ekasarana juga menyediakan layanan bantuan yang selalu tersedia 24/7.

Referensi:

https://www.aseanbriefing.com/news/stamp-duty-in-indonesia-new-law-in-effect/

https://cleartax.in/g/terms/e-stamp-e-stamping

https://www.squareyards.com/blog/what-is-e-stamping-benefits-and-online-payment-process

 

Artikel terkait:

Sekilas tentang e-Meterai yang Baru Diluncurkan Pemerintah Indonesia