3 Cara Mengoptimalkan Media Sosial untuk Selangkah Lebih Dekat dengan Pelanggan

24 September 2021    admin    Blog

Media sosial telah menjadi ekosistem yang tidak bisa diabaikan untuk strategi marketing. Jika kita melihat tren saat ini, di mana pun dan kapan pun, semua orang menggunakan berbagai platform media sosial untuk mencari informasi atau sekedar mencari hiburan.

Untuk perusahaan, tren ini dapat menjadi sebuah keberuntungan jika mereka mampu memanfaatkannya. Namun tantangannya adalah mengelola lebih dari satu akun media sosial secara manual akan menghabiskan banyak waktu, pikiran dan tenaga, karena banyak hal yang harus diperhatikan – baik untuk pembuatan konten atau menangani interaksi pelanggan.

Mengoptimalkan Media Sosial

“Semua masalah pasti ada solusi.” Ungkapan tersebut juga berlaku untuk tantangan yang dihadapi perusahaan dalam hal pengelolaan media sosial. Saat ini, tersedia beberapa cara mengoptimalkan media sosial untuk membantu perusahaan selangkah lebih dekat dengan pelanggan.

Mari simak informasi tentang 3 cara mengoptimalkan media sosial untuk selangkah lebih dekat dengan pelanggan!

1. Ketahui seluruh interaksi yang berkaitan dengan bisnis di platform digital

Data yang dihimpun dari interaksi calon pelanggan atau pelanggan di media sosial sangat berpotensi bagi perkembangan bisnis. Interaksi antar pengguna media sosial menghasilkan data dalam jumlah besar, namun tersebar di beberapa platform. Maka dari itu, cara manual tidak lagi relevan untuk mengetahui informasi tentang produk, brand, kompetitor, dan tren yang sedang terjadi.

Perusahaan perlu mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan bisnis mereka, yaitu dengan menggunakan bantuan platform digital listening.

Platform digital listening berfungsi untuk mengetahui seluruh interaksi yang berkaitan dengan suatu brand di beberapa platform media sosial seperti Twitter, Instagram, YouTube, Facebook dan platform digital lain, seperti Blog, Portal Berita, dan lain-lain.

Dengan platform ini, nantinya perusahaan akan mampu mengetahui persepsi dan penerimaan pelanggan atas produk atau layanan yang dimiliki, mengetahui apa saja ekspektasi pelanggan terhadap produk atau layanan sejenis, mengetahui bagaimana persepsi pelanggan terhadap kompetitor dan mengukur efektivitas strategi kompetitor.

2. Kelola interaksi pelanggan dari berbagai channel secara cepat dan tepat

Karena pelanggan melakukan interaksi di beberapa platform yang sesuai dengan preferensi mereka, maka perusahaan perlu menerapkan strategi untuk mengelola seluruh interaksi tersebut secara cepat dan tepat. Tentunya, cara manual juga tidak lagi relevan untuk menjalankan operasional ini.

Omnichannel: Solusi Mengelola Media Sosial

Platform omnichannel adalah solusi untuk tantangan pengelolaan interaksi pelanggan di berbagai platform media sosial. Dengan platform omnichannel, seluruh interaksi pelanggan di berbagai channel dapat dikelola oleh agent dalam satu platform.

Platform omnichannel dilengkapi dengan fitur berikut ini

  • Sistem ticketing terintegrasi

    Platform omnichannel memungkinkan agent bekerja secara efektif dengan menggabungkan interaksi seluruh channel digital ke satu sistem ticketing.

  • Sistem kolaborasi antar agent

    Platform omnichannel dapat meningkatkan kualitas kolaborasi antar agent untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan saat menangani satu keluhan pelanggan. Jika satu agent tidak mampu mengatasi keluhan tertentu, agent dapat secara otomatis mengalihkan tugas kepada agent dengan kemampuan yang lebih tepat untuk menangani keluhann tersebut.

  • Sistem terintegrasi untuk database pelanggan dari seluruh channel media sosial

    Platform omnichannel memungkinkan agent untuk mengelola database pelanggan dari seluruh channel dalam satu sistem.

  • Sistem real-time reporting

    Platform omnichannel menyediakan hasil laporan interaksi pelanggan secara real-time, termasuk laporan mengenai kinerja agent.

3. Terapkan layanan pelanggan proaktif

Loyalitas pelanggan akan selalu bergantung pada bagaimana suatu perusahaan melayani kebutuhan mereka dengan baik. Ketika sebuah perusahaan memberikan layanan yang memuaskan kepada pelanggan, mereka akan rela untuk membeli suatu produk atau menggunakan layanan yang sama secara berulang-ulang. Ini artinya, loyalitas pelanggan akan lebih mudah didapatkan dengan penerapan layanan pelanggan proaktif.

Untuk mendukung perusahaan menerapkan layanan pelanggan proaktif, kini tersedia platform omnichannel automation.

Platform ini akan membantu tim agent mengotomatiskan pembuatan segmentasi pelanggan, strategi marketing yang disesuaikan dengan preferensi masing-masing pelanggan, manajemen konten, dan menyiapkan strategi layanan pelanggan di masa depan berdasarkan data yang tersedia.

Mengoptimalkan media sosial untuk selangkah lebih dekat dengan pelanggan merupakan strategi yang sangat tepat bagi bisnis di era digital. Oleh karena itu, MitraComm Ekasarana sebagai salah satu perusahaan BPO di Indonesia, menghadirkan layanan Digital Engagement untuk perusahaan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, MitraComm akan membantu perusahaan Anda mengoptimalkan media sosial untuk selangkah lebih dekat dengan pelanggan dengan menghadirkan 3 platform utama yaitu platform digital listening, omnichannel, dan omnichannel automation.

Media sosial telah menjadi tempat untuk melihat tren pelanggan yang bergerak secara cepat dan sulit diprediksi. Mengoptimalkan media sosial untuk selangkah lebih dekat dengan pelanggan menjadi kunci kesuksesan agar bisnis selalu siap akan perubahan, dan menjadikan suatu brand lebih unggul dari kompetitor.

Anda dapat menghubungi marketing@phintraco.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan Digital Engagement dari MitraComm.