Kelebihan Contact Center Outsourcing yang Perlu Diketahui oleh Perusahaan

Di era digital seperti saat ini, contact center menjadi bagian yang semakin krusial perannya dalam sebuah perusahaan. Kualitas contact center adalah faktor utama yang dapat sangat memengaruhi kepercayaan pelanggan terhadap sebuah produk atau brand. Maka dari itu, contact center outsourcing telah menjadi tren yang terus berkembang dalam dunia bisnis. Mengapa demikian?

Sebelum kita membahas secara spesifik mengenai kelebihan contact center outsourcing, mari kita ketahui terlebih dahulu fakta mengenai pentingnya peran contact center dalam suatu perusahaan.

Menurut hasil penelitian dari Temkin Group, 65% pelanggan mengatakan bahwa pengalaman pelanggan yang baik sangat memengaruhi keputusan mereka dalam membeli suatu produk atau brand.

Penelitian lainnya dari American Express juga mengungkapkan bahwa 69% pelanggan akan lebih banyak menghabiskan uang pada suatu produk atau brand yang memberikan layanan pelanggan yang baik.

Setelah mengetahui fakta-fakta tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa memiliki kualitas layanan pelanggan yang maksimal adalah sebuah keharusan yang perlu diterapkan oleh seluruh perusahaan.

Pentingnya menghadirkan kualitas layanan pelanggan yang maksimal membuat contact center outsourcing menjadi tren yang semakin berkembang dalam dunia bisnis. Apa saja kelebihan contact center outsourcing yang perlu diketahui oleh perusahaan? Berikut penjelasannya!

1. Karyawan yang kompeten

Salah satu kelebihan contact center outsourcing adalah setiap perusahaan yang menyediakan layanan tersebut mendedikasikan upaya, waktu, dan sumber daya mereka untuk menyempurnakan keahlian karyawan atau agent dalam menerapkan layanan pelanggan yang maksimal.

Suatu perusahaan dapat mengandalkan contact center outsourcing untuk mempekerjakan karyawan yang kompeten di bidang layanan pelanggan, dan pada akhirnya memiliki lebih banyak waktu dan kesempatan untuk fokus pada proses bisnis inti lainnya. 

2. Menghemat banyak waktu dan biaya

Salah satu kelebihan contact center outsourcing lainnya adalah membantu perusahaan menghemat waktu dan biaya. Ketika suatu perusahaan memilih untuk bekerja sama dengan partner contact center outsourcing, secara otomatis mereka telah menghilangkan waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk beberapa proses tertentu, seperti proses rekrutmen, onboarding dan training karyawan atau agent baru, terhindar dari masalah yang berkaitan dengan tingginya tingkat turnover karyawan, serta menghilangkan biaya untuk membangun infrastruktur contact center seperti ruang kerja, dan implementasi teknologi modern untuk menunjang aktivitas layanan pelanggan.

3. Selain memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan, contact center outsourcing membantu perusahaan mendapatkan peluang bisnis baru

Perusahaan penyedia contact center outsourcing akan memberikan transparansi mengenai seluruh interaksi pelanggan, dan mendokumentasikan seluruh interaksi pelanggan dengan bantuan teknologi modern untuk menghasilkan insight yang berguna untuk strategi bisnis di masa depan.

4. Tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengoperasikan teknologi yang kompleks

Terakhir, kelebihan contact center outsourcing adalah membantu perusahaan menghilangkan kompleksitas dalam hal pengoperasian teknologi.

Kehadiran teknologi untuk operasional contact center kian beragam, menjadikan pengelolaan operasional contact center semakin rumit jika dilakukan oleh pihak yang tidak ahli dalam bidang layanan pelanggan. Seluruh tantangan tersebut dapat diatasi jika Anda bekerja sama dengan perusahaan contact center outsourcing yang didukung oleh serangkaian teknologi modern yang selalu mengikuti perkembangan zaman dan ekspektasi pelanggan.

Dengan membaca artikel ini, Anda telah mendapatkan informasi mengenai kelebihan contact center outsourcing. Contact center outsourcing hadir dalam berbagai layanan yang dapat memenuhi kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Sebelum memanfaatkan jasa contact center outsourcing, akan lebih baik jika Anda mempersiapkan hal-hal penting seperti menentukan target yang jelas, memahami budaya perusahaan, dan memilih partner yang tepat. Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Memanfaatkan Jasa Contact Center Outsourcing dengan klik link ini.

Jika saat ini Anda sedang dalam proses memilih partner penyedia contact center outsourcing yang tepat bagi perusahaan, silahkan saksikan video “MitraComm Customer Success Story” dengan klik link ini.

 

Referensi:

https://www.business2community.com/customer-experience/personalization-and-customer-experience-strategies-for-success-02330244

https://www.forbes.com/sites/blakemorgan/2019/09/24/50-stats-that-prove-the-value-of-customer-experience/

https://ebq.com/outsourcing-customer-service/

https://www.simplr.ai/blog/pros-and-cons-of-contact-center-outsourcing

 

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

January 29, 2021